Blog

Memilih Rice Cooker Berkualitas

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari manusia membutuhkan asupan pokok agar memiliki energi untuk beraktivitas. Salah satu asupan pokok tersebut adalah nasi. Nasi merupakan bentuk kebutuhan pangan masyarakat Indonesia yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan banyak dari masyarakat yang mengatakan belum makan rasanya kalau belum mengkonsumsi nasi. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah rice cooker.

Lantas apa sih rice cooker itu? Apa saja fungsinya serta berapa sih kisaran harga dari rice cooker ini? Simak penjelasan berikut.

Rice cooker adalah alat listrik yang berfungsi untuk memasak atau menanak nasi. Pada zaman dahulu sebelum ditemukannya rice cooker, masyarakat pada umumnya menggunakan kompor untuk menanak nasi. Tergolong  repot dan juga boros. Akan tetapi, di zaman yang modern ini, hadirnya rice cooker menjadikan masyarakat dapat lebih mudah melakukan pekerjaan saat membuat nasi.

Fungsi Lain Dari Rice Cooker

Banyak dari rice cooker saat ini yang tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk menanak nasi, tetapi juga memiliki fungsi untuk melakukan banyak hal. Fungsi-fungsi lain yang bisa dilakukan oleh rice cooker adalah sebagai berikut:

Memasak Mi Instan

Untuk kamu para anak kos, pasti memasak mi instan menggunakan rice cooker sudah menjadi hal yang familiar bukan? Karena keterbatasan peralatan yang ada di kos, pasti rice cooker selalu menjadi pilihan andalanmu untuk membuat mi instan.

Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus air menggunakan rice cooker, jika air sudah mulai mendidih, masukkan mi instan favoritmu dan tunggu sampai matang. Setelah mi instan matang, campurkan bumbu yang sudah disediakan. Jadi deh! Masak mi instan cukup mudah menggunakan rice cooker.

Merebus Telur dan Umbi-Umbian

Merebus telur dan umbi-umbian seperti kentang dan ubi bisa dilakukan dengan rice cooker. Caranya bersihkan terlebih dahulu telur atau umbi-umbian yang ingin kamu rebus, lalu tambahkan air secukupnya, dan setel pada mode cook, maka proses merebus dimulai. Kamu tinggal menunggu telur dan umbimu matang.

Memasak Sup

Kegunaan rice cooker yang sering digunakan banyak orang adalah memasak sup. Hal ini karena memasak sup menggunakan rice cooker tergolong praktis dan mudah. Cara membuat sup yang praktis dan mudah dengan rice cooker yaitu tumis dahulu bumbu menggunakan sedikit minyak goreng di dalam rice cooker, setelah aroma harum keluar, tuangkan air secukupnya, masukkan potongan wortel, kentang, serta ayam dan bahan-bahan lainnya yang ingin kamu gunakan. Selanjutnya kamu tinggal menunggu masakanmu matang.

Selain 3 fungsi selain untuk menanak nasi di atas, masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan menggunakan rice cooker.

Perbandingan Harga Rice Cooker dan Kualitasnya

Philips Viva Collection HD3138

Philips Viva Collection HD3138 adalah salah satu rice cooker brand Philips yang masuk ke dalam kategori rice cooker terbaik. Rice cooker ini merupakan penanak nasi yang memiliki kapasitas 2 liter. Rice cooker ini memiliki lapisan bakuhanseki, yaitu batu alam yang dikenal sebagai lapisan yang enam kali lebih tahan lama dibanding bahan anti-lengket pada umumnya.

Panci dari Philips Viva Collection HD3138 ini mempunyai gagang anti-panas, yang berfungsi agar tangan tidak kepanasan sangat memegang panci tersebut. Harga yang dibanderol untuk rice cooker merek Philips ini senilai Rp 590.000. Harga ini sesuai dengan kualitas serta merek dari rice cooker ini. Philips dikenal merupakan brand dengan kualitas barang yang bagus. Tidak salah jika kamu menjadikan rice cooker ini sebagai pertimbangan untuk menjadi rice cooker milikmu.

Cosmos CRJ-6302

Sering mendengar iklan dengan dengan tagline “Idenya siapa? Cosmos”. Yap, Cosmos dikenal sebagai brand rice cooker yang cukup populer dan terjangkau. Contohnya rice cooker ini. Rice cooker dengan kapasitas 1,8 liter ini memiliki desain yang unik dan lucu sehingga dapat menambah nafsu makan saat menyantap nasi. Lapisan panci terbuat dari bahan Harmond dan anti lengket sehingga kamu dapat dengan mudah membersihkannya setelah pemakaian.

Cosmos CRJ-6302 memiliki fungsi 3 in 1, yaitu sebagai penanak nasi, penghangat dan pengukus. Rice cooker ini dilengkapi dengan gelas ukur, pengukus dan sendok nasi. Bahan dalam  yang digunakan terbuat dari stainless steel. Rice cooker ini memiliki panci anti-gores tongolan magicap. Kamu bisa mendapatkan rice cooker ini dengan harga Rp 320.000.

Panasonic Magic Com SR-CEZ18

Panasonic Magic Com SR-CEZ18 merupakan rice cooker 3 in 1 dengan kapasitas 1,8 liter. Rice cooker ini mempunyai berbagai macam kelebihan, seperti memiliki kapasitas yang besar dan menggunakan daya 400 watt. Dengan kemampuan 3 in 1-nya, rice cooker ini dapat menanak nasi, mengukus juga menghangatkan. Desain dengan warna yang cantik dan menarik akan menambah penampilan dapur kamu menjadi sempurna dengan rice cooker ini.


Kamu tidak perlu lagi harus repot menyiapkan banyak perangkat untuk melakukan tugas menanak nasi, mengukus, serta menghangatkan makanan, karena dengan rice cooker ini kamu sudah bisa melakukan ketiga hal tersebut. Panasonic Magic Com SR-CEZ18 ini dilengkapi dengan penutup pada panci yang dapat dilepas dan dicuci sehingga memudahkan kamu untuk merawatnya. Terdapat pula lubang uap yang menjaga rasa nasi yang lezat. Rice cooker dengan desain yang elegan ini dijual dengan harga Rp 525.000.

Yong Ma YMC 110 One Touch

Rice cooker ini mempunyai sistem pemanasan nasi tiga arah, yaitu atas, bawah, dan tengah. Selain untuk memasak nasi, rice cooker ini juga bisa digunakan untuk menghangatkan nasi, membuat kue hingga membuat yogurt. Panci yang digunakan merupakan bahan dari tembaga, sehingga nasi yang dihasilkan terasa lebih enak. Rice cooker dengan kualitas yang bagus ini memiliki pengontrol suhu otomatis, sehingga nasi di dalamnya akan tetap berada dalam keadaan hangat.

Yong Ma YMC 110 One Touch memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk memasak nasi, juga bisa mengatur waktu yang dibutuhkan untuk memasak nasi. Yong Ma YMC 110 One Touch memiliki fungsi one touch dengan tombol cook sehingga menanak nasi menjadi lebih mudah.

Rice cooker ini memiliki sistem buka dan tutup yang lembut untuk menjaga keawetan dan kekuatan engsel. Kapasitas maksimal dari rice cooker ini sebanyak 2 liter. Rice cooker yang canggih ini dijual di pasaran dengan harga Rp 1.005.000.

Sejumlah pabrik besar rice cooker telah menghadirkan inovasi teknologi rice cooker yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Penanak nasi multifungsi ini telah mampu memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan banyaknya manfaat serta keefektifannya untuk digunakan, harga dari rice cooker tergolong murah. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dengan memiliki rice cooker. Saat ini, rice cooker  juga hadir dalam bentuk dan desain yang modern dan sangat bervariasi.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai fungsi, perbandingan beberapa merk rice cooker beserta kelebihannya masing-masing. Kamu bisa melakukan pembelian elektronik menggunakan Atome untuk pembayaran yang lebih mudah dengan banyak keuntungan. Jadi, jangan lupa untuk memilih rice cooker yang sesuai kebutuhanmu ya!