Blog

Menilik Sejenak Tentang Pembuatan Rok Plisket

Aug 25 2021

Tampil sempurna memang menjadi suatu keinginan wanita yang selalu ingin diwujudkan oleh mereka. Berbagai macam ragam pakaian hadir untuk melengkapi fashion impian semua wanita. Salah satu fashion yang sedang diminati oleh kaum wanita adalah rok plisket.

Rok plisket pada dasarnya merupakan sebuah fashion yang cukup unik. Fashion yang satu ini diadaptasi dari kata pleats atau bisa dibilang sebagai salah satu teknik melipat kain dengan rapi. Teknik melipat kain ini sudah ada sejak beberapa tahun silam lho, tepatnya pada zaman Mesir kuno. Pada saat itu banyak sekali tren fashion dengan menggunakan plisket ini. Namun, pada saat ini kain yang digunakan adalah kain yang berasal dari katun, sutra, dan wol.

Setelah bertahun-tahun lamanya, kain plisket terus berkembang di pasaran, hingga akhirnya menjadi mendunia karena kain plisket sudah disulap menjadi berbagai macam model yang cantik untuk bawahan.

Bagaimana Cara Membuat Rok Plisket?

Terdapat dua cara dasar dalam membuat plisket ini, yang pertama dengan menggunakan mesin otomatis, yang kedua yaitu dapat menggunakan cara manual melalui setrika dan menggunakan cairan kimia khusus. Yang mana cairan tersebut dikenal dengan obat plisket.

Obat plisket ini sangat penting lho untuk membuat lipatan-lipatan tersebut bisa membentuk secara paten. Selain sebagai obat plisket, obat yang satu ini digunakan oleh para penjahit untuk pelicin agar baju bisa lebih terlihat menjadi sangat rapi.

1. Plisket Manual

Jenis obat plisket biasanya berbau harum seperti pewangi pakaian. Bentuknya seperti cairan bening dan sangatlah mudah jika ingin diaplikasikan di seluruh permukaan kain.

Caranya mudah saja lho saat kamu ingin membuat rok plisket. Yuk, simak baik-baik ya.

1. Kamu bisa menuangkan obat plisket ke dalam botol yang dilengkapi dengan alat penyemprot cairan. Di sini kamu bisa memanfaatkan bekas botol pelicin pakaian.

2. Setelah menyemprotkan semua bahan tersebut, kamu bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Bentuk lipatan-lipatan pada permukaan kain sesuai dengan kebutuhan kamu, lalu kamu bisa melakukan pengepresan kain dengan alat bantu setrika.

4. Supaya hasil bisa terlihat maksimal, kamu bisa menggunakan setrika yang panas. Tapi hati-hati, jangan sampai kamu salah melipat kain tersebut.

Nah, setelah kamu melakukan plisket pada kain tersebut, kamu bisa dengan mudah membentuk kain yang kamu inginkan. Lipatan-lipatan tersebut akan terbentuk dengan sangat bagus karena sudah mengaplikasikan obat plisket tersebut.

2. Plisket Mesin

Menggunakan plisket mesin ini biasanya lebih cepat bila dibandingkan dengan melakukan metode plisket secara manual. Melakukan lipatan plisket dengan mesin biasanya butuh beberapa cara, antara lain:

1. Kamu bisa memasukkan kain yang sudah rata ke dalam mesin plisket.

2. Setelah berjalan dengan maksimal, nanti mesin tersebut akan melipat-lipat dengan pisau pada mesin plisket. Jarak pada lipatan tersebut akan di-setting sesuai dengan yang kamu inginkan. Mesin tersebut akan secara otomatis bekerja.

3. Selama diproses untuk dilakukan plisket, mesin akan diselubungi kain-kain agar kain yang diplisket tersebut tidak kontak langsung dengan rol tersebut.

Bagaimana aplikasi kain plisket ini di dunia fashion?

Tren menggunakan rok plisket ini memang sangat mendunia, guys. Penggunaan plisket ini bisa dimanfaatkan di berbagai jenis fashion, mulai dari kerudung, rok, dress scarf, blouse, hingga celana.

Namun, yang paling digandrungi dalam penggunaan kain plisket ini adalah pada rok plisket. Rok plisket bisa dibilang merupakan rok wanita yang dibentuk dengan kain plisket. Rok plisket ini bisa kamu gunakan untuk berbagai macam acara. Mulai dari acara formal, santai, bahkan saat jalan-jalan.

Desain rok plisket ini sangat elegan lho. Jadi sangat cocok untuk digunakan semua wanita. Kamu tinggal pilih saja tuh mau rok yang panjang, atau yang pendek.

Menggunakan rok plisket ini akan membuat kamu terlihat semakin ramping, karena bentuk plisket yang berada di seluruh rok tersebut menutupi kekurangan pada tubuh kamu. Jadi rok plisket ini sangatlah cocok buat kamu yang memiliki bentuk paha besar.

Rok plisket yang sangat menarik ini bisa kamu padukan dengan menggunakan blouse, t-shirt, atau bahkan outer. Apalagi buat kamu yang berhijab nih, rok plisket sangatlah recommended untuk bisa kamu gunakan.

Memilih rok plisket akan semakin menarik jika kamu membelinya di store terpercaya. Zara, salah satu store baju yang menyediakan berbagai macam fashion kelas dunia. Rok plisket yang diproduksi langsung oleh Zalora ini sudah terbukti kualitasnya. Kain yang digunakan bikin para pemakainya menjadi sangat nyaman lho. Selain itu banyak banget model baju yang bisa kamu mix and match dengan rok plisket tersebut.

Tidak cuma itu lho, belanja di Zalora bisa dengan mudah kamu dapatkan hanya melalui aplikasi atau website. Kamu cukup di rumah aja, lihat detail produk yang ada melalui Zalora di website atau aplikasi. Terus kamu tinggal langsung check out produk tersebut. Wah, mudah banget ya!

Beli produk Zalora bakal lebih untung jika kamu menggunakan alat pembayaran dari Atome. Atome memberikan kemudahan buat semua penggunanya lho. Apalagi di bulan kemerdekaan ini, Atome menyediakan campaign ATOME PAHLAWAN, Promo Meriah Gak Ada Lawan yang diperuntukkan bagi pengguna baru dan para pengguna lama.

Untuk pengguna baru, kamu bakalan mendapatkan diskon hingga 50% lho, dengan pembelian minimal Rp 100 ribu, kamu bakal dapat cashback up to Rp 75 ribu. Promo ini berlaku mulai 2 hingga 31 Agustus 2021 ya. Segera nikmati kesempatan ini!