Blog

Mengupas Tuntas Printer Epson L360

Printer menjadi salah satu kebutuhan yang tak dapat ditinggalkan untuk sebagian kalangan, seperti pekerja di area perkantoran, mahasiswa, serta anak sekolahan. Penggunaan mesin cetak ini menjadi suatu kebutuhan yang sangat mendesak jika dikaitkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan  urusan kantor, mahasiswa, serta anak sekolahan tadi. Apalagi saat ini banyak hal yang dituntut untuk bisa bergerak cepat, sebagaimana kebutuhan printer yang harus dapat bekerja secara cepat juga.

Oleh karena itu, saat ini berbagai tipe printer banyak disuguhkan sesuai dengan keunggulannya masing-masing. Jika kamu ingin membeli printer, kamu harus melakukan beberapa pertimbangan agar printer yang kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu. 

Salah satu printer yang banyak diminati adalah Epson L360. Printer ini banyak diminati karena banyak hal yang bisa dilakukan dengan bantuan printer yang satu ini. Lantas apa sih yang membuat printer ini banyak dipilih? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari printer yang satu ini? Yuk, kita simak ulasannya lebih dalam.

Spesifikasi

Printer Epson L360  disebut sebagai printer all-in-one karena printer ini multifungsi dengan kemampuan mencetak, menggandakan dan memindai. Printer multifungsi ini memiliki fitur scan dan copy yang dilengkapi dengan sensor yang peka dan tepat. Hasil scan-nya tajam dan jernih karena resolusi yang dimiliki printer yang satu ini sebesar 5760 x 1440 dpi.

Printer ini dilengkapi dengan teknlogi printhead Micro Piezo dan dirancang dengan desain yang praktis sehingga dapat menghemat tempat. Karena adanya teknologi printhead Micro Piezo ini, kegiatan mencetak menjadi lebih cepat dan efisien dan fungsi copy bisa berjalan dengan lebih cepat.

Epson L360 adalah printer yang termasuk dalam jenis printer inkjet dengan rint speed 9.2 ipm (monokrom) / 4.5 ipm (warna). Metode scan yang digunakan yaitu Contact Image Sensor (CIS) dengan optical scanning resolution sebesar 600 dpi.  Tipe scan printer Epson L360 ini adalah Flatbed.

Printer yang dirilis pada tahun 2015 ini memiliki berat 4,4 kg dengan dimensi: 482 x 300 x 145 mm. Tipe kertas yang didukung oleh printer ini adalah plain paper, matte brochure papers,  glossy brochure papers, dan photo papers  envelopes. Jumlah maksimal kertas yang bisa masuk yaitu 100 lembar kertas A4 atau 20 lembar kertas foto. Sedangkan jumlah maksimal kertas keluar 30 lembar untuk kertas A4 dan 20 lembar untuk kertas foto.

Jika dipakai untuk pemakaian fotocopy saja, printer ini menghabiskan daya sebesar 13 watt. Untuk pemakaian printer aktif membutuhkan daya sebesar 3.8 watt. Ketika printer dalam keadaan sleep, printer ini membutuhkan daya sebesar 0.8 watt, sedangkan saat printer dalam keadaan off membutuhkan daya sebesar 0.3 watt.

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari printer Epson L360 adalah sebagai berikut:

1. Epson menawarkan kecepatan 33 ppm (draft) dan kecepatan hingga 9,2 ipm untuk (ISO). Akan tetapi, kecepatan yang tinggi ini tidak membuat biaya yang harus dikeluarkan menjadi tinggi.

2. Tak hanya cepat dan efisien dalam mencetak, kualitas hasil cetak pun sangat memuaskan. Printer multifungsi seri terbaru Epson L360 ini bisa menghasilkan resolusi cetak yang tinggi hingga 5760 dpi.

3. Mutifungsi karena bisa digunakan untuk proses print, copy, dan juga scan. Jadi hanya dengan satu printer kamu sudah bisa mendapatkan 3 manfaat sekaligus.

4. Pengisian tinta mudah karena fitur ink tank di samping body printer. Jadi, jika kamu ingin mengganti tinta, kamu tidak perlu repot-repot membongkar printer. Kamu cukup membuka bagian samping printer saja, yaitu khusus bagian tinta.

5. Harga printer Epson L360 ini sangat terjangkau sehingga sangat menghemat budget kamu.

Kekurangan

Setelah membahas mengenai spesifikasi dan kelebihan Epson L360, sekarang yuk kita bahas kekurangan printer Epson L360 ini:

1. Printer Epson L360 tidak dapat disambungkan dengan WiFi. Artinya printer ini tidak menyediakan fitur wireless. Dengan begitu hal ini membuat pengguna harus menggunakannya secara manual melalui kabel USB ketika akan mencetak.

2. Kecepatan dalam cetak untuk dokumen berwarna hitam putih dinilai masih lebih lambat.

3. Fitur scanner secara maksimal hanya dapat digunakan untuk kertas berukuran A4. Artinya kamu tidak bisa melakukan scan untuk ukuran kertas yang lebih besar dari kertas A4, seperti kertas f4 dan lain sebagainya.

4. Adanya pembatasan dalam melakukan fotocopy dengan printer ini. Fungsi copy hanya dilakukan dalam jumlah terbatas, yaitu untuk satu kali copy hanya bisa untuk 20 lembar saja.

Harga

Kurang lengkap rasanya kalau membahas produk tapi tidak membahas mengenai harganya. Printer Epson L360 ini rata-rata dibanderol dengan harga Rp 1.900.000 hingga Rp 2.200.000. Hal ini tergantung di mana kamu melakukan pembelian. Kamu bisa mendapatkan harga printer Epson L360 terbaik di toko favoritmu. Pililah produk terbaik, dan terbaru tetapi tetap dengan harga yang murah. Jangan lupa untuk melakukan perbandingan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli barang.

Di zaman yang semakin modern ini kamu bisa memilih barang-barang elektronik terbaik dengan harga terjangkau dan menggunakan sistem pembayaran yang mudah. Pilihlah toko-toko penyedia barang eletronik terbaik dan gunakanlah metode pembayaran yang aman, nyaman serta memberikan banyak keuntungan untukmu. Beli peralatan elektronik bisa memakai Atome juga loh. Dengan melakukan pembayaran menggunakan Atome, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan pastinya aman.

Jadi sebelum membeli Epson L360 pilihanmu, yuk tentukan dulu dan pertimbangkan transaksi di toko-toko terbaik, yang tentunya dengan menggunakan pembayaran yang terjamin ya!