Rahasia badan fit dan segar setelah penerbangan panjang

Oct 26 2022

Pesawat terbang sering kali menjadi moda transportasi favorit banyak orang, karena kepraktisan dan waktu tempuhnya yang relatif cepat. Namun, beberapa orang mengeluhkan badannya kurang fit setelah melalui perjalanan jalur udara. Badan terasa pegal, mengalami gangguan tidur, serta masalah kesehatan lainnya. Apalagi jika melalui penerbangan panjang ke negara dengan zona waktu yang berbeda. Bisa – bisa kamu mengalami jet lag yang efeknya bisa cukup mengganggu tubuh selama beberapa hari. Untuk mencegah itu semua, sebaiknya siapkan kesehatan fisik dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Usahakan naik pesawat dalam kondisi tubuh fit dan tidak sakit. Sekitar seminggu sebelum bepergian, usahakan agar daya tahan tubuhmu dalam kondisi prima. Caranya, biasakan menjalankan pola hidup sehat setiap hari. Mulai dari makan makanan bergizi, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga. Tingkatkan imunitas tubuh dengan memperbanyak konsumsi vitamin C, misalnya dari makan jeruk, lemon, atau suplemen.

2. Gunakan Pakaian Yang Longgar Dan Nyaman

Pemilihan pakaian juga berpengaruh pada kenyamananmu selama naik pesawat. Usahakan memakai pakaian yang longgar agar kamu dapat bergerak bebas selama berada di dalam pesawat. Hindari memakai pakaian ketat, karena dapat menghambat sirkulasi darah dan membuatmu cepat merasa gerah.

3. Konsumsi Makanan Sebelum Terbang

Sebaiknya hindari naik pesawat dengan perut kosong. Usahakan untuk makan terlebih dahulu agar tubuhmu cukup berenergi. Pastikan makan makanan yang sehat dalam porsi secukupnya. Misalnya, makan roti gandum atau nasi dan telur. Hindari makan makanan makanan yang berminyak, pedas, dan banyak mengandung gas. Hindari juga minum minuman beralkohol agar perut tidak mual.

4. Pakai Masker Selama Melakukan Perjalanan

Memakai masker masih termasuk protokol kesehatan wajib yang harus dipatuhi, terutama saat pergi meninggalkan rumah. Hal ini juga berlaku saat naik pesawat. Pastikan senantiasa memakai masker yang nyaman untuk menjagamu dari penularan virus atau bakteri berbahaya. Saat ini beberapa maskapai sudah menyediakan masker khusus penumpang. Tapi sebaiknya kamu tetap membawanya sendiri dari rumah.

5. Rajin Cuci Tangan Dan Pakai Hand Sanitizer

Memakai masker saja tidak cukup untuk mencegah penularan virus dan bakteri. Kamu juga harus rajin cuci tangan, terutama setelah memegang benda – benda tertentu yang belum jelas kebersihannya. Supaya lebih praktis, gunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan. Bawa juga tisu basah untuk mengelap permukaan benda tertentu, seperti gesper sabuk pengaman, meja nampan, dan yang lainnya.

6. Jaga Cairan Tubuh

Usahakan tubuh terhidrasi dengan baik agar selalu dalam kondisi segar dan bugar. Salah satu caranya yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Baik itu sebelum naik pesawat, di dalam pesawat, maupun setelah mendarat di bandara tujuan. Untuk penerbangan dengan durasi lama, seperti 6-8 jam, setidaknya minum 1 liter air selama di pesawat. Jangan sampai dehidrasi selama perjalanan, karena dapat menimbulkan badan lemas, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi.

7. Hindari Kafein Dan Minuman Berkarbonasi

Di tips sebelumnya, kamu memang disarankan untuk memperbanyak minum agar tetap terhidrasi. Tapi ingat, usahakan untuk minum air putih saja. Hindari minuman berkarbonasi dan kafein, seperti kopi dan teh. Karena minuman tersebut dapat menjadikan tubuh lebih cepat dehidrasi. Hindari juga minum air putih dari air keran, karena rentan kotor dan mengandung kuman. Sebaiknya minta air putih kemasan atau bawa sendiri dari rumah.

8. Hindari Konsumsi Camilan Terlalu Banyak

Beberapa orang cenderung bosan selama perjalanan di pesawat, sehingga memilih untuk menghabiskan waktu dengan makan camilan. Makan camilan boleh saja, tapi pastikan dalam porsi secukupnya saja. Hindari mengonsumsi camilan terlalu banyak, karena dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan. Mulai dari perut terasa penuh, mual, kembung, hingga begah. Apalagi jika camilan yang kamu makan mengandung kadar garam yang tinggi. Makanan tersebut justru dapat membuatmu lebih cepat haus dan dehidrasi.

9. Berjalan Secara Berkala

Untuk melepas rasa penat, cobalah sesekali berdiri dan berjalan di lorong pesawat. Hal ini bisa cukup membantu tubuh untuk merangsang aliran darah tetap lancar. Kamu pun bisa mengatasi kebosanan selama duduk berjam – jam di kursi pesawat.

10. Sesuaikan Jam Tidur

Tips kesepuluh agar badan tetap fit dan segar saat naik pesawat yaitu dengan menjaga pola tidur. Usahakan untuk menyesuaikan jam tidur dengan waktu tidurmu untuk menghindari jet lag akibat perbedaan waktu di tempat tujuan. Usahakan tidur di dalam pesawat jika memang waktunya untuk tidur. Jangan memaksakan terjaga, karena hanya akan membuat tubuhmu kelelahan.

Item Paling Berguna Yang Perlu Kamu Bawa Saat Naik Pesawat

Ada beberapa barang penting yang harus kamu bawa untuk menunjang kesehatan dan kenyamananmu selama naik pesawat, di antaranya:

1. Hand Sanitizer

Salah satu protokol kesehatan wajib untuk menjaga kebersihan tangan agar tetap higinies dan bebas dari kuman. Meskipun beberapa maskapai telah menyediakan hand sanitizer khusus, lebih baik bawa satu botol hand sanitizer berukuran kecil sebagai persediaan. Usapkan ke tangan secara merata, terutama sebelum dan sesudah makan.

2. Bantal Leher

Bantal leher juga sangat berguna untuk menunjang kenyamanan tidur di atas pesawat. Pilih bantal leher dari bahan yang lembut dan empuk agar kamu semakin nyaman saat tidur atau bersandar. Dengan begitu, kamu bisa tidur dengan lebih lelap dan terhindar dari nyeri otot, terutama saat melalui penerbangan panjang.

3. Penutup Mata

Biasanya beberapa penumpang kesulitan tidur di atas pesawat, karena terganggu cahaya yang terlalu terang. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tidur dengan penutup mata khusus, sehingga dapat memblokir cahaya luar yang masuk ke mata. Kamu pun bisa lebih cepat tidur dan terlelap.

4. Pakaian Hangat

Umumnya, suhu udara di pesawat memang lebih rendah, sehingga beberapa orang merasa kedinginan. Untuk itu, pakai pakaian hangat yang dapat melindungi seluruh tubuh dari udara dingin. Misalnya, pakai sweater, syal, dan kaus kaki. Jika masih kedinginan, jangan ragu meminta selimut kepada pramugari yang bertugas.

5. Bawa Pelembab Atau Obat Tetes Mata

Udara dalam pesawat lama kelamaan bisa membuat kulit dehidrasi, sehingga rentan mengalami mata kering dan kulit yang terasa panas. Untuk mengatasi hal ini, bawalah produk yang mampu menghidrasi kulit, seperti pelembab atau sheet mask. Bawa juga obat tetes mata untuk menjaga mata tetap segar terhidrasi.

Dapatkan Solusi Kesehatan Dari Owellness Menggunakan Atome!

Rahasia utama agar badan tetap segar setelah penerbangan panjang yaitu dengan senantiasa menjaga kesehatan tubuh luar dan dalam. Kamu juga dapat mengonsumsi produk kesehatan tambahan dari Owellness untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mulai dari suplemen vitamin, booster imun, dan lainnya. Ada juga produk hand sanitizer dan diffuser oil untuk menunjang kebersihan dan kenyamanan tubuh. Dapatkan semua produk terbaik Owellness dengan berbelanja secara online ke website resminya. Checkout dengan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa biaya tambahan yang bisa kamu cicil selama 1 hingga 12 bulan. Untungnya lagi, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari 6.5000 lebih merchant yang bekerja sama. Jadi, tunggu apa lagi? Download dan pakai Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: