Blog

Tips Mudah Memilih Rak TV Minimalis

Apr 15 2021

Ruang keluarga adalah salah satu spot terbaik untuk berkumpul bersama keluarga. Ruangan yang nyaman, rapi dan bersih akan menambah kehangatan tersendiri. Kesan rapi akan terlihat jika susunan barang, meja dan kursi ditata dengan baik. Kerapihan dalam rumah sangatlah penting untuk memberikan kesan kenyamanan saat ngobrol, nonton film ataupun bercanda.

Buat kamu yang memiliki ruang sempit tapi ingin semua barang tertata rapi termasuk TV, tenang saja, karena kami akan memberikan beberapa tips memilih rak atau meja TV yang sesuai dengan kebutuhanmu. Perlu diketahui dalam mencari meja TV yang berkualitas dengan harga terbaik, kamu perlu usaha yang maksimal. Banyaknya pilihan dengan kualitas bahan masing-masing membuat kita bingung, ditambah harganya yang bervariasi.  Pemilihan jenis meja TV atau rak TV harus berdasarkan dengan kapasitas ruangan keluarga kamu.

Jenis meja TV ada dua, yang pertama meja TV yang dilengkapi dengan laci dan rak. Jenis meja TV ini cukup ideal untuk ditempatkan di kamar ataupun ruang keluarga. Karena kapasitas penyimpanan yang luas bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai jenis barang.

Yang kedua, jenis meja TV yang hampir mirip dengan rak, disebut dengan rak TV. Dibanding dengan meja TV, dalam bentuknya rak TV sangat minimalis dan modern tetapi tidak memiliki banyak tempat penyimpanan seperi meja TV. Jadi, keberadaan rak TV sangat cocok untuk kamu yang memiliki ruangan minimalis.

Meja TV Bahan Kayu

Dari dulu sampai sekarang, kayu biasa digunakan dalam pembuatan perabot rumah tangga. Selain memiliki nilai seni yang tinggi, kayu yang dijadikan perlengkapan rumah tangga memiliki kualitas yang baik serta tahan lama.

Produsen kayu yang sudah banyak mengeluarkan produk-produk rumah tangga berkualitas ada di Jepara. Kualitas kayu jati Jepara sudah terkenal ke pelosok negeri, bahkan sampai ke luar negeri. Perabot rumah tangga yang berbahan dasar kayu perlu mendapatkan perawatan yang maksimal agar tampilannya selalu terlihat baru dan tidak kusam.

Ada beberapa jenis kayu yang dipakai dalam pembuatan perabot rumah tangga yang sudah terkenal ada kayu jati, kayu mahoni, dan kayu sengon. Masing-masing jenis kayu memiliki tekstur yang berbeda-beda. Jenis kayu full ada pada kayu jati, kayu jati yang sudah diolah menjadi perabot rumah tangga akan memiliki nilai seni tinggi karena biasanya kayu jati selalu ditambah dengan ukiran serta pahatan pada setiap bagiannya. Tidak salah jika harganya lumayan mahal karena kuantitas akan mengikuti kualitas barang. Bobot dari kayu jati juga biasanya berat, dan bentuknya yang besar cocok untuk ruangan dengan ukuran besar.

Tetapi perlu diperhatikan, pemakaian unsur kayu yang berlebihan bisa merusak alam, karena kayu diambil dari pohon-pohon yang ditebang secara ilegal. Meskipun ada beberapa perusahaan yang memiliki sertifikat legal, tetap saja pemakaiannya yang berlebihan tanpa ada solusi menanam kembali akan membuat lingkungan rusak.

Untuk kamu yang tetap ingin menambahkan unsur kayu di ruangan minimalis, kamu bisa memilih  jenis kayu lapis. Jenis kayu ini sudah diolah oleh pabrik sehingga sangat ramah lingkungan karena pengambilan seratnya hanya sedikit di setiap produk. Cara perawatannya juga cukup mudah, dan lebih murah harganya, serta model-modelnya juga sudah dimodifikasi menjadi minimalis modern. Namun kekurangannya adalah daya tahan produk ini sangat rentan, tidak sekuat kayu utuh.

Meja TV Bahan Kaca

Di pasaran, perabot dengan bahan dasar kaca cukup laris dan banyak diminati oleh masyarakat, walaupun memiliki kekurangan mudah pecah. Sementara jenis kaca yang dipergunakan ada yang bening dan ada pula yang kombinasi. Jenis kaca bening adalah jenis yang netral di kelasnya, karena cocok diletakan di berbagai set ruangan.

Berbeda dengan jenis kaca lain yang sudah ditambahkan dengan warna atau ornamen, jenis kaca yang sudah dimodifikasi ini terlihat lebih modern, sangat cocok digunakan untuk ruangan minimalis, yang mana keberadaannya akan memperindah ruanganmu.

Kelebihan bahan kaca adalah mudah dibersihkan, karena untuk merawatnya cukup dilap dengan menggunakan kain bersih yang basah. Sementara kekurangan dari bahan jenis kaca ini adalah mudah pecah dibandingkan dengan bahan kayu atau marmer. Sehingga bahan kaca ini tidak disarankan untuk kamu yang memiliki anak kecil.

Meja TV Kombinasi Kaca dan Kayu

Desain modern dan etnik sangat cocok menggambarkan kedua kombinasi bahan ini. Desain kombinasi kaca dan kayu ini mudah ditemukan di toto-toko mebel atau furniture. Warnanya yang netral dan elegan sehingga cocok untuk diletakkan di ruangan minimalis atau ruangan besar. Kamu juga bisa meminta bentuk dan model sendiri di toko-toko furniture yang melayani kebutuhan ini.

Meja TV Bahan PLastik

Jika budjet kamu sangat pas, lebih baik kamu memilih meja TV dengan bahan dasar plastik. Meskipun keberadaannya tidak setenar bahan kayu dan kaca, namun sangat dicari-cari oleh penggemarnya. Bentuknya yang sederhana dan minimalis cocok sekali untuk ruangan mungilmu.

Meja TV Minimalis dengan Laci

Buat kamu yang memiliki barang-barang kecil yang sulit dirapihkan, meja TV dengan banyak laci ini solusinya. Space penyimpanan yang banyak akan memudahkan kamu dalam menyusun barang-barang koleksi kamu seperti, buku, majalah, atau pajangan.

Set Meja TV Minimalis dan Rak Buku

Buat kamu yang hobi membaca tapi ingin santai di ruang keluarga, desain meja TV ini bisa kamu gunakan. Desainnya yang multifungsi bisa untuk menyimpan koleksi-koleksi buku kamu, selain tentunya juga akan mempercantik penataan ruang kelurgamu menjadi lebih elegan.

Semoga dengan tips-tips yang sudah dijelaskan di atas bisa membantu kamu dalam menata ruang keluarga. Pastikan desain yang cocok untuk kamu aplikasikan pada ruangan rumahmu, jangan sampai hanya karena salah penataan meja malah mengurangi keindahan ruang keluargamu.