Blog

Rekomendasi Keren Baju Koko Terbaik dan Terjangkau 2021

Sep 07 2021

Tahukah kamu dari mana baju koko pria berasal? Jika gamis berasal dari daerah Timur Tengah, maka menurut informasi turun-temurun, dikatakan bahwa baju koko berasal dari Asia Tengah. Baju koko yang selama ini popular di kalangan masyarakat Indonesia sangat mirip dengan baju adat masyarakat Tionghoa yang bernama tui khim.

Awal mula masuknya baju koko ke Indonesia adalah pada saat penjajahan Belanda, di mana bangsa VOC mendatangkan beberapa penduduk Cina dengan tujuan membangun kota Batavia agar lebih modern. Menurut Chinese Indonesian Heritage Center, baju adat Cina yang bernama tui khim adalah kemeja tanpa kerah bergaya masyarakat Tionghoa yang dipadukan dengan celana komprang. Biasanya orang yang memiliki status sosial tinggi mengganti kancingnya dengan bahan logam mulia.

Pada saat itu, masyarakat Tionghoa yang dibawa Belanda ke Indonesia menjadi budak kuli. Setelah Cina merdeka dari kekuasaan bangsa Eropa, masyarakat Tionghoa mulai meninggalkan baju koko dan masyarakat Indonesialah yang meneruskan pemakaian baju koko untuk kelas menengah ke bawah.

Oleh sebab itu kita jadi paham kenapa namanya baju koko, karena ini adalah baju warisan dari masyarakat Tionghoa yang diberikan ke orang Betawi di mana sebagian budayanya disumbangkan oleh orang Tionghoa.

Dalam agama Islam sendiri tidak melarang atau menyulitkan umatnya dalam hal berpakaian. Selama itu masih dalam batas wajar, menutup aurat, bersih, tidak berlebihan, dan nyaman, hal itu sah-sah saja. Tidak ada aturan yang mengikat harus memakai ini atau itu, harus memakai gamis ataupun baju koko.

Beragam model baju koko terbaru di tahun 2021 ini sudah memenuhi pasar-pasar lokal.  Dan pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan model-model baju koko pria dewasa terbaik dari masa ke masa. Tak dipungkiri model-model ini akan menampilkan kesan yang berkelas, gagah dan nyaman saat dikenakan, berikut ulasannya:

  • Baju Koko Pakistan

Baju koko Pakistan lengan pendek memiliki kesan yang simpel, praktis, dan elegan. Baju koko ini lebih cenderung kalem dan polos sehingga cocok digunakan untuk pria yang ingin tampil santai dan kasual.

Bahan yang digunakan adalah polycotton BSY, yang dipercaya bisa menyempurnakan penampilanmu. Tersedia dengan berbagai ukuran, ukuran S (bahu 42 cm, lingkar dada 102 cm, panjang 75 cm, dan cocok digunakan untuk yang memiliki berat badan 45 kg). Ukuran M (bahu 45 cm, lingkar dada 115 cm, panjang 85 cm, dan berat badan 70 kg). Dan terakhir ukuran L (bahu 50 cm, lingkar dada 120 cm, panjang 90 cm, dan berat badan 80 kg).

Selain ukurannya yang beragam, terdedia juga berbagai jenis warna, seperti cokelat tua, hijau tua, biru tua, merah tua, abu-abu, hitam dan putih.

  • Baju Koko Bordir Red Shakeil

Baju koko bordir ini hanya menghadirkan versi lengan pendeknya. Memiliki desain yang memukau, dengan perpaduan dua warna lengkap dengan bordiran yang menghiasi menjadikan baju ini terlihat begitu elegan.

Bahan dasar pada pembuatan baju koko ini sangat lembut, halus, dan nyaman saat dipakai. Bahannya yang tidak panas, mudah menyerap keringat menjadikan baju koko ini sebagai produk best seller saat Ramadan dan Hari Raya. Terdapat tiga pilihan ukuran untuk model baju koko ini, mulai dari M, L, dan XL. Kombinasi warna cokelat dan mocca juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk solat Idul Fitri nanti.

Selain baju koko khusus pria dewasa, kami juga sudah menyiapkan 3 rekomendasi baju koko terbaik untuk anak-anak. Pastikan bahan baju koko untuk anak-anak terbuat dari bahan yang adem, nyaman, menyerap keringat dan simpel. Layaknya orang dewasa, anak-anak juga akan merasa tidak nyaman jika menggunakan pakaian yang tebal, membuat gerah dan tidak menyerap keringat. Pastikan semuanya kamu teliti ya sebelum membeli. Jika membeli via online, kamu bisa tanyakan bahan apa yang digunakan, ukuran dan warnanya.

  • Ahzarayy Mizan Kids, harga mulai dari Rp 390.000

Terbuat dari bahan yang berkualitas, menjadikan baju koko ini ringan, anti kusut dan nyaman dipakai. Jenis bahan yang digunakan toyford mewah. Desain bordir pada bagian kerah, kantong dan ujung lengan adalah ciri khas dari Ahzarayy.

  • Elzatta Sarimbit Gilda Boy, harga mulai dari Rp 329.000

Desain yang elegan, klasik dengan motif tenun dari Elzatta bisa menjadi pilihan kamu untuk membelinya. Baju koko setelan lengan pendek atas bawah ini memberikan kesan nyaman dan meningkatkan kepercayaan diri anak untuk ikut serta beribadah.

  • Hoofla Kids Baju Koko Sarcel, mulai dari Rp 155.000

Produk ini sangat unik, karena bisa menjadi solusi untuk mengenalkan sarung saat ibadah pada anak. Setelan baju koko yang terdiri dari atasan lengan pendek, dan sarung celana menjadikan baju koko ini sangat praktis dan nyaman saat dikenakan.

Itulah beberapa rekomendasi terbaik dari kami mengenai baju koko pria dewasa dan baju koko anak. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kamu dalam mencari pilihan yang terbaik.