Blog

Tips Merawat Kuku Agar Cantik Dan Sehat

Oct 08 2021

Para wanita, siapa yang tak suka jika kukunya terlihat cantik? Hal yang perlu kamu ketahui, bahwa kuku yang cantik saja tidak cukup loh. Karena untuk mendapatkan kuku yang cantik, kamu juga memerlukan kuku yang sehat. Memiliki kuku yang cantik dan sehat merupakan hal yang diinginkan setiap wanita. Jadi, untuk mendapatkan kuku yang cantik dan sehat, kamu perlu mengikuti tips-tips di bawah seperti berikut ini:

Olesi Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak dengan sejuta manfaat. Kandungan minyak zaitun ini juga dapat membantu memperkuat jaringan pada kuku sehinga mampu menjaga kesehatan kuku.

Cara perawatannya cukup mudah, yaitu dengan menghangatkan minyak zaitun, lalu oleskan pada kuku menggunakan cotton bud. Diamkan selama 15-20 menit, setelah selesai bilas menggunakan air hingga bersih. Ingat ya, oleskan minyak zaitun ke seluruh kuku kamu dengan cutton bud, diamkan kemudian bilas dengan air sampai bersih. Cukup mudah bukan?

Bersihkan Kuku Dengan Garam Dapur

Timbul titik-titik kuning atau putih di ujung kuku? Bisa jadi itu jamur kuku, loh! Kamu bisa manfaatkan garam dapur untuk merawat kuku kamu agar kuat dan terhindar dari jamur kuku. Caranya rendam kuku kamu secara rutin di air hangat yang telah dicampurkan dua sendok garam selama lima sampai sepuluh menit. Senyawa asam dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur kuku.

Gunakan Sarung Tangan Karet Saat Sedang Mencuci Piring

Terlalu lama terkena air dapat menyebabkan kuku kamu menjadi lunak dan lemah, sehingga mudah patah. Salah satu cara untuk menghindarinya ialah dengan selalu menggunakan sarung tangan saat mencuci piring. Hal ini karena kuku menyerap air lebih cepat dari kulit.

Gunakan Aloevera

Ingin mendapatkan kuku yang berkilau? Kamu bisa menggunakan lidah buaya. Oleskan lidah buaya yang sudah dibelah ke setiap kukumu. Lendir lidah buaya mampu melembabkan kembali kuku yang dehidrasi. Selain itu, lendir lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada tepi kuku lho! Selain membuat kuku berkilau, lidah buaya juga berfungsi untuk melembabkan tepi kukumu.

Jadi jika kalian memotong kuku terlalu dalam hingga terasa perih, maka yang harus dilakukan adalah mengoleskan lendir lidah buaya. Luka dapat cepat sembuh, sekaligus merawat kuku agar tetap sehat. Cara penggunaannya yaitu dengan menggosokkan lidah buaya yang telah dibelah pada kuku dan daerah sekitarnya. Kelembapan dan kilau kuku pun akan kembali.

Rendam Kuku Dengan Air Jeruk

Selain menggunakan lidah buaya, untuk mendapatkan kuku yang berkilau, cara merawat kuku yang satu ini juga bisa kamu lakukan. Caranya, siapkan air hangat dan campurkan perasan jeruk. Rendam kukumu ke dalam air jeruk selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket.

Potong Kuku Secara Teratur

Memotong kuku pada dasarnya ialah untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri. Kuku yang panjang menyimpan bakteri jauh lebih banyak. Pastikan peralatan yang kamu gunakan bersih ya!

Memotong kuku secara teratur dapat membantu kamu terhindar dari risiko kuku patah, sehingga membuat kuku tetap kuat dan sehat. Selain itu, memiliki kuku panjang juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan. Saat memotong kuku, usahakan untuk menggosok dengan lembut bagian tepi kuku agar tidak melukai kulit saat bersentuhan.

Konsumsi Suplemen Biotin

Jika kamu memiliki kuku yang lemah atau rapuh, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter ya.  Dokter biasanya akan memberikan suplemen biotin untuk memperkuat kuku. Suplemen ini  merupakan salah satu vitamin B yang mampu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu fungsi sistem saraf tubuh.

Tak hanya suplemen, biotin juga bisa ditemukan dalam ikan sarden, telur matang, dan kacang-kacangan. Selain beberapa cara di atas, perawatan kuku cantik juga bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi air putih yang cukup, menggunakan alas kaki yang nyaman, dan menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

Pastikan Kuku Selalu Dalam Keadaan Bersih dan Kering

Setelah mencuci tangan atau melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan kamu basah, pastikan untuk selalu mengeringkan kuku dan membersihkan sela-sela kuku dengan sikat yang lembut. Hal ini dapat mencegah infeksi bakteri dan jamur pada kuku cantik kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring, untuk mencegah kuku terpapar bahan kimia keras dan berbahaya. Jika kuku menunjukkan tanda-tanda terinfeksi jamur, oleskan tea tree oil untuk mengatasinya. Kamu juga dapat mencampurkan tea tree oil ini dengan minyak kelapa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Oleskan Pelembap Pada Kutikula

Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Namun perlu kamu ingat, jangan terlalu berlebihan dalam merawat kutikula ya. Hindari mendorong atau mengupas kutitula, karena bisa merusak dan membuat kuku terinfeksi bakteri atau jamur.

Pilihlah Salon Kuku Yang Tepat

Bila kamu memutuskan untuk melakukan perawatan kuku di salon, pilihlah salon kuku yang berlisensi dan terjaga kebersihannya ya. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri atau jamur pada kuku saat sedang perawatan.

Selain beberapa cara di atas, perawatan kuku cantik juga bisa kamu lakukan dengan memilih produk perawatan kuku dan juga kutek dengan kualitas yang bagus. Kamu juga bisa menggunakan kutek dengan selotip agar kukumu lebih terawat dengan baik.

Nah, setelah membaca artikel mendapatkan kuku yang cantik dan sehat di atas, sebagai pelengkap informasi dari kami, kamu bisa membeli produk kuku seperti kutek dan sejenisnya di Zalora. Zalora menjual berbagai jenis kutek dan segala macam hal yang cantik untuk kuku kamu. Yuk, belanja di Zalora dengan mengunjungi www.zalora.co.id, dan gunakan Atome dengan bunga 0%-nya untuk belanja yang menyenangkan.