Blog

Tips bijak menggunakan cicilan kredit seperti Atome

Jul 06 2022

Kini belanja berbagai kebutuhan dan barang impian semakin mudah dengan hadirnya layanan buy now pay later seperti Atome. Harga barang semahal apapun bisa terbeli saat ini juga, meskipun total dananya belum cukup sepenuhnya. Karena dengan menggunakan layanan pay later, seseorang bisa membayar tagihannya dengan cara mencicilnya tiap bulan. Tetapi di luar kemudahan tersebut, kehadiran pay later terkadang juga bisa menjadi bumerang bagi sebagian orang. Mulai dari kebiasaan boros, kalap belanja, hingga cicilan yang menunggak dan tak terbayar. Alhasil, fasilitas pay later yang seharus memudahkan justru menjadi ancaman dan bahkan merugikan. Beberapa orang pun takut berurusan dengan pay later dan enggan menggunakannya walau benar – benar membutuhkan. Padahal, yang menjadi masalah bukanlah aplikasi pay later tersebut, melainkan pengguna yang memakai layanannya.

Memanfaatkan cicilan kredit bisa menjadi untung atau buntung sangat tergantung pada bagaimana seorang individu menggunakannya. Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan asal tetap menggunakannya secara bijak. Sebaliknya, jika menggunakannya secara sembarangan, maka bersiap – siaplah menghadapi kerugian yang akan datang. Berikut tips bijak menggunakan aplikasi pay later atau fasilitas cicilan kredit seperti Atome yang bisa kamu coba.

1. Selektif Memilih Aplikasi Pay later

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan pay later, pastikan memilihnya secara teliti dan selektif. Tiap aplikasi pay later menawarkan layanan serupa, namun dengan detail penawaran yang berbeda. Ada yang menawarkan cicilan dengan bunga ringan, namun ada juga yang tingkat suku bungannya cukup memberatkan. Belum lagi dengan adanya tambahan biaya administrasi, tenor cicilan yang singkat, dan lain lainnya.

Pastikan memilih layanan pay later yang paling memudahkan sesuai kebutuhan. Seperti Atome yang punya banyak keunggulan, di antaranya:

  • Cara pendaftaran yang cukup mudah. Cukup menggunakan KTP, email, dan nomor HP aktif tanpa melampirkan slip gaji atau dokumen lainnya.
  • Fasilitas cicilan 0% (tanpa bunga), sehingga jumlah tagihannya sama dengan total transaksi yang kamu habiskan.
  • Tanpa DP dan biaya admin yang memberatkan.
  • Tenor cicilan cukup lama, yaitu dari 1 hingga 12 bulan untuk memudahkan pengguna dalam mencicil nominal tagihan yang lumayan besar.
  • Telah bekerjasama dengan 6.500 lebih merchant dari berbagai kategori. Mulai dari merchant elektronik, fashion, kecantikan, kebugaran, peralatan rumah tangga, home decor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Gunakan Fasilitas Cicilan Sesuai Kemampuan

Ingat, sistem pay later bukanlah hadiah gratisan yang menghindarkanmu dari kewajiban membayar. Artinya, ketika telah berhasil transaksi barang impian, kamu tetap harus membayarnya dengan sistem cicilan. Karena itulah, pastikan untuk senantiasa menggunakan fasilitas cicilan sesuai kemampuan. Ingat rumus financial planning paling utama, yaitu jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Pastikan besarnya cicilan bulanan tidak melebihi kemampuanmu membayar. Untuk memastikan hal ini, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Lakukan budgeting bulanan. Hitung berapa pemasukan rutin yang kamu dapatkan setiap bulannya. Lalu tentukan daftar pengeluaran yang biasa kamu habiskan dengan uang tersebut. Agar lebih teratur, kamu juga bisa menerapkan persentase budgeting sesuai kebutuhan. Misalnya, rumus 60:30:10 untuk kebutuhan pokok, hiburan, dan tabungan. Lalu tentukan nominal maksimal untuk cicilan bulanan yang bisa kamu bayarkan, tergantung cicilan tersebut masuk kebutuhan pokok atau hiburan.
  • Penuhi batasan pengeluaran yang telah dibuat. Jika sejak awal sudah menentukan berapa nominal terbanyak untuk membeli kebutuhan tertentu, pastikan untuk mematuhi batasan tersebut. Jangan sampai transaksi terlalu banyak hingga jumlah tagihannya melebihi batas nominal yang telah kamu tetapkan.
  • Evaluasi pengeluaran bulanan.  Selain membuat budgeting awal bulan, analisa juga bagaimana proses penerapannya selama satu bulan. Cek barangkali ada kebutuhan yang belum ter-cover dalam catatan atau jumlah pengeluaran yang melebihi batasan. Lakukan evaluasi ini untuk menentukan budgeting berikutnya yang lebih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

3. Disiplin Bayar Tagihan

Salah satu habit penting pengguna pay later adalah disiplin membayar tagihan. Pastikan untuk menyelesaikan semua tagihan tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo berakhir. Jangan sampai terkena sanksi denda yang justru biasanya hal inilah yang akan membuat total tagihan membengkak. Apalagi, persentase denda pay later biasanya terakumulasi secara harian atau mingguan. Tentu nilainya cukup besar dan semakin menambah beban. Khusus pengguna Atome, kamu akan mendapatkan reminder melalui aplikasi dan SMS setiap H-3 sebelum tanggal jatuh tempo. Manfaatkan notifikasi tersebut untuk segera membayar cicilan atau langsung lunasi semua tagihan jika memiliki dana yang cukup.

4. Belanja Di Waktu Paling Menguntungkan

Untuk menghemat pengeluaran dan total tagihan, lakukan trik belanja hemat dengan membeli barang di waktu yang paling menguntungkan. Kapan waktunya? Salah satunya ketika toko atau brand bersangkutan mengadakan promo spesial. Diskon 10-20% tentu menguntungkan daripada tidak mendapatkan sama sekali. Karena itulah, update informasi promo terbaru dari brand favoritmu dan belanja saat promo itu berlangsung.

Misalnya saja, ketika ingin membeli baju baru di Matahari. Daripada langsung impulsif membelinya saat kebetulan jalan – jalan ke mal, lebih baik belanja ketika ada diskon atau promo spesial lainnya. Ikuti semua media sosial Atome untuk mengetahui info promo terbaru dari berbagai merchant yang bekerjasama. Update infonya melalui Instagram, Facebook, YouTube, serta menu voucher dan virtual banner di aplikasi Atome. Cek secara berkala agar tidak ketinggalan infonya.

5. Jangan Gunakan Banyak Aplikasi Pay later Sekaligus

Setia itu memang mahal harganya. Tapi kesetiaan membawa banyak keuntungan dan manfaat, termasuk ketika setia pada satu layanan pay later. Jangan sampai menduakan aplikasi pay later jika tidak ingin kena getahnya. Dengan setia pada satu layanan pay later, tentu kamu hanya berkewajiban menyelesaikan satu tagihan cicilan setiap bulannya. Jika sampai menggunakan 2-3 aplikasi sekaligus, jumlah tagihannya otomatis berlipat hingga 2 sampai 3x. Nominal cicilan semakin banyak dan kamu pun bisa jadi semakin keteteran untuk menyelesaikannya.

Belum lagi dengan adanya perbedaan sistem cicilan dari masing – masing aplikasi. Mulai dari metode pembayaran, tanggal jatuh tempo, biaya administrasi, dan lain lainnya. Tentu sangat rawan terjadinya kesalahan transaksi, kekeliruan pembayaran cicilan, hingga tanpa sadar telah melewati tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Total tagihan pun bertambah dan kamu jadi semakin kesulitan membayarnya. Untuk menghindari hal ini, pastikan hanya setia pada satu aplikasi. Cukup gunakan satu aplikasi pay later yang memberi banyak kemudahan dan tak perlu menambah – nambah tagihan dari layanan pay later lainnya.

Tetap setia gunakan Atome untuk mendapatkan banyak kemudahan belanja dari 6.500 lebih merchant yang bekerjasama, termasuk Matahari. Nikmati fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan bunga, DP, dan biaya admin. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor cukup lama, yaitu selama 1 sampai 12 bulan. Supaya lebih hemat, belanja saat ada promo spesial yang menawarkan banyak diskon menguntungkan.  Makanya, download dan gunakan Atome sekarang juga untuk mendapat semua keuntungan itu. Pastikan menggunakannya secara bijak agar terhindar dari kebiasaan boros yang merugikan. Jangan sampai kemudahan layanan pay later justru menjadi dalih yang membuatmu konsumtif dan merugikan diri sendiri.

Main keywords of the article: