Blog

Pria, Inilah 5 Tips Ampuh Agar Sepatu Bermerekmu Tetap Awet

Aug 20 2021

Siapa nih para pria yang hobi menggunakan sepatu branded? Banyak dong pastinya! Memiliki sepatu branded atau bermerek merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Bahkan, bagi beberapa orang, memiliki sepatu bermerek merupakan investasi yang menguntungkan baginya.

Sepatu merupakan bagian penting dalam kehidupan para pria pecinta sepatu bermerek. Tanpa sepatu, penampilan akan terasa tidak sempurna. Tak jarang banyak pria menghabiskan uang untuk membeli sepatu, agar dapat melengkapi koleksinya, dan tentu saja untuk memperindah penampilan. Sayangnya, sepatu bermerek yang mahal tidak akan ada artinya jika perawatan yang kamu berikan tidak tepat, atau bahkan tidak kamu rawat dengan baik. Sepatu bermerek perlu dirawat akan tetap tampil sebagus harganya.

Merawat sepatu branded menjadi skill khusus yang perlu kamu sepatu ketahui nih. Kamu tentu tidak mau ‘kan kalua sepatu bermerek kesayanganmu rusak atau warnanya luntur karena perawatan yang salah? Nah, supaya sepatu branded kamu tetap terlihat seperti baru dan terus awet, yuk simak cara merawat sepatu bermerek berikut ini.

1. Jangan Biarkan Sepatumu Kotor Dalam Waktu Lama

Poin pertama ini adalah poin yang paling penting. Jangan sampai kamu membiarkan sepatumu kotor terlalu lama ya. Lekas bersihkan sepatumu jika ada kotoran yang menempel padanya. Mengapa hal ini penting untuk kamu lakukan? Sebab, cara merawat ini akan membuat sepatu bermerek kamu tidak meninggalkan bekas noda.

Selain itu, merawat sepatu yang kotor atau lembap dalam waktu yang lama lebih memerlukan usaha yang ekstra. Jika kamu membiarkan kotoran menempel pada sepatumu terlalu lama, sepatumu bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan noda loh.

Cara membersihkannya pun tidak harus dicuci kok. Kamu dapat memberihkannya dengan menggunakan sikat kecil di permukaan yang kotor. Setelahnya, kamu bisa menggunakan lap basah untuk menyeka air dan kotoran tersebut. Cukup mudah bukan?

2. Semprotkan Pembersih dan Pelindung Khusus Secara Teratur

Langkah paling mudah untuk membersihkan sepatu favorit yaitu menggunakan semprotan pembersih dan pelindung khusus. Buat kamu pecinta sepatu bermerek pasti sudah familiar ‘kan dengan semprotan satu ini. Semprotan pelindung ini akan membuat sepatu kamu tidak gampang kotor dan kotoran yang menempel akan mudah dibersihkan.

Saat ini, berbagai semprotan pelindung sepatu semakin banyak jenisnya. Terdapat di antaranya yang sudah sangat canggih karena dapat membuat sepatu kamu jadi antiair. Bahkan, sudah ada beberapa semprotan yang mampu membuat sepatu kamu resisten loh.

3. Jemur Sepatumu di Bawah Sinar Matahari

Jemurlah sepatumu di bawah sinar matahari pagi, setidaknya 2 minggu sekali. Tipsnya, tempatkan bulatan koran pada bagian depan sepatu untuk membuat bentuk sepatu tetap sama. Menjemur sepatu di bawah sinar matahari ini dapat menghindarkan sepatumu dari lembap.

Sepatu yang terlalu lama dibiarkan basah atau lembab akan menimbulkan jamur, bakteri, dan juga bau tak sedap. Kamu pasti tidak ingin ‘kan hal itu terjadi pada sepatu kesayanganmu yang bermerek? Oleh krena itu, segera jemur sepatu kamu yang basah yang lembab. Dan jemurnya secara rutin setidaknya 2 minggu sekali di bawah sinar matahari pagi. Akan tetapi jangan terlalu lama ya, karena sepatu yang terlalu lama dijemur akan merusak warna asli sepatu. Untuk itu pastikan setelah kering, langsung angkat sepatu kamu ya!

4. Gunakan Sikat Pembersih yang Halus dan Pembersih Khusus

Memilih sikat yang cocok untuk sepatu memang lumayan sulit. Jika terlalu kasar dan besar akan merusak sepatu. Namun, jika terlalu kecil dan lembut, kotoran akan susah hilang. Agar kamu tidak lagi kebingungan, kamu bisa mempergunakan sikat gigi untuk menyikat kotoran.

Sikat gigi terbukti menjadi sikat yang paling pas karena tidak terlalu kecil dan bulunya tidak terlalu kasar. Selain itu, gagang sikat gigi yang panjang akan memudahkan kamu menjangkau sela-sela sepatu yang harus dibersihkan.

Langkah awal yang harus kamu ketahui saat mencuci sepatu adalah dimulai dengan membersihkan bagian sol sepatu. Kemudian gunakan sikat yang sudah basah dan terkena sabun, lalu bersihkan sepatu bagian tumit di atas. Sikatlah perlahan untuk menghilangkan kotoran dan tidak mengenai area lain. Jangan lupa siapkan wadah berisi air untuk membilas dan posisikan sepatu secara vertikal, lalu siram air dari atas agar air mengalir ke bawah tanpa mengenai midsole.

5. Gunakan Detergen Lembut

Selain penggunaan sikat yang tepat, detergen atau pembersih yang digunakan untuk membersihkan sepatu pun harus lembut. Penggunaan detergen biasa sebagai cara merawat sepatu kamu ternyata sangat tidak dianjurkan loh. Bahan keras dalam detergen akan membuat warna sepatumu cepat pudar.

Oleh karena itu, pilihlah detergen dengan bahan lembut, misalnya seperti detergen untuk pakaian bayi. Mild detergent mempunyai kandungan kalsium karbonat yang mencegah noda kekuningan pada sepatu bermerek kamu. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan air hangat ya saat membilasnya.

6. Perhatikan Bahan Sepatumu

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam merawat sepatu adalah bahan sepatumu. Perlu diketahui bahwa tidak semua sepatu memiliki perlakuan yang sama dalam merawatnya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan tergantung jenis sepatu yang kamu miliki.

Untuk sepatu berbahan suede dan kanvas, gunakan lotion khusus pada sepatu. Sepatu berbahan suede memang tidak bisa dicuci seperti biasa. Untuk itu, diperlukan cara merawat ekstra untuk sepatu berbahan suede. Jika kamu mencuci sepatu suede secara biasa, kamu justru akan mmbuat bulunya kaku dan kasar. Oleh karena itu kamu perlu menggunakan cairan atau lotion khusus sepatu suede secara rutin untuk menjaga kelembutan kulitnya.

Untuk merawat sepatu berbahan kulit, gunakan handuk atau kain yang diberi sabun untuk membersihkan bagian dalam dan luar sepatu. Ambil handuk lain yang kering untuk membersihkan sisa sabun. Jika ada noda-noda yang masih menempel, kamu bisa mengoleskan petroleum jelly dengan cottonbud. Bersihkan dengan kain atau handuk kering. Untuk bahan suede hanya perlu ditekan-tekan sedikit tanpa digosok. Lain halnya dengan sepatu yang berbahan kanvas, sepatu bisa digosok dengan handuk untuk menghilangkan sabun.

Itu tadi adalah tips merawat sepatu bermerek. Cara merawatnya ternyata tidak terlalu sulit bukan? Dengan mengikuti cara merawat sepatu di atas, kamu dapat membuat sepatu bermerek kesayanganmu lebih awet dan terlihat baru setiap saat. Jangan lupa juga untuk menggunakan perlengkapan yang sudah direkomendasikan di atas ya.

Jika kamu sedang mencari sepatu bermerek terbaru, kamu dapat mengunjungi laman iStyle karena terdapat berbagai pilihan sepatu terbaik dari merek-merek ternama. Kamu juga bisa mendapatkan sepatu bermerek incaran kamu di iStyle karena ada promo menarik untuk metode pembayaran menggunakan Atome, khususnya di bulan Agustus ini.

Ada juga giveaway menarik dari Atome loh. Para pemenang akan medapatkan voucher belanja sepatu untuk 10 orang. Yuk ikuti givewaynya! Caranya adalah cukup ikuti akun Instagram @atome.id dan @bellagioshoes_fashion. Peserta diharuskan like postingan giveaway dan share di IG Stories setiap peserta. Bagikan jawaban di kolom komentar dengan tag 3 teman kamu. 10 peserta dengan jawaban benar dan like terbanyak akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp 50.000. Periode giveaway ini berlangsung hingga 21 Agustus. Yuk, tunggu apalagi, jangan sampai ketinggalan ya!