Tips membuat capsul wardrobe musim dingin untuk pria

Nov 23 2022

Sering bingung memilih pakaian sehari – hari? Banyaknya koleksi pakaian di lemari bisa jadi justru menyulitkan kamu dalam memilih salah satu yang terbaik. Untuk mengatasinya, kamu bisa terapkan metode capsule wardrobe yang memungkinkan kamu membatasi pilihan pakaian dalam beberapa bagian inti. Selain lebih hemat dan bijak dalam berbelanja pakaian, kamu juga akan tertantang untuk lebih kreatif dalam memadu padankankoleksi baju yang ada. Lantas, bagaimana cara membuat capsule wardrobe khusus musim dingin? Simak tips dan rekomendasinya berikut ini.

Tips Membuat Capsule Wardrobe Musim Dingin

Capsule wardrobe bisa diartikan sebagai kombinasi item fashion dengan model timeless yang bisa digunakan kapan pun. Biasanya juga terdiri dari warna – warna netral, sehingga mudah dipadu padankan. Karena tujuan utamanya untuk membatasi pilihan, maka jumlah koleksi pakaian dalam capsul wardrobe harus diminimalisir. Umumnya, hanya terdiri dari 20-30 potong pakaian yang fleksibel digunakan untuk beragam kegiatan dengan style berbeda – beda.

Nah, pembuatan capsule wardrobe ini sendiri sebenarnya sangat fleksibel. Kamu bisa langsung menyiapkan daftar pakaian esensial setiap hari sesuai kebutuhan dan gaya fashion favorit. Merancangnya berdasarkan musim juga bisa. Misalnya, dengan membuat capsul wardrobe khusus musim dingin. Caranya:

  • Pisahkan koleksi pakaian dalam beberapa kategori. Misalnya, memisahkan antara celana, kaus, kemeja, jaket, underwear, dan lain lainnya.
  • Kurasi pakaian dengan mengutamakan fungsinya. Di musim dingin, tentu kamu membutuhkan pakaian tebal dan hangat. Jadi ambil beberapa koleksi outfit-mu yang memenuhi kebutuhan tersebut. Contohnya, jaket dan sweater.
  • Pilih koleksi pakaian berwarna netral. Jika jumlah koleksi pakaian musim dinginmu sangatlah banyak, pilih beberapa pakaian berwarna netral agar mudah dipadu padankan.
  • Lengkapi dengan aksesori fashion yang mendukung, seperti sepatu, kaus kaki, dan tas. Kurasi aksesori yang paling tepat dipakai di musim dingin dan fleksibel dipadupadankan dengan berbagai outfit.

Tengok 15 inspirasi outfit santai pria yang simpel tapi keren di sini.

Rekomendasi Capsule Wardrobe Musim Dingin Untuk Pria

Masih bingung memilih jenis outfit apa saja yang perlu disiapkan selama musim dingin? Sebagai rekomendasi, coba pilih tiga item fashion musim dingin paling dasar, yaitu sweater, jaket, dan sepatu boots.

1. Sweater

Sweater menjadi pilihan outfit terbaik saat musim dingin, karena mampu menghangatkan tubuh dengan baik. Bahannya yang lebih ringan daripada jaket terasa nyaman dipakai waktu santai atau beraktivitas di dalam rumah. Jenisnya juga beragam, mulai dari sweater rajut hingga sweater hoodie. Berikut dua rekomendasi sweater pria untuk pakaian musim dingin.

a. Sweater O Neck Atau Round Neck Atau Crew-Neck Sweater

Jenis sweater ini memiliki bagian leher berbentuk bulat atau menyerupai huruf O yang dilengkapi ribbing atau jahitan sempit. Tampilannya terlihat lebih rapi, simpel, dan cocok dengan berbagai jenis outfit. Pilih yang terbuat dari material kain rajut untuk menghangatkan tubuh selama musim dingin.

b. Oversized Jumper

Jenis sweater oversized juga bisa menjadi outfit musim dingin paling nyaman, terutama saat beraktivitas di dalam rumah. Ukurannya yang lebih besar membuatnya terasa lebih hangat dan bisa digunakan untuk memasukkan kedua telapak tangan. Tampilannya juga terlihat cool dan kekinian.

2. Jaket

Meskipun telah menyiapkan sweater, kamu tetap memerlukan jaket untuk menghangatkan tubuh, terutama ketika cuaca ekstrem. Khusus musim dingin, carilah jaket yang bahannya lebih tebal dan memberikan kehangatan ekstra. Akan lebih bagus jika jaketnya dilengkapi kain berbulu, serta fitur tahan air dan tahan angin. Seperti dua jaket berikut.

a. Harrington Jacket

Harrington jacket style punya ciri khas tampilan kasual praktis dengan ritsleting dan kerah yang tinggi. Biasanya panjangnya hanya sampai sepinggang dan tidak terlalu tebal. Karena itu, jaket ini lebih cocok dipakai saat santai ketika cuaca tidak terlalu ekstrem. Tapi sekarang juga tersedia koleksi jaket harrington khusus musim dingin yang mampu memberi kehangatan ekstra.

b. Puffer Jacket

Selain classic harrington jacket, siapkan juga jaket puffer yang umumnya memang dirancang untuk jaket musim dingin. Tampilannya bervolume, karena biasanya terbuat dari bahan parasut yang membentuk bantalan – bantalan dengan garis jahitan berpola. Jenis ini mampu menghangatkan tubuh secara maksimal, termasuk saat hujan salju dan cuaca ekstrem.

3. Sepatu Boots

Jenis sepatu ini menjadi pilihan alas kaki terbaik untuk dipakai selama musim dingin. Karena umumnya sepatu ini terbuat dari bahan yang tahan air dan mampu menutupi keseluruhan kaki secara maksimal. Seperti dua jenis sepatu boot berikut ini:

a. Hiking Boots

Hiking boot merupakan sepatu boot paling ramping dan tahan lama, sehingga bisa diandalkan kapan pun, termasuk saat musim dingin tiba. Umumnya material pembuat hiking boot juga lebih tebal dan kokoh, sehingga mampu memberikan perlindungan ekstra untuk kaki.

b. Army Boots

Kamu juga dapat memasukkan army boot ke dalam rangkaian capsule wardrobe khusus musim dingin. Yang paling menarik, jenis sepatu boot ini memiliki tampilan yang fleksibel untuk gaya formal dan informal. Kamu dapat memakainya saat hujan, berkegiatan outdoor, atau sekadar jalan – jalan di akhir pekan.

Belanja Pakaian Musim Dingin Terlengkap Di Timberland

Tak perlu khawatir jika belum punya koleksi pakaian musim dingin. Sekarang kamu bisa belanja semua kebutuhan pakaian musim dingin terlengkap dari Timberland, brand fashion klasik asal Amerika Serikat. Merek fashion yang telah berdiri sejak 1973 ini menyediakan beragam pakaian dan aksesori untuk pria dan wanita. Mulai dari kaus, kemeja, celana, jaket, sweater, sarung tangan, kaus kaki, dan sepatu. Bahkan, Timberland  juga dikenal sebagai pelopor sepatu bot tahan air berkualitas tinggi, terutama untuk koleksi winter boots. Berikut rekomendasi produk terbaiknya yang bisa kamu pilih untuk menyempurnakan outfit musim dingin nanti.

1. Men’s Outdoor Archive Water-Resistant Puffer Jacket

Jaket puffer yang dirancang khusus untuk musim gugur dan musim dingin. Terbuat dari material nilon yang ringan dan tahan air. Harga: Rp2.509.723.

2. Men’s Axis Peak Waterproof Jacket

Jaket tahan air yang dilengkapi sistem pelapisan kompatibel dengan lapisan dan insulasi daur ulang. Harga: Rp1.570.347.

3. Men’s Mt. Maddsen Waterproof Hiking Boots

Sepatu boot yang terbuat dari material kulit premium dengan teknologi TimberDry™ yang tahan air. Dilengkapi juga dengan fitur anti kelelahan yang menjadikan kaki lebih nyaman saat memakainya. Harga: Rp1.411.650.

4. Men’s Timberland® Premium 6-Inch Waterproof Boots

Sepatu boot tahan air dengan 400 gram insulasi PrimaLoft® yang hangat dan bebas bulu. Dilengkapi kerah berlapis untuk meningkatkan kenyamanan di sekitar pergelangan kaki dan sol karet lug untuk traksi. Harga: Rp2.638.448.

Gunakan Atome Untuk Berbelanja Di Timberland

Dapatkan koleksi pakaian musim dingin terbaik dari Timberland dengan mengunjungi gerai terdekatnya di kotamu atau belanja secara online di website resminya. Gunakan metode pembayaran Atome saat bayar ke kasir atau online checkout untuk menikmati layanan buy now pay later yang memberi banyak kemudahan. Hadir sejak tahun 2019, Atome memberikan kemudahan sistem pembayaran cicilan tanpa bunga, tanpa DP, dan tanpa biaya admin. Tak seperti layanan kredit pada umumnya, pendaftaran dan pengajuan cicilan Atome sangatlah mudah dan praktis. Cukup daftar menggunakan KTP dan nomor HP, kamu bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% di lebih dari 7.700 toko yang bekerja sama. Rasakan semua keuntungan itu dengan men-download Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: