Blog

Tips Cerdas Bayar Cicilan Tanpa Macet

Aug 02 2021

Pemenuhan kebutuhan memang menjadi keperluan yang harus dilakukan. Baik itu kebutuhan primer, sekunder, dan juga tersier. Namun sayangnya, di masa yang sulit akibat dampak Covid-19 seperti saat ini telah membuat banyak hal menjadi sulit untuk dipenuhi. Hal ini terjadi karena banyaknya gaji karyawan dipotong hingga adanya pemutusan hubungan kerja (PHK).

Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan – kebutuhan dan juga keinginan yang bermacam-macam ini membuat orang melakukan banyak cara agar bisa memenuhinya. Salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan membeli barang dengan menggunakan sistem cicilan.

Tidak ada yang salah dengan pembayaran secara cicilan ini. Namun, kamu harus memperhatikan kemampuan kamu, serta cara mengatur keuangan yang tepat ketika memiliki cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Kamu tidak boleh melupakan tanggung jawab untuk membayar cicilan atau tagihan yang kamu miliki ya.

Cara mengatur proses bayar cicilan yang baik akan membantu kamu untuk bisa melunasi cicilan dan tidak menciptakan situasi yang merugikan bagi kamu. Nah, agar kamu tidak terjebak dalam utang kredit, yuk simak tips-tips cerdas berikut ini.    

Membuat Rencana Keuangan

Cara pertama yang harus kamu lakukan agar cicilanmu nantinya dapat terbayarkan dengan lancar adalah kamu harus membuat rencana keuangan. Banyak kejadian jika orang terlilit utang yang banyak, maka mereka bingung bagaimana menyelesaikannya. Hal ini terjadi karena arus kas atau sistem keuangannya tidak direncanakan dengan baik.

Jadi, sejak sekarang mulailah untuk membuat list daftar pemasukan, daftar pengeluaran, daftar jumlah utang yang harus kamu bayarkan, hingga bunga yang harus kamu bayar pun harus kamu hitung ya. Dengan membuat catatan keuangan, ini akan memudahkan kamu untuk menentukan skala prioritas, mana utang yang harus dilunasi dengan cepat dan mana yang sudah sesuai dengan tenggat waktu pembayaranya.

Menghitung Kemampuan Bayar

Masih menyambung pada poin pertama, kamu harus tahu juga nih seberapa besar kemampuan kamu untuk membayar cicilan. Jangan sampai jumlah cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya melebihi kemampuan finansial kamu. Caranya, kamu tidak boleh memiliki cicilan lebih dari 30% dari jumlah gaji kamu. Hal ini termasuk jika kamu mengalami penurunan pendapatan. Kamu harus tetap menghitungya tidak lebih dari 30% agar kondisi keuanganmu tetap aman. Untuk mengatasinya, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran sekunder dan tersier agar tersisa dana untuk menutup cicilan utang tanpa mengganggu pemenuhan kebutuhan hidup yang pokok. Dengan begitu, proses pembayaran cicilanmu tetap dapat dikendaikan dengan baik.

Menghemat Belanja dan Tidak Bergaya Berlebihan

Saat berbelanja, sebagian orang tidak memikirkan apa saja yang tidak diperlukan. Ketika sudah sampai di tempat belanja, baik di toko secara langsung maupun menjelajahi toko online, banyak orang cenderung membeli barang-barang yang diinginkan. Hal ini tidak patut kamu lakukan, karena jika kamu memiliki banyak cicilan, langkah yang harus dilakukan adalah memilah barang yang akan kamu beli.

Sebagai contoh, saat membeli barang, carilah yang memiliki harga terjangkau. Dengan langkah ini, uang kamu tidak akan banyak berkurang dalam berbelanja kebutuhan. Hemat dalam berbelanja juga membantu kamu dalam membayar cicilan pinjaman setiap bulan.

Begitu pula dengan haya hidup. Salah satu faktor ketidakmampuan seseorang untuk melunasi cicilan adalah karena gaya hidup yang berlebihan. Gaya hidup yang berlebihan akan mengeluarkan uang yang berlebihan pula. Tentu saja jika hal ini terus-menerus kamu lakukan akan berdampak buruk pada kondisi keuanganmu, sehingga pembayaran cicilanmu pun akan berantakan.

Jadi, mulai dari sekarang kamu bisa mengubah kebiasaan gaya berlebihan kamu seperti nongkrong di kafe mahal, membeli makanan di restoran dan lain sebagainya ya. Kamu harus mengurangi hal tersebut agar tidak merugikan diri kamu sendiri nantinya.

Mencari Penghasilan Tambahan

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah cicilan utang yang menumpuk. Saat ini, banyak peluang yang bisa kamu ambil dan kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dari pekerjaan sampingan atau membuka usaha rumahan. Yang terpenting, kerja tambahan tidak mengganggu pekerjaan utama kamu.

Untuk opsi pekerjaan tambahan, kamu bisa memulainya dengan menjual kemampuan atau keahlian yang kamu punya, seperti menjadi guru les, penulis lepas, desain grafis dan lainnya. Jika memiliki modal, kamu bisa menjadi reseller atau menjual produk online. Uang yang kamu dapatkan dari penghasilan tambahan itu nantinya bisa kamu gunakan untuk membayar cicilan utang atau kamu tabung.

Menggunakan Aplikasi dengan Fitur Pengingat

Poin ini berlaku untuk semua orang, terutama untuk kamu yang pelupa. Manfaatkan teknologi dan fitur ponsel pintarmu untuk bisa membantu keperluan kamu. Mulai dari fitur kalender, setting jadwal pembayaran via aplikasi dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan tergerak lebih cepat melunasi cicilan lewat pesan pengingat.

Namun kamu tidak perlu khawatir jika kamu menggunakan Atome sebagai tempat kamu melakukan pinjaman kredit. Sebab aplikasi Atome telah memiiki pengingat waktu pembayaran. Sehingga hal ini akan memudahkan kamu dan kamu tidak lagi khawatir terlambat membayar cicilan.

Sebagai contoh kamu berbelanja di Zara dengan metode pembayaran Atome. Pada saat pembayaran cicilan bulan berikutnya, kamu akan mendapatkan notifikasi dari Atome untuk membayar cicilan belanja kamu untuk produk yang kamu beli di Zara. Begitu juga pada merchant-merchant lainnya yang sudah bekerjasama dengan Atome. Baik itu Zalora, Aldo, Agoda, JD.ID dan masih banyak lagi.

Memilih Tempat Termudah Untuk Membayar

Carilah tempat yang memudahkan kamu untuk bertransaksi agar tidak telat membayar tagihan. Entah itu ATM, e-wallet, minimarket ataupun mobile banking. Atome sendiri telah bekerja sama dengan berbagai situs pembayaran sehingga hal ini dapat memudahkan kamu saat melakukan transaksi pembayaran. Jadi aplikasi cicilan tanpa kartu kredit ini akan sangat memudahkan kamu. Cukup menarik bukan?

Nah, itu tadi adalah tips cerdas agar kamu dapat membayar cicilan kamu tepat waktu. Jangan lupa ya bahwa cicilan harus dibayar. Semoga membantu.