Blog

Penyebab Serta Cara Mengatasi Kerak Di Kulit Telinga Kering

Sep 10 2021

Apakah kamu termasuk orang yang mengalami masalah daun telinga kering dan berkerak? Dan kamu bingung bagaimana cara mengatasi dan apa penyebab dari daun telinga yang kering dan berkerak? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Daun Telinga Kering Dan Berkerak

Menurut dokter, terdapat beberapa kondisi di mana seseorang mengalami penebalan kulit yang cukup cepat, sehingga pada daun telinga dapat terjadi masalah kering dan berkerak. Pada umumnya kulit yang menebal akan menyebabkan kerak yang jika dikelupas akan berwarna putih, bahkan terkadang dapat menyebabkan pendarahan minimal.

Selain itu, kondisi kulit kering di dalam dan sekitar telingamu mungkin disebabkan oleh lingkungan. Cuaca panas atau dingin misalnya, hal ini bisa membuat kulit menjadi kering. Rumahmu juga merupakan lingkungan. Jika suhu rumah terlalu hangat atau udaranya terlalu kering, kulit kamu di sana bisa terpengaruh. Faktor lain yang juga dapat menjadi penyebabnya adalah paparan sabun dan pembersih yang keras karena sabun tersebut dapat menghilangkan minyak di kulit. Parfum dan mandi air panas juga dapat menjadi faktor pendukung keringnya kulit.

Kondisi tersebut umumnya tidak berbahaya pada penderita yang sedang mengalaminya, akan tetapi terkadang dapat mengganggu aktivitasmu. Hal ini karena terkadang kamu jadi kurang percaya diri dan takut jika hal tersebut dilihat oleh orang lain. Lantas bagaimana cara merawat daun telinga yang kering dan berkerak ini?

Cara Merawat Daun Telinga Yang Kering Dan Berkerak

1. Menjaga Kebersihan

Cara perawatan pertama berlaku bagi siapa saja, tidak hanya para penderita daun telinga kering dan berkerak. Jagalah kebersihan kulit tempat keluhan kamu berada. Sering-seringlah untuk mencuci tangan dengan air dan sabun tiap hari agar kebersihan kulitmu semakin terjaga.

Jangan suka menyentuh bagian sensitif seperti mata, mulut, hidung, dan juga telinga ketika tanganmu kotor. Sebab bagian sensitif tersebut akan menimbulkan dampak yang buruk jika terkena olah kuman dan bakteri. Jadi, jaga terus kebersihan kulitmu ya!

2. Menggunakan Pelembap

Tips merawat daun telinga yang kering dan berkerak yang kedua yaitu menggunakan pelembab. Jika kekeringan terjadi pada bagian luar telinga, kamu bisa menggunakan salep pelembab atau skincare pelembab lainnya untuk membantu menjaga kelembapan daun telingamu. Namun, jika kekeringan terdapat di dalam saluran telinga, dokter akan menyarankan untuk mengobatinya dengan beberapa tetes obat telinga.

Untuk menghindari kulit yang kering tersebut, kamu bisa menggunakan moisturizer dari All Young. Moisturizer ini diyakini mampu memberikan kelembapan pada kulitmu sehingga kamu tidak perlu khawatir kulitmu tidak terhidrasi dengan baik, bahkan sampai kekeringan dan berkerak. Produk moisturizer dari All Young dibuat untuk melembapkan serta menutrisi kulit secara menyeluruh.

3. Berolahraga Yang Cukup

Beraktifitas atau berolahragalah di luar ruangan yang terkena sinar matahari setiap pagi. Sinar matahari dinilai dapat menghambat pertumbuhan jamur pencetus dermatitis seboroik di tubuh. Catatan pentingnya, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat berolahraga dan terkena sinar matahari.

Kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung tanpa adanya perlindungan justru dapat memperbutuk keadaan daun telingamu yang kering. Oleh karena itu rutinlah berolahraga dan gunakan sunscreen saat kamu berolahraga, terutama jika kamu akan berada di bawah sinar matahari.

4. Menggunakan Pelindung

Jika kamu berada di daerah yang lebih dingin, gunakanlah penutup telinga atau topi yang bisa menahan angin kencang atau suhu rendah. Hal ini bertujuan agar kulit di area telingamu tidak mengalami kekeringan. Kamu dapat menggunakan hoodie sebagai penutup telinga atau jenis pakaian lainnya yang dapat melindungi telingamu saat berada di area yang dingin.

5. Menghindari Bahan Yang Mudah Menyebab Iritasi Pada Kulit

Hindarilah untuk menggunakan bahan-bahan keras, terutama jika kulitmu tergolong sebagai kulit yang sensitif. Bahan-bahan kimia yang kuat seperti yang terdapat pada produk sabun atau pembersih dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Hindari iritasi kulit seminimal mungkin dengan hanya menggunakan produk perawatan kulit yang lembut dan juga alami.

Bahan-bahan yang diigunakan oleh produk perawatan kulit dari All Young terbuat dari bahan yang lembut sehingga tidak mudah menimbulkan iritasi pada kulitmu. Khususnya pada kulit daun telinga. Produk perawatan kulit dari All Young juga telah memiliki izin Badan POM secara resmi sehingga dapat dipastikan keamanannya. Kamu bisa memilih produk perawatan kulit All Young untuk menghindarkan kulit kamu dari iritasi tersebut ya.

6. Mengobati Secara Medis

Jika kamu telah berada di tahapan kondisi kronis, carilah obat topikal yang dapat membantu meringankan gejala kamu. Konsultasikan dengan seorang profesional untuk mendapatkan obat atau penanganan yang tepat. Kamu dapat menggunakan obat luar seperti kortikostreoid, anti jamur, dan produk sulfur. Tapi ingat ya, obat ini hanya boleh didapatkan dengan resep dokter.

Hal lain yang perlu kamu ketahui, menurut para dokter, hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan telinga adalah dengan mengusap lembut bagian luar telinga dengan menggunakan handuk yang direndam air hangat. Bagian luar telinga merupakan tempat di mana terdapat sel-sel kulit yang mati, kotor dan tempat berakhirnya serumen yang dikeluarkan dari liang telinga, sehingga penggunaan handuk hangat merupakan cara yang mudah dan aman untuk membersihkan telinga. Hindari juga untuk menggunakan benda apapun yang dimasukkan ke dalam telinga, seperti kapas pembersih telinga (cotton bud), jari, penjepit, ataupun benda-benda lain.

Nah, itu tadi adalah penyebab mengapa daun telingamu kering dan berkerak serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Jangan lupa untuk rutin dan selalu melakukan perawatan sebagaimana yang telah disebutkan di atas, agar telingamu tetap sehat dan terawat, bahkan tidak sampai kering dan berkerak. Gunakan juga perawatan kulit dari All Young dan serta dapatkan promo menarik yang ditawarkan Atome sebagai salah satu metode pembayaran yang akan diterima jika kamu berbelanja di sana.