Blog

Tips Memilih Tas Sekolah Buah Hati

Jun 04 2021

Saat buah hati memasuki tahun ajaran baru pasti membutuhkan banyak kesiapan bagi orangtua, terutama dalam memenuhi kebutuhan sekolah mereka, seperti halnya membeli buku tulis, peralatan tulis, seragam, hingga tas sekolah. Namun, dalam membeli peralatan sekolah ini, kamu harus memilih peralatan yang tepat untuk si  buah hati tercinta.

Jangan salah ya, ternyata memilih alat sekolah juga bisa mempengaruhi tumbuh kembang sang anak. Salah satunya adalah tas sekolah. Tas sekolah ini sangat berpengaruh dengan tumbuh kembang si buah hati. Kok bisa?.

Jadi fungsi tas adalah digunakan sebagai tempat penyimpanan barang dan buku selama memenuhi kebutuhan buah hati di sekolah. Namun pernahkah kamu berpikir jika tas sekolah tersebut memiliki kelebihan beban? Yaps, tas dengan kelebihan beban bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius untuk buah hati tercinta.

Tas yang dipakai anak kecil dengan kelebihan muatan bisa mengganggu kesehatan anak, terutama dalam tumbuh kembang mereka. Kelebihan berat pada tas bisa menyebabkan resiko gangguan kesehatan anak yang sangat serius.

Bahaya Kelebihan Muatan Tas Anak

Jenis tas ransel sangat cocok untuk digunakan anak sekolah. Namun siapa sangka jika jenis tas yang satu ini bisa membahayakan mereka. Tas dengan kelebihan muatan bisa menyebabkan masalah pada otot punggung, leher, ataupun bahu.

Dampak dari penggunaan ransel ini ternyata sangat serius lho. Dampak tersebut jika dibiarkan lama-lama bisa sangat membahayakan tumbuh kembang si kecil di kemudian hari. Biar kamu lebih tahu dampaknya apa saja, yuk kita perhatikan beberapa dampak akibat kelebihan muatan pada tas anak:

– Saat posisi tubuh menunduk pada saat buah hati menggunakan ponsel bisa menyebabkan ketegangan otot dan iritasi yang terjadi pada tulang belakang dan tulang rusuk.

– Di masa perkembangan dan pertumbuhan, bahaya ransel bisa menyebabkan kurangnya keseimbangan si anak. Ini dapat menyebabkan mereka lebih mudah terjatuh.

Memilih Tas Sekolah Yang Tepat

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut? Mengingat bahwa tas sekolah ini sangat penting untuk kebutuhan si buah hati.

Untuk mengatasinya, kamu harus memilih jenis tas ransel yang sangat cocok untuk mereka agar tidak mengenai otot punggung, leher, ataupun bahu. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Pilihlah tas punggung

Tanpa disadari, banyaknya berbagai macam tas bisa menyebabkan kesalahan keseimbangan dalam tubuh. Misalnya saja dengan menggunakan tas selempang, bisa membahayakan pertumbuhan anak. Tas selempang membuat seluruh beban yang dimiliki bertumpu pada pundak. Ini menyebabkan ketidakseimbangan di dalam tubuh anak sehingga jika terlalu lama digunakan akan membahayakan mereka.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih dan menggunakan tas punggung. Tas punggung bisa membantu, dan menjadi salah satu opsi untuk mengurangi rasa sakit pada punggung anak. Sehingga bisa sangat seimbang ketika digunakan.  

2. Pilih tas yang beroda

Menggunakan tas beroda juga sangat pas untuk mengatasi permasalahan ini. Tas beroda bisa mengurangi beban yang ada di punggung sang anak. Sehingga penggunaan tas ini tidak akan memicu sakit punggung pada sang anak.

3. Gunakan tas dengan baik dan benar

Sebagai orangtua yang baik kamu harus memastikan dan mengecek tas buah hati kamu dengan baik dan benar. Atur tali tas setidaknya 5 cm di atas pinggang. Jika tas yang ada pada buah hatimu memiliki sabuk pinggang, maka kamu bisa mengencangkan dengan baik.

Jangan gunakan tas ransel yang hanya menggunakan satu bahu saja. Ini dapat memicu ketegangan otot pada anak sehingga sangat sulit untuk mengimbanginya. Jika terus menerus digunakan, maka akan mengganggu tulang rusuk dan tulang punggung sang buah hati yang lama kelamaan akan menyebabkan ketegangan otot sampai kejang otot yang terjadi pada anak.

4. Pilihlah bentuk tas dan tali yang tepat

Hal yang harus kamu perhatikan berikutnya adalah harus memilih bentuk tali yang tepat. Pilihlah tali pundak yang agak lebar dan tentunya memiliki bantalan yang empuk. Jika ingin yang lebih aman, pilihlah tali yang memiliki rangka plastik. Rangka plastik dinilai bisa membantu membagi beban yang ada di dalam tas. Sehingga jika digunakan oleh anak kecil, komponen ini mampu membuat si anak merasa nyaman saat membawa tasnya.

5. Gunakan tas ransel yang tepat

Banyak hal yang harus diperhatikan jika menggunakan ransel. Meskipun tas ransel sangat aman, namun tas ini juga bisa menyebabkan cedera lho. Untuk itu, kamu harus memperhatikan penggunakan tas ransel jika penggunaannya tidak benar.

6. Masukkan peralatan yang dibutuhkan saja

Sebagai orangtua, tentunya kamu harus mengecek peralatan yang dibawa oleh anak. Untuk itu, ada baiknya jika kamu harus mengontrol barang apa saja yang dibawa agar tidak kelebihan muatan. Pastikan bahwa peralatan yang dibutuhkan hanya digunakan pada itu saja untuk menghindari nyeri yang ada pada tubuh anak.

Memilih tas anak tentunya tak bisa asal-asalan ya. Kamu harus memperhatikan dengan sangat baik. Namun jika kamu bingung dalam membelinya, kamu bisa memilih tas dengan review yang bagus dan menarik.

Untuk membeli tas ini sekarang banyak sekali kemudahan lho. Kamu bisa membelinya di berbagai store di pusat perbelanjaan terdekat. Di sana kamu bisa membayarnya dengan menggunakan Atome. Atome dapat memudahkan kamu dalam bertransaksi karena memberikan keringanan dalam membayar. Atome bisa memberikan cicilan tiga bulan atau enam bulan tergantung dengan kebutuhan kamu. So, berbelanja dengan Atome benar-benar sangat memudahkan kamu deh. Tunggu apalagi, yuk langsung berbelanja.