Blog

Model Sepatu Yang Cocok Untuk Dipadukan Dengan Jas

Oct 05 2021

Siapa nih para pria yang suka bingung menentukan sepatu apa yang tepat untuk dipadukan dengan jas? Memang dibutuhkan trik tersendiri agar tampilanmu menggunakan jas terlihat keren dan menarik. Pada umumnya, pria yang menggunakan jas memadukannya dengan sepatu pantofel.

Tapi, tahukah kamu kalau sepatu fantofel bukan hanya satu-satunya sepatu yang cocok kamu padukan dengan setelan jasmu loh! Sekarang ini banyak model sepatu yang juga cocok kamu padukan dengan jas. Nah, apa saja sepatu tersebut, berikut penjelasannya.

1. Sepatu Loafer

Sepatu model Loafer saat ini memang sedang digandrungi para pria. Pasalnya, selain cocok dipakai dengaan setelan jas, Loafer juga cocok dipakai dengan outfit kasual. Ciri dari sepatu jenis ini adalah desain tumpul di depan dan tidak memiliki tali. Loafer tergolong salah satu jenis sepatu yang mudah untuk dipadupadankan.

Rancangannya yang slip-on membuat sepatu Loafer lebih praktis saat digunakan. Untuk tampil formal, pilihlah Loafer dengan model polos. Sepatu jenis ini terkadang dilengkapi hak pendek sehingga cocok untuk kamu yang berbetis pendek. Khusus untuk setelan jas, kamu bisa memadukan Loafer dengan celana semata kaki agar penampilanmu makin terlihat keren dan maskulin. Kamu bisa memakainya dengan kaos kaki atau tidak.

2. Sepatu Oxford

Ingin tampilanmu menggunakan jas terlihat makin keren? Gunakankah sepatu Oxford. Meski terkesan vintage, jika kamu pintar memadukannya dengan setelan jas yang pas maka penampilanmu akan terlihat lebih modern dan klasik. Padukan setelan jasmu dengan celana kain cutting semata kaki dan jangan gunakan kaos kaki atau gunakan kaos kaki dengan panjang mini supaya penampilan jadi tambah keren.

3. Sepatu Chelsea Boots

Sepatu yang satu ini awal mula dipopulerkan oleh band asal Inggris The Beatles pada era 1960an. Semenjak saat itu, sepatu ini masuk ke dalam item wajib penggemar genre musik rock’n’roll. Sepatu ini memang punya desain yang unik dengan model high ala sepatu para anggota militer. Meski begitu, sepatu ini jadi salah satu model sepatu yang cocok dipadukan dengan setelan jas loh!

Kamu bisa menggabungkan model celana bahan apa pun dengan sepatu ini. Namun yang perlu kamu perhatikan, jangan menggunakan celana dengan potongan yang menggantung ya, supaya penampilanmu secara keseluruhan tak terlihat aneh dan pas dengan setelan jasnya.

Model sepatu ini juga menjadikanmu terlihat lebih elegan dan rapi sehingga pas untuk tampilan formal kamu. Tapi tentu saja kamu tetap harus memberikan sedikit kesan rock’n’roll, apalagi jika kamu memadukannya dengan busana lain berbahan kulit. Untuk beberapa jenis lainnya, Chelsea Boots tampil dengan ritsleting pada bagian samping.

4. Sepatu Derby

Sekilas sepatu Derby dan Oxford terlihat sama. Namun, hal yang membedakannya ada pada bagian talinya yang lebih terbuka sehingga muat untuk beberapa jenis atau ukuran kaki sekaligus. Untuk tampil lebih keren dan elegan, kamu bisa memadukannya dengan setelan jasmu ya.

5. Sepatu Monk Starp

Fitur yang membedakan sepatu ini dengan sepatu-sepatu sebelumnya adalah strap lebar sebagai ganti dari tali sepatu. Sepatu model ini cocok juga kamu padukan dengan setelan jas formalmu. Tanpa tali, sepatu model ini akan membuat penampilanmu terlihat lebih simpel dan maskulin tentunya.

Tips buat kamu nih, jangan gunakan kaos kaki atau gunakan kaos kaki di bawah mata kaki ya, dan padukan dengan celana panjang dengan potongan semata kaki agar penampilanmu jadi terkesan modern. Gimana, tertarik untuk menggunakan sepatu model ini?

6. Sepatu Wing Tip

Sepatu ini sangat cocok untuk kamu padukan dengan setelan jas. Sepatu ini mampu menghadirkan nuansa klasik dan maskulin, sepatu ini pas dipadukan dengan celana bahan dengan potongan menggantung atau celana dengan cutting yang pas di bawah mata kakimu. Kamu bisa memadukan sepatu ini dengan kaos kaki bermotif dengan warna kontras maupun tak menggunakan kaos kaki sekalipun.

7. Sepatu Apron Toe

Sepatu ini bisa dikatakan sebagai salah satu varian dari sepatu Oxford. Bedanya, jahitan model Apron Toe dimulai dari tengah-tengah ujung sepatu, kemudian mengitari bagian pinggir sepatunya. Dibandingkan model sepatu lainnya, dapat dikatakan bahwa Apron Toe merupakan sepatu yang lebih santai namun masih cocok digunakan untuk acara-acara formal. Asalkan kamu pintar memasangkan warnanya dengan celana dan atasan.

8. Sepatu Dress Boots

Sepatu Dress Boots identik dengan solnya yang tebal dan bergerigi. Biasanya, sepatu ini terbuat dari bahan kulit atau kulit sintetis dengan satu warna serta dengan lilitan tali sepatu yang tinggi. Sepatu Dress Boots mampu memberikan kesan maskulin pada tampilan formalmu, terutama Dress Boots berwarna hitam atau gelap. Suara langkahnya juga lebih sigap dan tegas sehingga kamu akan terlihat lebih elegan.

9. Sneakers

Daftar terakhir adalah sneakers. Siapa bilang, sneakers tidak bisa atau tidak cocok kamu pakai untuk setelan jas? Seiring dengan berkembangnya tren fashion untuk pria, sneakers pun bisa dan sangat cocok dipadukan dengan setelan jas.

Namun pastikan, sneakers yang kamu pakai warnanya cukup netral seperti putih atau abu-abu ya, supaya sneakers tersebut bisa cocok dengan setelan jas yang kamu gunakan. Jangan ragu juga untuk bereksplor dengan menggabungkan sneakers dengan model dan warna jas lainnya, seperti putih atau biru.

Nah, itu tadi adalah model sepatu yang cocok kamu padukan dengan jas. Dengan mengetahui berbagai karakteristik sepatu tersebut pastinya hal ini akan membuat penampilan kamu tambah keren. Sudah tahu yang mana kira-kira sepatu favorit kamu? Yuk, langsung saja cari sepatu tersebut di www.iStyle.id. Di sana kamu bisa menemukan banyak pilihan sepatu yang cocok kamu gunakan untuk jas. Jangan lupa untuk menggunakan metode pembayaran dari Atome dengan bunga 0% dan cicilan yang bisa disesuaikannya. Tunggu apa lagi?