Blog

Membuat Tampilan Berkelas Dengan Jeans Berkualitas

Siapa sih yang tidak memiliki jeans? Tentunya tidak ada dong ya, karena jeans merupakan salah satu bagian dari pakaian sepanjang masa. Yaps, jeans adalah salah satu item fashion yang boleh dibilang tidak lekang oleh waktu. Berbagai merek jeans sendiri begitu banyak disuguhkan. Mulai dari yang biasa hingga yang berkualitas sangat baik.

Jeans sangat digemari, baik oleh pria maupun wanita. Seiring waktu, jeans bisa dikenakan di sejumlah acara, mulai dari yang formal hingga non-formal. Akan tetapi pada kenyataannya tidak mudah untuk memilih jeans yang berkualitas baik, khususnya celana jeans. Hal ini karena terkadang kita sebagai konsumen masih sulit membedakan mana celana jeans yang berkualitas baik, dan mana celana jeans yang berkualitas buruk.

Harga yang dibanderol di pasaran pun cukup beraneka ragam. Mulai dari yang paling murah hingga yang mahal sekali. Selain model, banyak faktor lain yang mempengaruhi mengapa harga dari suatu celana jeans bisa begitu mahal ataupun sebaliknya. Lantas bagaimanakah membedakan bahwa suatu jeans yang memiliki kualitas baik dan tidak?  Simak penjelasan berikut!


Bahan Jeans

Jika ingin membeli jeans berkualitas, hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah bahan dari jeans itu. Jeans yang berkelas bagus dan premium biasanya terbuat dari bahan berkualitas seperti selvedge. Kualitas jeans yang bagus pada saat dipegang kainnya akan terasa halus dan berbeda dengan kualitas buruk.

Bahan selvedge merupakan jenis terbaik yang tentunya memiliki harga mahal, meskipun ada beberapa varian yang lebih murah. Jenis ini memiliki harga yang mahal karena dibuat dengan alat tenun kecil untuk menghasilkan jahitan bagian tepi yang tertutup kuat dan tidak terurai. Jadi bahan yang bagus dan proses pembuatan yang memakan waktu akan sangat mempengaruhi harga jeans.

Ritsleting dan Kancing

Perbedaan jeans berkualitas bagus dan jeans berkualitas tidak bagus dapat juga dilihat dari penggunaan kancing dan ritsletingnya. Pada umumnya jeans yang berkualitas bagus menggunakan kancing. Hal ini karena memakai kancing cenderung lebih awet daripada yang memakai ritsleting. Harga ritsleting pun lebih murah dibandingkan dengan harga kacing, terutama kancing yang bagus.

Desain

Salah satu ciri jeans yang berkualitas bagus dapat dilihat dari segi desainnya. Celana jeans yang bagus tentu memiliki detail yang sangat baik bila dibandingkan dengan yang murahan. Desain polanya dibuat sulit, kancing, dan fitur hiasan memiliki kualitas bagus, dan semuanya terkesan rapi.

Desain yang bagus merupakan karya tersendiri yang dapat membedakan baik tidaknya suatu barang. Jeans yang tidak berkualitas desainnya cenderung biasa-biasa saja dan jahitannya tidak rapi.

Whiskers

Perbedaan jeans murah dengan jeans mahal juga bisa dilihat dari whisker atau garis-garis pudar di celana yang membentuk pola. Garis-garis ini berasal dari cara mengenakan jeans. Atau biasanya dilihat dari kerutan yang terbentuk saat duduk.

Pada jeans yang berkualiatas bagus biasanya memiliki banyak whiskers yang tidak rata karena dibuat dengan tangan. Sedangkan celana jeans yang murah cenderung memiliki garis-garis pudar yang lebih rata karena sudah dibuat pola menggunakan komputer.

Jahitan

Perbedaan jeans berkualitas bagus dan tidak, dapat kamu lihat dari bagian tepinya juga. Pada celana jeans berkualitas, bagian tepi atau ujungnya dijahit dengan rapi dan sangat rapat. Hal ini bertujuan agar bahan tidak mudah sobek ataupun terurai jahitannya.

Celana jeans yang dibuat dari bahan denim yang bagian tepinya dijahit rapi ini biasanya harganya dua kali lipat lebih mahal dibandingkan jika tidak dijahit dengan rapi. Sedangkan celana jeans murah, bagian tepinya hanya dijahit obras sehingga mudah terbuka jahitannya dan mudah rusak.

Celana jeans yang berkualitas pun dijahit sepanjang kain. Atau gampangnya lebih banyak jahitan di setiap inci. Hal ini bertujuan agar celana jeans semakin tahan lama. Harganya pun akan lebih mahal karena semakin banyak bagian yang dijahit, waktu pembuatannya pun semakin lama untuk memastikan semua jahitannya rapi dan kencang.

Branding atau Reputasi

Merek celana jeans yang sudah terkenal dan bereputasi baik akan melonjakkan harganya. Produsen celana jeans dengan brand yang baik biasanya membatasi distribusi untuk mengontrol persediaan dan permintaan. Sehingga hal ini membuat desain celana jeansmu tidak banyak yang memiliki atau limited edition. Cara ini dilakukan untuk dapat menjual produk dengan standar harga yang mereka inginkan.

Prosedur produksi yang baik akan menghasilkan produk yang baik, begitu pula sebaliknya, prosedur yang asal-asalan akan menghasilkan produk yang buruk dan tak berkualitas. Oleh karena itu, brand dengan reputasi yang baik akan sangat memerhatikan prosedur yang ini. Pada intinya, berawal dari bahan menuju proses manufaktur hingga produk jadi pun, produsen selalu berusaha menjaga kualitas dari produk itu.

Dari masa ke masa celana jeans menjadi pilihan untuk segala suasana. Tidak hanya itu, jeans juga bisa digunakan oleh segala gender, baik itu pria maupun wanita. Selain mudah didapatkan, jeans juga memiliki model dan warna yang beragam. Hal itu menyebabkan harga celana jeans menjadi bervariasi.

Mengeluarkan uang lebih untuk membeli jeans merupakan investasi. Harga murah dan mahalnya jeans pun mempengaruhi kualitas dari jeans itu sendiri. Jeans berkualitas cenderung awet dipakai dan bentuknya tidak akan menyusut ataupun melar seiring lamanya pemakaian.

Jika kamu ingin memiliki jeans yang sudah teruji kualitasnya, belilah produk dari Levi’s. Brand ini sangat cocok buat kamu yang menginginkan tampil keren menggunakan jeans dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Dan kini, Atome sudah melakukan kerjasama dengan Levi’s sebagai salah satu metode pembayarannya. Kamu bisa mendapatkan potongan langsung senilai Rp 120.000 dengan minimum transaksi senilai Rp 800.000, yang berlaku untuk semua pengguna Atome. Promo ini tersedia mulai dari 21 Juni hingga 1 Agustus 2021. Jadi tunggu apalagi? Yuk, beli jeans berkualitas di Levi’s agar tampilanmu semakin berkelas!