Blog

Manfaat Niacinamide dan rekomendasi produk terbaiknya

Apr 20 2022

Saat membaca review berbagai produk skincare, kamu pasti sudah tidak asing dengan salah satu kandungan yang bernama ‘niacinamide‘. Mulai dari krim pelembab, serum wajah, hingga sunscreen pun ada yang mengandung niacinamide. Lantas, apa pengertian niacinamide sebenarnya? Apa saja manfaat dan kegunaannya untuk kecantikan kulit? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide adalah zat turunan dari vitamin B3 (niacin) yang bekerja menghambat pelepasan zat kimia pemicu peradangan dalam tubuh. Sehingga sering disebut sebagai zat anti-inflamasi. Dalam dunia dermatologi, niacinamide difungsikan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, serta mengendalikan gejala rosacea. Senyawa ini juga dapat memperlambat proses perpindahan butir pigmen ke dalam sel – sel kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah.

Sebenarnya kamu dapat memperoleh niacinamide dari beberapa bahan makanan, seperti telur, susu, daging, sayuran hijau, dan kacang – kacangan. Namun, vitamin B3 yang menjadi bahan baku niacinamide mudah larut dalam air dan bisa keluar dari tubuh. Karena itulah, diperlukan suplemen atau produk khusus yang mengandung niacinamide untuk mendapatkan manfaatnya.

Manfaat Niacinamide Untuk Kecantikan

Manfaat dan fungsi niacinamide untuk perawatan kulit sangatlah banyak, di antaranya:

  • Meningkatkan ketahanan kulit dengan cara membantu pembentukan keratin dan lapisan ceramide agar kulit tetap sehat, kuat, dan lembab.
  • Meredakan peradangan pada kulit, seperti mengatasi jerawat dan bercak – bercak kemerahan pada wajah.
  • Memudarkan bekas jerawat akibat produksi pigmen melanin berlebihan. Sehingga kulit tampak lebih bersih dan mulus.
  • Melindungi kulit dari sinar matahari agar kulit tetap sehat dan lembab.
  • Mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, garis halus, dan lain lain yang muncul akibat polusi dan efek radikal bebas.

Bahan Yang Tidak Boleh Dicampur Dengan Niacinamide

Niacinamide memiliki banyak manfaat untuk kulit. Namun, kamu perlu memperhatikan penggunaannya secara tepat. Jangan sampai menggunakannya secara berbarengan dengan formula skincare lainnya yang justru membahayakan kulit. Ketahui bahwa niacinamide tidak boleh dicampur dengan beberapa bahan berikut ini.

  • Vitamin C. Vitamin C memang berfungsi menghilangkan bekas jerawat. Tapi jika digunakan bersamaan dengan niacinamide dapat menyebabkan iritasi dan memicu breakout.
  • Centella Asiatica. Penggunaan niacinamide dan centella asiatica secara bersamaan dapat menyebabkan iritasi dan meningkatkan resiko efek samping lainnya.
  • AHA/BHA. Jika niacinamide digunakan bersamaan dengan AHA dapat menghasilkan asam nikotinat dapat mengiritasi kulit.

Rekomendasi Skincare Yang Mengandung Niacinamide

Ingin mendapatkan banyak manfaat dari kandungan niacinamide untuk kecantikan kulitmu? Coba gunakan salah satu produk skincare yang mengandung niacinamide berikut ini.

1. Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum

Somethinc niacinamide berbentuk serum yang dipadukan dengan tiga jenis ceramide untuk memperkuat skin barrier. Kandungan rose water hingga 48% dalam serum ini juga mampu meredakan iritasi atau kemerahan pada wajah. Secara keseluruhan, review Somethinc niacinamide lumayan bagus, terutama karena sifatnya yang non-comedogenic. Sehingga tidak akan menyumbat pori – pori wajah dan aman untuk semua jenis kulit.

2. Garnier Sakura White Pinkish Radiance Whitening Cream  

Krim pelembab dari Garnier ini sangatlah unik, karena memiliki tiga manfaat sekaligus, yaitu sebagai pelembab, serum pencerah, serta sunscreen. Hal ini tidak terlepas dari kandungan niacinamide dan salicylic acid yang menjadikan kulit tampak lebih halus dan rata. Lalu SPF 30 dan PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar UV. Ada juga ekstrak bunga sakura yang mampu mencerahkan kulit wajah.

3. The Bath Box Bloomka Calendula + Vitamin B3 Whitening Facial Toner

Toner wajah dari Mitra Kreasi Natural ini juga diperkaya dengan niacinamide hingga 5%. Di dalamnya juga terdapat ekstrak calendula sekaligus bunga aslinya yang bermanfaat untuk menyegarkan kulit. Cocok untuk kamu yang sering berkutat dengan cuaca panas. Toner wajah ini juga aman diaplikasikan untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

4. The Ordinary Niacinamide  

Produk dari Decim ini mengandung 10% niacinamide dan 1% zinc yang ampuh menekan produksi minyak berlebih pada wajah. Skincare ini juga terjamin aman, karena bahannya bebas alkohol, silikon, dan bahan iritan lainnya yang berbahaya. Jika kamu mengalami kulit berminyak yang cukup parah, atasi dengan The Ordinary Niacinamide ini.

5. Wardah Lightening Whip Facial Foam

Pembersih muka dari Wardah ini mengandung niacinamide yang dipadu dengan ekstrak licorice root untuk mencerahkan kulit. Produk ini mampu memberikan sensasi deep cleaning yang maksimal, karena mampu menjangkau pori – pori kulit terdalam. Tekstur busanya juga 5x lebih lembut dari facial foam biasa, sehingga terasa nyaman di wajah.

6. SK-II R.N.A.Power Eye Cream Radical New Age

Skincare premium asal Jepang ini juga menggunakan niacinamide sebagai salah satu kandungan utamanya. Termasuk untuk produk krim wajah untuk mengatasi tanda – tanda penuaan kulit yang satu ini. Perpaduan niacinamide, ragi, dan ekstrak kedelai di dalamnya dapat mengencangkan kulit secara maksimal dan menyamarkan garis halus di sekitar mata.  

7. Cerave Resurfacing Retinol Serum

Serum niacinamide dari Cerave ini dipadukan dengan ceramide dan retinol yang efektif menyamarkan bekas jerawat. Kandungan tersebut juga membantu melawan hiperpigmentasi pada kulit. Sehingga tekstur kulit tampak lebih merata.

8. Parasol UV White Sunscreen Lotion  

Satu lagi rekomendasi sunscreen yang mengandung niacinamide untuk melindungi kulit dari sinar UV. Tabir surya dari Parasol ini juga diperkaya dengan SPF 45+ PA++ yang dapat digunakan di wajah dan area tubuh. Kandungan niacinamide juga membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda gelap akibat pigmentasi.

9. Votre Peau Skin Care Bare It All Facial Make Up Remover

Make up remover yang mengandung niacinamide juga ada. Seperti produk dari Votre Peau ini. Kandungan niacinamide di dalamnya bermanfaat untuk mengurangi resiko terbentuknya jerawat akibat bakteri atau sisa makeup dan kotoran di wajah. Ada juga kandungan ekstrak chamomile yang mampu menenangkan kulit dan bersifat anti inflamasi, sehingga aman untuk kulit sensitif.

10. Scarlett Whitening Brightly Ever After Day Cream

Lanjut ke rekomendasi berikutnya, ada krim dari Scarlett yang mengandung niacinamide untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Krim ini juga dilengkapi dengan glutathione dan tri ceramide untuk menjaga elastisitas kulit agar tampak awet muda.

Niacinamide memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Khususnya dalam merawat kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan tersebut juga efektif mengurangi tanda – tanda penuaan dini pada kulit, seperti munculnya kerutan dan garis halus. Saat ini ada begitu banyak produk skincare yang menggunakan niacinamide sebagai salah satu kandungan utamanya seperti rekomendasi di atas.

Dapatkan semua produk tersebut di Sociolla, Sephora, IStyle, atau dari brand – brand kecantikan terbaik yang bekerjasama dengan Atome. Mulai dari Laneige, Innisfree, AllYoung Sensatia Botanicals, Everwhite, Sulwhasoo, dan masih banyak lagi. Kini kamu tidak perlu menunda belanja lagi, karena jika belanja di store – store tersebut, kamu bisa mendapatkan fasilitas buy now pay later dari Atome. Selain mendapatkan fasilitas cicilan 0% hingga 3 atau 6 bulan, kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari 5.000 lebih merchant. Menarik bukan? Belanja jadi lebih praktis dan tentunya jauh lebih hemat. Gunakan Atome sekarang dan rasakan banyak manfaatnya.

Info tambahan yang dijamin menarik buat kamu nih! Dari tanggal 1 hingga 31 April 2022 ini, Atome menggelar promo menarik yang bisa kamu cari tahu selengkapnya dengan mem-follow Instagram Atome Indonesia. Kamu berkesempatan mendapatkan potongan senilai Rp 100.000 setiap pembelian di brand yang bekerjasama dengan Atome seperti More by Morello, Bike N Bike, dan lain lain. Segera manfaatkan promo ini ya!

Main keywords of the article: