Blog

8 Cara Mudah Merawat Sepatu Agar Tetap Awet

Jun 29 2022

Siapa di sini yang mempunyai sepatu kesayangan? Semua dari kamu pasti punya tentunya. Tidak peduli wanita atau pria. Sepatu, khususnya sepatu model sneakers saat ini telah menjadi salah satu sepatu yang paling banyak digemari, dan dikoleksi oleh banyak orang. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk merawat sepatu sneakers-mu agar awet dan tahan lama? Yuk, langsung saja simak tips berikut ini ya!

1. Perhatikan Bahan Sepatu

Tips pertama dalam merawat sepatu yang perlu kamu perhatikan adalah mengetahui dahulu bahan dari sepatumu tersebut. Perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua sepatu memiliki perlakuan yang sama dalam merawatnya. Ada beberapa hal yang harus diketahui dan dilakukan tergantung jenis bahan sepatu yang kamu miliki tersebut.

2. Jangan Simpan Sepatu Dalam Keadaan Basah

Tips kedua yang perlu kamu perhatikan adalah memperhatikan kondisi sepatumu. Pastikan bahwa kamu tidak menyimpan sepatumu dalam keadaan basah. Sebab, kondisi sepatu yang basah sangat mudah mendatangkan jamur dan bau tak sedap. Oleh karena itu, jangan pernah langsung menyimpannya ke dalam kotak atau rak. Selalu keringkan sepatu terlebih dahulu, misalnya saja dengan dijemur atau dikeringkan terlebih dahulu dengan hair dryer.

3. Gunakan Pelindung Khusus

Tips selanjutnya yang dapat kamu terapkan agar sepatu kesayanganmu tetap awet adalah dengan cara menyemprotkan pembersih dan pelindung khusus sepatu. Jika mengaku pencinta sepatu atau sneakers sejati, semprotan pembersih dan semprotan pelindung sepatu akan jadi senjata yang ampuh buat kamu. Semprotan pelindung khusus ini membantu sepatu kamu mampu melawan kotoran agar tidak menempel dan mudah dibersihkan. Kini, berbagai semprotan tersebut semakin banyak jenisnya. Bahkan di antaranya sudah sangat canggih karena dapat membuat sepatu kamu jadi anti air.

4. Bersihkan Langsung Saat Kotor

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan agar sepatu atau sneakers favorit kamu tetap awet adalah membersihkannya langsung saat kotor. Tidak perlu untuk harus langsung dicuci. Setidaknya setelah kamu pakai sehari – hari, lakukan pembersihan ringan untuk mencegah kotoran menempel di sepatu kamu.

Kotoran yang sudah menempel terlalu lama akan semakin sulit dibersihkan dan dapat merusak tampilan sepatu kamu secara permanen. Jadi kamu bisa menyikat kotoran yang kering dari permukaan sepatu menggunakan sikat gigi halus, kemudian gunakan lap basah untuk menyekanya sampai bersih.

5. Cuci Menggunakan Detergen Lembut

Sebenarnya mencuci dengan detergen dapat membuat warna sepatu kamu cepat pudar. Apalagi tidak semua jenis sepatu bisa dicuci menggunakan detergen biasa. Pilihlah detergen yang berjenis mild atau lembut, misalnya detergen khusus untuk mencuci pakaian dan perlengkapan bayi. Jenis ini dijamin lebih lembut daripada deterjen biasa.

Mild detergent mempunyai kandungan kalsium karbonat yang mampu untuk mencegah noda kekuningan pada sepatu favorit kamu. Gunakan air hangat sebagai campuran detergen ini saat akan mencuci sepatu kamu.

6. Sikat Menggunakan Sikat Gigi

Sikat gigi juga jadi senjata wajib untuk membersihkan sepatu. Pastikan saat mencuci dan membersihkan sepatu, kamu menggunakan sikat gigi. Pilih yang berbulu halus, bukan menggunakan sikat baju yang kaku dan sulit menjangkau sela – sela permukaan sepatu. Bulu sikat gigi yang halus tidak akan merusak sepatu. Selain itu, sikat gigi lebih mudah digunakan untuk membersihkan sepatu ketimbang spons.

7. Jangan Menjemur Sepatu Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Setelah proses pencucian, tentunya akan meninggalkan sisa – sisa air yang belum kering. Apabila air yang digunakan untuk mencuci sepatu tersebut tidak dikeringkan secara maksimal dikhawatirkan akan membuat sepatumu berjamur. Agar warna dan keawetan sepatumu tetap terjaga, jangan keringkan sepatumu di terik matahari langsung. Karena hal tersebut akan membuat warna sepatumu jadi memudar dan tidak awet. Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengeringkan sepatu adalah dengan cara diangin – anginkan saja hingga kering. Tujuannya agar bahan dan warna dari sepatu tersebut tetap solid dan tidak berubah warna.

8. Gunakan Rak Sepatu Terbuka

Apakah setiap hari kamu mengenakan sepatu yang sama? Jika iya, sebaiknya simpan sepatumu di rak yang terbuka. Hal ini karena bagian dalam sepatu yang sering digunakan sangat rawan lembap akibat kotoran dan keringat. Jika menyimpannya di rak terbuka, pergantian udara di dalamnya bisa lebih optimal. Ini juga dapat meminimalisir tumbuhnya jamur yang dapat merusak sepatu serta menghasilkan bau tak sedap.

Itu adalah beberapa cara merawat sepatu yang dapat kamu lakukan di rumah. Dengan berpedoman pada cara – cara yang telah disebutkan di atas, dijamin sepatu kamu akan jadi lebih awet, bersih, dan tahan lama. Apabila kamu ingin menjaga kebersihan sepatumu dengan maksimal maka lakukan tips di atas dengan sungguh – sungguh. Terlebih pada musim hujan seperti saat ini, sepatu akan sangat mudah terkena noda.

Bagaimana, tips di atas cukup mudah bukan untuk dilakukan? Nah, jika kamu menginginkan sepatu yang awet dan tahan lama, sebaiknya kamu memilih sepatu dengan kualitas yang bagus sebagaimana sepatu yang ditawarkan oleh The Fine Counsel dan juga GOSH. The Fine Counsel dan GOSH menyediakan berbagai pilihan sepatu, khususnya sepatu sneakers. Sepatu-sepatu di sana banyak tersedia, baik untuk wanita dan juga pria.

Soal model dan desain, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kedua brand ini memiliki desain sepatu yang trendi dan tentunya tidak akan ketinggalan zaman. Yuk, langsung saja kunjungi www.thefinecounsel.com dan http://www.goshshoes-fashion.com dan tentukan pilihan footwear-mu sekarang juga!

Nah, agar transaksi belanjamu lebih mudah dan menguntungkan, belilah sepatu favoritmu dengan menggunakan metode pembayaran dari Atome. Informasi menarik untuk kamu, saat ini lagi banyak promo bayarnya pakai Atome loh. Kamu bisa cicil 3 atau 6 bulan tanpa DP! Yuk, download Atome sekarang di App Store dan Play Store, dan dapatkan keringanan pembayarannya sekarang juga!

Main keywords of the article: