Penggemar Kopi Wajib Tahu Fakta Mesin Roasting Kopi Berikut

Mesin penyangrai kopi sering disebut atau coffee roaster adalah mesin yang sangat berguna untuk kamu para penggemar kopi. Seiring dengan berkembangnya zaman, terdapat banyak mesin yang semakin canggih dan inovatif yang dapat membantu manusia untuk meringankan beban kerjanya, salah satunya adalah mesin roasting kopi ini.

Mesin roasting kopi merupakan alat yang digunakan untuk menyangrai kopi sehingga biji kopi akan terpisah dari kulitnya. Selain itu, mesin ini juga akan menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi yang halus dan siap untuk dipasarkan agar bisa dinikmati oleh para pecinta kopi.

Dengan menggunakan mesin ini, kamu tidak harus menguliti biji kopi secara manual dengan menggunakan tangan atau pisau dan tidak usah juga menumbuk kopi dengan manual, sebab semuanya dapat dilakukan oleh mesin yang satu ini.

Cara kerja mesin penyangrai kopi ini, mula-mula kopi dipanaskan dengan suhu yang terkontrol secara otomatis dalam mesin. Selama pemanasan tersebut, alat ini terus berputar hingga suhunya merata. Dengan meratanya suhu tersebut akan membuat tekanan kulit pada biji kopi sedikit renggang dan dengan mudah kulit akan terlepas dari bijinya. Setelah itu biji kopi akan digiling di dalam mesin. Hasilnya, biji kopi berubah menjadi serbuk kopi yang halus dan lembut.

Fungsi Lain Mesin Penyangrai Kopi

Fungsi dari proses pemanggangan di dalam mesin penyangrai kopi adalah untuk memunculkan rasa asli dari biji kopi agar rasanya lebih nikmat. Semakin tinggi suhu dan semakin lama waktu roasting kopi, biji akan semakin gosong. Jika semakin gosong, karakter asli dan aroma khas roasting-nya akan semakin kuat.

Pada dasarnya tidak ada formula ataupun tingkat kematangan yang paling baik, semua tergantung pada jenis dan kualitas biji kopi. Jenis yang berbeda memiliki suhu dan tingkat kematangan ideal yang berbeda pula. Begitu pula dengan kualitas biji, tingkat kematangan harus menyesuaikan kualitas biji hijaunya. Jadi proses menyangrai kopi ini memang begitu penting.

Keunggulan Mesin Penyangrai Kopi

Banyak sekali keunggulan yang akan kamu dapatkan dari mesin penyangrai kopi. Untuk lebih jelasnya simak poin – poin berikut ini:

1. Hemat Energi, Bahan Bakar, Tenaga, dan Juga Waktu,

Menyangrai kopi secara manual dapat menghabiskan banyak waktu, energi, usaha, dan juga bahan bakar. Sebaliknya, jika kamu menggunakan mesin penyangrai kopi, kamu akan menghemat semua hal tersebut. Kamu tidak perlu lagi kelelahan karena harus menyangrai dan menumbuk secara manual, sebab semuanya dapat dilakukan oleh mesin. Kinerja mesin dibandingkan dengan kinerja manusia pun cukup berbeda. Mesin dapat lebih cepat dalam melakukan pekerjaan sehingga dengan menggunakan mesin dapat membantu menghemat waktumu, termasuk menggunakan mesin penyangrai kopi.

2. Hasil Kematangan Bahan-Bahan Ini Lebih Baik dan Merata

Kamu tidak perlu khawatir akan hasil yang tidak maksimal saat menyangrai kopi menggunakan mesin. Mesin penyangrai kopi telah memiliki teknologi yang canggih sehingga dapat memastikan kematangan kopi secara merata. Cara kerjanya pun otomatis sehingga kamu tidak perlu memantaunya secara terus-menerus.

3. Hasil Serbuk Kopinya Halus

Selain tingkat kematangan yang merata, hasil olahan dari mesin penyangrai kopi juga sangat halus dan lembut. Kopi hasil sangrai dari mesin pun siap untuk dinikmati. Durasi proses pematangangannya pun cepat. Kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menikmati kopi yang kamu sangrai dengan mesin roasting kopi.

4. Dibuat Dari Bahan Material Berkualitas Terbaik

Bahan yang digunakan untuk mesin ini yaitu terbuat dari bahan stainless. Bahan stainless merupakan bahan yang terbukti anti karat dan awet untuk digunakan. Mesinnya pun mudah dipahami dan mudah dioperasikan. Mesin penyangrai kopi dilengkapi dengan thermostat atau pengatur suhu, sehingga kopi dapat matang secara merata karena pengontrolan suhu yang otomatis tersebut. Mesin ini pun sangat andal dan tahan lama. Jadi kamu tidak perlu khawatir mesin ini mudah rusak.

5. Desainnya Menarik

Desain dari mesin sangrai lebih menarik dan tampilan lebih kokoh serta elegan. Mesin ini juga efektif dan efisien. Meskipun desain dari mesin penyangrai kopi tergolong mewah, mesin ini tidak tergolong mahal jika dilihat dari manfaatnya yang begitu banyak dan menguntungkan. Biaya produksi untuk menghasilkan kopi pun jadi lebih hemat tentunya.

Hal yang perlu kamu ketahui bahwa mesin penyangrai kopi adalah mesin ini memiliki beberapa model dan tipe. Model dan tipe ini dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Perlu diingat bahwa setiap orang sangatlah berbeda. Maka dari itu kebutuhan untuk memiliki model dan tipe mesin roasting kopi juga cukup berbeda-beda pastinya. Kamu bisa memilih mesin penyangrai kopi sesuai dengan kebutuhanmu ya. Apakah untuk kamu gunakan secara pribadi di rumah ataukah untuk berbisnis kopi.

Hal yang perlu kamu ketahui bahwa peluang untuk berbisnis kopi saat ini sangatlah terbuka luas. Jadi tidak ada salahnya kamu membeli mesin roasting kopi dengan spesifikasi yang bagus untuk menunjang bisnis kopimu. Khususnya di zaman sekarang ini, peluang usaha memang banyak tersedia di dalam bidang apapun. Mesin penyangrai kopi ini bisa mengembangkan peluang usahamu loh. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membeli mesin penyangrai kopi?

Jika kamu tertarik untuk membeli mesin roasting kopi, kamu dapat membelinya di JD.ID Indonesia. JD.ID memberikan produk berkualitas dengan harga terjangkau yang dapat menghemat pengeluaranmu. Belanja di JD.ID pun sudah pasti mendapatkan barang yang orisinal dan berkualitas, sebab JD.ID telah memberikan jaminan untuk hal itu.

Pilihan produknya pun cukup variatif, sehingga kamu dapat memilih mesin penyangrai kopi yang kamu inginkan di JD.ID. Kamu pun tidak perlu khawatir dengan masalah pengiriman. JD.ID memberikan fasilitas gratis ongkos kirim juga loh. Jangan lupa untuk belanja mesin penyangrai kopi di JD.ID menggunakan Atome ya agar kamu lebih banyak mendapatkan keuntungan yang menarik. Tentunya Atome adalah metode pembayaran masa kini yang bakal memberikan kamu banyak kemudahan, seperti tanpa DP, bunga 0%, dan masa cicilan pembayaran selama 3 atau 6 bulan. Tunggu apalagi, yuk, segera pilih mesin roasting pilihanmu di JD.ID!

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia bekerjasama dengan PT Atome Finance Indonesia, yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010