Blog

Cara Merapikan Gigi Secara Alami Terbaik dan Wajib Dicoba Sekarang

Sep 08 2021

Memiliki gigi yang sehat dan rapi adalah impian banyak orang. Namun, tak semua orang bisa beruntung memiliki gigi yang indah dan rata secara alami. Banyak banget lho di luar sana orang yang memiliki gigi tidak rata.

Memiliki gigi tak rata bukanlah takdir abadi. Kamu masih bisa kok merubah gigi menjadi rata seperti yang lain.  Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat gigi kembali rata dan indah. Terlebih canggihnya teknologi dan dunia kedokteran gigi membuat hal yang tak mungkin menjadi mungkin.

Sekarang ini, banyak tersedia layanan perataan gigi. Mulai dari kawat gigi hingga menggunakan aligner transparan. Semuanya dapat memudahkan kamu untuk memiliki gigi dengan senyum yang indah.

Namun, untuk melakukan proses perataan gigi, kamu tak boleh sembarangan ya. Kamu harus menggunakan jasa dokter gigi terpercaya. Kalau sampai kamu ngasal dalam menggunakan kawat gigi, gigi kamu bisa saja rusak dan terinfeksi.

Perawatan Gigi Rata

Untuk membentuk gigi yang indah, tentunya kamu harus menggunakan kawat gigi atau aligner yang bisa membantumu memiliki senyum terbaik. Proses perataan gigi butuh waktu dan tidak bisa dilakukan secara instan.

Sebenarnya, proses perataan gigi ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu lho. Namun, seiring berjalannya waktu, hal ini kini disempurnakan menjadi lebih canggih dan modern, mulai dari kawat gigi stainless steel hingga keramik.

Nah, seiring berjalannya waktu, tak semua orang suka menggunakan kawat gigi. Karena bisa dibilang terlalu ribet dan mengurangi nilai estetika pada gigi. That’s why, dunia kesehatan yang terus berkembang ini mengakalinya dengan aligner.  

Aligner Si Perata Gigi Anti Ribet

Berbeda dengan kawat gigi, aligner merupakan sebuah metode meluruskan gigi dengan menggunakan alat seperti retainer. Aligner berbentuk seperti jaket gigi dari plastik yang bisa memperbaiki struktur gigi yang berantakan. Bedanya, aligner ini terbuat dari bahan yang lebih lentur dibanding dengan retainer pada umumnya.

Bentuknya yang transparan, tak mengubah estetika gigi itu sendiri. Para pengguna aligner ini dipastikan akan merasa nyaman dan tentunya lebih praktis dalam merapikan gigi. Bentuknya yang transparan membuat aligner sangat cocok untuk digunakan semua usia.

Cara Kerja Aligner Merapikan Gigi

Jika kamu pernah menggunakan atau mengerti behel (kawat gigi), sebenarnya cara kerja aligner juga hampir mirip seperti kawat gigi tersebut. Bedanya, aligner akan memberikan tekanan dari dalam dan luar untuk merapikan gigi. Sedangkan behel lebih ke melakukan penarikan gigi ke posisi yang benar dengan bantuan kawat.

Dengan menggunakan aligner ini, tekanan yang dihasilkan tersebut akan terus memberikan tekanan dari rahang atas dan bawah untuk memberikan bentuk yang indah pada gigi. Sehingga tekanan dari alat gigi ini akan mengubah posisi gigi menjadi lebih rata.

Keuntungan Menggunakan Aligner

Banyak keuntungan lho yang bisa kamu dapat jika kamu menggunakan aligner ini. Aligner yang terbuat dari plastik yang lentur tentunya akan membantu kamu memperbaiki gigi yang kurang rapi. Nah, berikut ini adalah keuntungannya:

1. Tidak menyebabkan luka pada mulut

Ketika memakai behel, secara tak langsung gigi hingga gusi kamu akan mudah terluka. Dengan menggunakan alat ini, kamu akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tekstur alat yang lentur dan berongga ini tidak akan melukai gusi dan lidah kamu. Sehingga kamu tak perlu khawatir jika menggunakannya.

2. Tidak terlalu mencolok

Saat menggunakan behel, biasanya gigi kamu akan dipagari dengan kawat dengan beragam pilihan warna. Namun, dengan menggunakan alat ini, kamu terlihat seperti tak mengenakan apa-apa. So, alat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk melakukan perawatan gigi.

3. Sangat mudah dibersihkan

Jika aligner kotor, kamu tak perlu khawatir. Kamu cukup melepas alat ini dan membersihkannya dengan sikat gigi berbulu halus. Hanya dengan cara yang mudah, kamu sudah bisa membersihkannya hingga menjadi bersih kembali.

4. Bisa dilakukan lepas pasang

Jika menggunakan behel, kamu tidak akan pernah bisa melakukan lepas pasang tanpa bantuan dokter gigi. Dengan menggunakan aligner ini, kamu bisa melepas pasang sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi kamu bisa melepas alat ini ketika makan, menggosok gigi, hingga ngemil. Semua bisa dengan mudah kamu lakukan.

5. Praktis

Karena bisa dilepas dan pasang, aligner ini sangat praktis untuk kamu gunakan. Ya jelas aja dong, bentuknya yang sangat simpel juga memudahkan kamu untuk bisa digunakan di mana saja dan kapan saja.

Persiapan Menggunakan Aligner

Ketika kamu memilih untuk menggunakan aligner, kamu harus bisa memastikan jika kamu harus menggunakan jasa yang terpercaya. Jadi jangan asal memilih ya. Kalau kamu asal memilih aligner, hal ini akan berisiko pada kesehatan gigi kamu.

Pastikan jasa yang kamu gunakan ditangani langsung oleh dokter gigi yang sudah bersertifikasi ya. Jadi meskipun kamu hanya menggunakan aligner, gigi kamu akan tetap sehat dan menjadi rapi atas pantauan dokter gigi tersebut.

Biasanya, sebelum melakukan perawatan dengan aligner, dokter gigi terkait akan memintamu melakukan pengecekan bentuk gigimu. Setelah itu dokter akan mengecek kondisi gusi, gigi, hingga rongga mulut secara detail. Setelah itu dokter gigi akan mencetak gigi asli kamu untuk dibuatkan alat tersebut.

Nah, salah satu jasa perawatan gigi dengan aligner yang bisa kamu gunakan adalah Rata.id yang sudah berhasil digunakan oleh lebih dari 20.0000 orang untuk merapikan gigi mereka. Dengan menggunakan Rata.id ini, para pengguna biasanya akan mendapatkan perawatan gigi mulai dari 3 hingga 6 bulan. Tapi disesuaikan dengan case gigi masing-masing orang ya.

Oh iya, dengan menggunakan Rata.id ini, kamu juga bakal diawasi langsung oleh dokter gigi yang sudah bersertifikasi lho. Jadi kamu akan terhindar dari kejadian kerusakan gigi yang tak diinginkan.

Buat kamu yang tertarik dan ingin menggunakan Rata.id, kamu bisa menyelesaikan transaksinya dengan Atome. Atome akan memberikan kemudahan buat kamu dalam bertransaksi tanpa kartu kredit, dengan pilihan cicilan 3 atau 6 bulan, denga bunga 0%. Buruan, guys!