Blog

Manfaat Berlatih Renang Adalah

Sep 07 2021

Apakah kamu salah satu orang yang memiliki hobi berenang? Apakah kamu sudah tahu perlengkapan berenang apa saja yang seharusnya kamu miliki untuk mendukung aktivitas berenangmu? Nah, untuk kamu yang belum tahu perlengkapan apa saja yang sebaiknya kamu miliki untuk berenang, yuk cari tahu di penjelasan berikut ini. Tapi sebelum membahas hal itu, kita bahas dulu ya apa saja sih manfaat dari olahraga berenang.

Manfaat Berenang

Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Berenang memang dikenal baik untuk kesehatan jantung, dan juga paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa volume sebesar 18 %. Dengan begitu, tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh, serta  menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan strok.

Membuat Tubuh Lebih Rileks

Berenang dan menikmati waktu santai adalah hal yang baik untuk  menyegarkan tubuh dan pikiran kamu. Ketenangan di dalam air cukup bagus untuk kesehatan mental dan melepaskan ketegangan otot atau sendi, sehingga badanmu akan terasa lebih fit dan bugar kembali. Hal ini juga berarti bahwa berenang dapat menghilangkan stres. Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Berenang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya, karena berenang dapat membuatmu menjadi lebih rileks.

Menurunkan Berat Badan

Tahukah kamu bahwa berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori? Tentu saja hal ini sesuai dengan pertimbangan seberapa efisien kamu berenang. Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan kamu ya. Semakin rutin kamu berenang, maka kalori yang terbakar pun semakin banyak. Oleh karena itu, berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Cukup menarik kan?

Menguatkan Massa Otot

Selain dapat menjaga berat badan, manfaat renang bagi tubuh adalah juga untuk dapat menguatkan otot-otot di dalam tubuh. Berbagai gerakan dalam olahraga renang menuntut hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal inilah yang menyebabkan berenang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh.

Menambah Tinggi Badan

Berenang dapat membantu kamu menambah tinggi badan loh. Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi. Hal ini tentunya bagi kamu yang masih dalam masa pertumbuhan ya. Membiasakan berenang saat masa pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan. Berenang sangat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

Perlengkapan Berenang

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan dari berenang, tidak akan lengkap jika tidak membahas perlengkapan apa saja yang sebaiknya kamu miliki untuk aktivitas berenangmu. Yuk, kita simak informasi berikut ini.

1. Kacamata Renang

Kamu akan membutuhkan kacamata renang saat berenang. Perlengkapan yang satu ini kerap diremehkan, padahal fungsinya sangatlah penting. Kacamata renang dapat membantu kamu untuk melihat di dalam air. Mata kamu jadi tidak mudah pedih saat berenang dengan kacamata. Selain itu kamu juga akan lebih jelas melihat dasar kolam.


Saat membeli kacamata renang, kamu bisa mempertimbangkan fiturnya. Semakin canggihnya zaman, maka kacamata juga semakin berkembang. Ada kacamata renang yang dilengkapi anti fogging, sehingga bisa mencegah timbulnya kabut pada lensa kacamata. Ada pula fitur anti UV yang bisa mencegah radiasi ultraviolet. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Earplug dan Nose Clip (Penyumbat Telinga dan Hidung)

Earplug adalah pelindung telinga untuk mencegah masuknya air ke dalam lubang telinga. Sumbat telinga ini bisa mencegah terjadinya infeksi pada telinga yang disebut dengan otitis externa. Infeksi ini dapat membuat telinga rentan mengalami iritasi, serta membentuk media yang sesuai untuk bakteri dan jamur hidup. Ini bisa mengurangi kemampuan pendengaran dan bisa membuat telinga jadi sakit bahkan keluar cairan.

Pastikan untuk tidak menekan penyumbat telinga terlalu dalam ya, karena hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamananmu saat berenang. Selain penyumbat telinga untuk berenang, kamu juga membutuhkan nose clip. Benda yang satu ini berfungsi untuk mencegah air masuk ke dalam lubang hidung. Dengan alat ini, maka organ mulut akan langsung mengambil alih proses pernapasan. Nose clip juga mengurangi risiko akan alergi kaporit. Benda yang satu ini juga bisa mengurangi risiko masuknya hewan kecil dalam air ke dalam tubuh.

3. Swim Cap

Gunakan juga swim cap saat berenang. Jika kamu terlalu lama berenang, rambut bisa jadi keras, kaku, dan lengket. Ini karena kandungan kaporit dalam air kolam sangat tinggi. Dengan memakai swim cap, maka rambut kita bisa lebih terlindungi.


Penutup kepala ini juga sangat dianjurkan untuk dipakai bagi mereka yang memiliki rambut panjang. Ini karena rambut yang panjang bisa mengganggu wajah saat berenang. Dengan memakai topi renang, rambut akan tetap kering dan membuat kamu menjadi lebih mudah merawatnya usai berenang. Usahakan memilih topi renang bahan lateks agar nyaman dikenakan dan tidak mudah membuat air masuk ke dalam rambut.

4. Ban dan Papan Pelampung

Perlengkapan renang selanjutnya yaitu ban renang dan papan pelampung. Kedua peralatan ini penting untuk kamu yang masih dalam tahap belajar berenang dan juga sangat penting untuk anak-anak. Ban dan papan pelampung memiliki persamaan sekaligus sedikit perbedaan fungsi.

Kedua peralatan renang ini sama-sama memiliki fungsi menjaga kamu ataupun anak-anak untuk tetap terapung meskipun belum terlalu menguasai teknik renang. Jika ban renang hanya berfungsi untuk mengapung, fungsi lain dari papan pelampung adalah melatih kekuatan kaki. Papan pelampung tak hanya bermanfaat bagi pemula, yang sudah terlatih pun tetap perlu papan renang untuk melatih tendangan kaki.

5. Baju atau Celana Renang

Jangan sepelekan baju renang atau celana renang saat kamu berenang ya. Baju atau celana renang memang dirancang khusus untuk digunakan ketika di air. Baju atau celana renang dirancang dengan bahan yang sangat minim menyimpan air. Sehingga hal ini tidak membuatmu susah bergerak saat berada di air.

Selain itu, pastikan juga pakaian renang kamu ukurannya pas dengan tubuhmu. Jangan sampai kebesaran atau terlalu kecil. Menggunakan pakaian renang berbeda dengan menggunakan baju sehari-hari. Carilah baju renang yang memang pas dengan pinggang dan lekuk tubuh. Sebab, ketika baju renang tidak pas di dalam air, baju kamu akan terasa seperti mau lepas, dan ini akan membuatmu tidak nyaman.

Perlengkapan renang memang sangat penting untuk mendukung aktivitas berenangmu, terutama bagi anak-anak. Perlengkapan renang dapat menjaga keamanan dan juga kenyamanan bagi mereka. Membeli perlengkapan renang yang tepat adalah sebuah keharusan bagi kamu. Untuk dapat membeli perlengkapan renang yang berkualitas baik dan juga nyaman untukmu, dan bahkan untuk anak-anak, kamu bisa membelinya di Intex.

Produk dari Intex sendiri pertama kali didistribusikan di Indonesia 20 tahun silam. Produk yang dijual adalah aneka perlengkapan renang berkualitas dan kasur udara. Untuk menarik pelanggan dan membedakan produknya dengan produk serupa, Intex ikut terjun di dunia jual beli online. Melalui situs resminya, perusahaan ini menjual aneka produk berkualitas dengan harga yang cukup variatif, sehingga konsumen memiliki kebebasan memilih yang tidak terbatas.

Selain dijual secara langsung di toko perlengkapan renang, Intex juga menjual produk di situs resmi yaitu intex.id. Situs ini bisa kamu akses dari mana, dan kapan saja, selama ada gadget dan jaringan internet. Jadi jika suatu saat kamu sedang berlibur dan tiba-tiba butuh perlengkapan berenang, jangan khawatir. Cukup dengan mengunjungi toko online Intex, kamu akan mendapat barang yang diinginkan tanpa harus repot-repot mencari di tempat liburan.

Membeli perlengkapan renang di Intex bisa kamu lakukan dengan aplikasi pembayaran cicilan online. Caranya kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Atome dan melakukan registrasi sesuai pentunjuk yang diberikan. Setelah semua datamu terverifikasi, kamu pun sudah bisa menggunakannya. Pilih metode pembayaran menggunakan aplikasi cicilan tersebut saat membeli perlengkapan renang di Intex. Kamu akan mendapatkan pilihan cicilan selama 3 atau 6 bulan dengan bunga 0%. Cukup menarik bukan?

Sekarang kamu bisa dengan mudah membeli perlengkapan renang di Intex menggunakan aplikasi cicil dari Atome. Mudah penggunaannya dan banyak keuntungannya. Semangat terus berenangnya ya! Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan perlengkapan renang!