Blog

Tips Memilih Sepatu Yang Berkualitas Untuk Pria

Jul 16 2021

Sepatu merupakan salah satu fashion item yang sangat penting, baik itu untuk pria maupun wanita. Nah, tahukah kamu kalau serapi dan sekeren apapun penampilanmu tidak akan terlihat bagus dan keren seperti yang kamu kira jika sepatumu tidak bagus?

Banyak yang mengatakan bahwa sepatu memiliki peranan penting dan besar dalam menentukan karakter, sifat, dan kerapian penampilan. Terutama bagi para pria, sepatu dapat menandakan preferensi seorang pria terhadap fashion. Jenis dan kualitas sepatu yang kamu pakai dapat menandakan seberapa tinggi kamu menghargai diri sendiri.

Sepatu memiliki beragam kegunaan.  Mulai dari untuk jalan-jalan, pergi bekerja, ke sekolah, dan lain sebagainya. Untuk kamu para pria nih, agar kamu tidak salah dalam memilih sepatu, kamu bisa memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Pilih Sepatu Yang Sesuai

Sebelum membeli atau menggunakan sepatu, kamu harus menentukan sepatu mana yang sesuai. Kesesuaian ini harus kamu perhatikan berdasarkan kegiatan apa yang akan kamu hadiri. Apakah kamu akan ke acara pernikahan, pergi jalan-jalan, atau ke tempat olah raga.

Meski terdengar sepele, tapi banyak orang yang tidak bisa membedakan kegunaan sepatu ini loh.  Sebagai contoh, sepatu sneaker kamu gunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti olah raga, ke kantor, ke kampus atau jalan-jalan ke mal. Padahal hal tersebut sebaiknya tidak kamu lakukan. Kamu harus memilih sesuai aktivitasmu ya.

Jika ingin pergi jalan-jalan, kamu bisa memilih untuk menggunakan sepatu sneakers. Kamu bisa menggunakan sepatu jenis oxford yang berkesan lebih formal untuk pergi ke kantor, acara pernikahan, atau acara-acara spesial lainnya. Kamu bisa memilih sepatu futsal saat akan bermain futsal. Intinya, pilihlah yang sesuai dengan kegunaannya ya.

2. Pilih Yang Nyaman

Ingat untuk selalu membeli sepatu yang sesuai ukuran. Jangan membeli sepatu yang kamu inginkan tetapi tidak sesuai ukurannya. Jika hal itu tetap kamu lakukan, maka jangan salahkan siapapun jika sepatu yang kamu pakai tidak terasa nyaman saat kamu gunakan. Bahkan, yang paling parah, sepatu yang tidak sesuai ukuran kaki dapat membuat kakimu lecet.

Jika kamu membeli sepatu secara langsung di toko, kamu bisa mencobanya saat itu juga. Namun jika kamu membeli sepatu secara online, maka memilih sepatu dengan ukuran yang pas bisa menjadi hal yang cukup menyita pikiran. Untuk hal ini kamu bisa mengukur kakimu terlebih dulu kemudian menyesuaikannya dengan ukuran sepatu yang tertera dalam deskripsi produk.

Jadi sekali lagi, perhatikan ukuran, lebar, panjang sepatu dan kakimu. Selain itu, pertimbangkan pula bagian-bagian sepatu yang kamu pilih. Seperti insole, outersole, hingga bagian atas sepatu. Jika ini kamu terapkan, maka kamu tidak akan salah dalam memilih sepatu.

Selain itu, perhatikan juga lebar dan bentuk kakimu. Setiap merek sepatu mempunyai panduan ukuran yang berbeda-beda pula. Nah, ini juga harus kamu pertimbangkan. Kebanyakan orang hanya melihat sepatu yang paling pas di kaki mereka. Itu adalah kesalahan yang banyak tidak disadari oleh orang-orang.  Kamu juga harus memastikan kenyamanan sepatu pilihanmu saat kamu gunakan.

3. Pilih Yang Berkualitas

Kualitas sepatu harus menjadi pertimbangan utama yang harus kamu pikirkan. Menilai kualitas sepatu dapat dilakukan dengan melihat jenis bahan sepatu yang digunakan. Misal, sepatu yang terbuat dari kulit sapi asli tentu lebih awet dibandingkan dengan sepatu berbahan kulit sintesis.

Kualitas pasti akan mempengaruhi harga sepatu, di mana sepatu bermerek orisinal yang mahal umumnya lebih awet dibandingkan dengan sepatu tiruan yang murah. Namun, itu tidak menjamin bahwa sepatu yang mahal akan awet. Bertahan lama atau tidaknya sepatu tergantung pada bagaimana cara kamu menggunakan dan merawat sepatu.

Memang tidak semua orang bisa membeli sepatu berkualitas. Namun ada baiknya jika kamu menyisihkan dulu uangmu dan menyimpannya untuk membeli sepatu yang berkualitas daripada membeli sepatu baru dengan kualitas tidak baik. Dengan membeli sepatu berkualitas, baik sadar maupun tidak, kamu akan lebih menghargai dan menjaga sepatumu loh. Karena kamu tahu seberapa tinggi kualitas dan harga sepatu tersebut.

4. Pilih Sesuai Dengan Gaya Berpakaian

Cobalah untuk memadu padankan sepatu dengan celana yang kamu miliki. Hal ini dapat menentukan pantas tidaknya karena posisi sepatu paling dekat dengan celana. Jika kamu ingin menggunakan sepatu fantofel seperti oxford, aturan utamanya yaitu menyesuaikan sepatu pantofel dengan gaya berpakaian.

Jika hal ini sulit kamu lakukan, kamu bisa mengikuti aturan misalnya sepatu yang bagian depannya agak melebar akan terlihat aneh jika kamu menggunakan celana model slim fit atau skinny. Hal ini akan membuat sepatu pantofel terlihat lebih kebesaran. Sedangkan sepatu yang bagian ujungnya lancip akan kurang cocok dikombinasikan dengan celana regular atau celana dengan model lurus.

Oxford sendiri memiliki desain yang simpel dan formal serta elegan. Sepatu dengan desain klasik seperti ini biasanya memiliki warna coklat atau hitam. Sepatu oxford dapat kamu kombinasikan dengan berbagai jenis bahan pakaian. Namun, hindari mengkombinasikan sepatu ini dengan celana jeans. Lebih bagus bila kamu mengombinasikannya dengan bahan kain seperti layaknya sepatu pantofel.

5. Pilih Merek Yang Bagus

Agar penampilan terlihat lebih keren, pilih merek sepatu yang bagus dan berkualitas. Sepatu yang bagus memang terkadang memiliki harga yang lebih mahal. Akan tetapi, sepatu yang bagus bisa menjadi investasi yang bagus pula karena lebih awet dan bisa membuat penampilan kamu terlihat lebih keren. Perbedaan sepatu yang berkualitas dan yang tidak berkualitas terlihat dari segi jahitan dan bahan yang digunakan.

Sepatu-sepatu pria yang memiliki kualitas baik memang dihadirkan dengan harga yang lebih mahal. Tapi kini dengan berkembangnya dunia fashion, banyak pria yang rela mengeluarkan jutaan rupiah untuk sebuah sepatu. Hal ini tidak salah, karena biasanya sepatu-sepatu tersebut juga bisa dijadikan sebagai investasi. Sepatu dengan harga yang mahal biasanya memiliki kualitas yang tahan lama.

6. Pilih Tempat Terpercaya Untuk Membeli

Sebaiknya kamu membeli sepatu yang bagus dan berkualitas di tempat atau di toko yang sudah terpercaya. Di sana kamu akan dibantu oleh asisten toko untuk bisa memilih sepatu yang pas dan tepat. Jangan lupa untuk mengecek kualitas sepatu sebelum membayar. Hindari juga membeli sepatu tidak orisinal atau palsu karena tentu akan memiliki kualitas yang berbeda dari sepatu yang asli.

Untuk mendapatkan produk-produk sepatu yang berkualitas, kamu bisa berbelanja sepatu di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Atome. Atome telah memilih banyak toko untuk bekerja sama, dan toko-toko tersebut adalah toko dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Itu tadi adalah tips membeli sepatu untuk para pria. Dengan mengikuti tips tersebut kamu tidak akan khawatir salah pilih saat menggunakan sepatu. Ikuti tipsnya ya. Dan jangan lupa untuk membeli produk-produk sepatu, khususnya sepatu Oxford di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Atome. Karena dengan begitu, kamu lebih mudah mendapatkan sepatu berkualitas dengan pembayaran yang tentunya juga cukup menguntungkan.