Blog

Trik Belanja Online Dengan Metode Pembayaran Cicilan

Sep 09 2021

Tren belanja online sudah lama muncul, namun masih ada beberapa orang yang tidak pernah melakukannya. Biasanya karena banyaknya kekhawatiran bahwa belanja online tidak sebaik belanja langsung di toko. Itu tidak benar ya, guys. Belanja online itu banyak keuntungannya. Namun tentu saja kamu harus tahu trik dalam melakukannya dengan tepat. Oh iya, kamu juga bisa berbelanja online dengan metode pembayaran cicilan nih.

Metode pembayaran cicilan juga tersedia secara online. Atome adalah aplikasi cicil yang bisa kamu pakai untuk berbelanja online. Tanpa perlu bayar bunga sepeser pun, tidak ada juga biaya administrasi, serta cicilanmu juga tidak akan terasa sulit. Yuk, kita simak terlebih dulu trik belanja online!

1. Berbelanja Di Situs Terkemuka Yang Terpercaya

Trik yang paling utama tentu saja memilih online shop yang tepat nih, guys. Jangan sembarangan pilih yang abal-abal hanya karena harganya yang lebih murah. Bisa-bisa itu hanyalah situs penipuan ataupun situs yang menjual barang palsu loh. Pada nantinya malah kamu akan menyesal bukan?

Dengan Atome, kamu bukan hanya bisa melakukan metode pembayaran cicilan, tetapi kamu juga bisa langsung menuju ke online shop yang terpercaya lewat website ataupun aplikasi Atome loh. Atome sudah bekerja sama dengan lebih dari 1500 brand ternama untuk berbagai kebutuhan. Jadi kamu tidak perlu khawatir untukk menemukan barang yang kamu butuhkan.

2. Sebisa Mungkin Hindari Gunakan Wi-Fi Yang Bisa Dipakai Oleh Publik

Nah, ini nih yang masih biasa dilakukan banyak orang dengan alasan ingin berhemat. Jika kamu ingin menonton film ataupun men-dowload file-file, tentu saja memakai wi-fi publik dapat meringankan beban kuotamu. Tapi berbelanja online tidaklah membutuhkan kuota yang sebegitu besarnya. Atau kamu pun bisa melakukannya saat di rumah temanmu yang memiliki wi-fi.

Sebenarnya pilihan terbaik adalah melakukannya saat kamu sedang berada di rumahmu. Bukankah terasa lebih santai dan tidak terburu-buru? Kamu bisa lebih menikmati waktu belanja online-mu. Rasanya sekarang ini memiliki wi-fi sendiri di rumah bukanlah suatu hal yang aneh lagi. Mengingat kamu bisa melakukan berbagai hal dengan wi-fi, apalagi di saat pandemic Covid19 seperti sekarang ini. Bukankah banyak kelas online dan work from home yang dilakukan di rumah?

Kamu juga bisa membeli router wi-fi lewat JD.ID loh, salah satu online shop yang bekerja sama dengan Atome. Ada berbagai macam wireless wi-fi maupun modem wi-fi yang tersedia di sana. Dan tentu saja dengan Atome kamu bisa melakukan metode pembayaran cicilan tanpa bunga.

Sebenarnya alasan yang paling mengerikan dalam menggunakan wi-fi publik adalah adanya hacker-hacker nakal yang bisa saja mencuri identitasmu lewat koneksi wi-fi yang menghubungkan. Bukan saja bisa mengambil alih akun online shop-mu, tapi data-data yang telah kamu masukkanpun bisa mereka peroleh. Yang paling sering dicuri antara lain adalah nama, alamat rumah, email address, nomor telepon, nomor rekening, dan nomor rekeningmu. Menyeramkan bukan?

3. Pilih Kata Sandi Yang Kuat Saat Melakukan Registrasi Akun Online Shop

Ini juga merupakan trik yang penting bagi kamu. Banyak sekali orang yang menyepelekan ini dan memakai password yang mudah ditebak dengan alasan agar tidak lupa. Zaman sekarang ini hacker sudah sangat pintar dan jumlahnya pun meningkat, dan mereka juga memiliki teknik sendiri dalam meretas password-mu. Maka dari itu akan lebih bijak agar kamu membuat password-mu lebih sulit ditebak dan agak complicated.

Password seperti tanggal lahirmu sangatlah tidak disarankan. Dengan mudahnya seorang hacker bisa mendapatkan informasi kelahiranmu dan mencobanya sebagai password. Sudah banyak kejadian hacker yang melakukannya dan korbannya kehilangan banyak uang. Karena itulah kamu harus lebih berhati-hati dan detail dalam membuat password di akun yang membutuhkan informasi finansialmu.

Memakai berbagai password yang berbeda untuk berbagai online shop yang kamu pakai sangatlah dianjurkan. Buatlah sesuatu yang hanya kamu ketahui. Menulis list kata sandi di dalam note smartphone-mu juga merupakan hal yang baik. Jangan tulis judul kalau itu adalah list kata sandi ya. Dan pisahkan ke dalam beberapa note, jangan sebutkan juga situs webnya. Ingat, kamu harus memproteksi smartphone-mu dengan baik juga ya, agar hanya kamu yang bisa mengaksesnya.

4. Hati-Hati Terhadap Penipuan Yang Mengatasnamakan Online Shop

Hal ini merupakan hal yang biasanya sudah sering terjadi nih. Tidak hanya online shop, pastinya kamu juga pernah menerima sms-sms aneh yang berbau penipuan bukan? Nah, penipuan yang mengatasnamakan online shop yang kebetulan kamu gunakan bisa sangat berbahaya loh, guys. Mengapa? Ya, karena kamu memakai online shop tersebut, kamu pun percaya bahwa sms atau email tersebut memang benar dari pihak resmi online shop. Kamu pun dengan mudahnya memberikan informasi pribadimu.

Selalu berhati-hatilah dengan kontak yang tiba-tiba datang, mengaku dari pihak resmi dan meminta berbagai data pribadi kamu. Tidak ada customer service yang melakukan hal tersebut. Biasanya saat kamu ada masalah dan kamu menelepon ke customer service yang resmi (sesuai dengan kontak yang ada di situs web-nya), maka di situ kamu akan diminta menyebutkan nama dan data pribadi lainnya. Namun pada saat itu, data sensitif seperti password tidaklah diminta.

5. Teliti dengan Informasi Pembelian Yang Kamu Lakukan Dan Melacaknya

Trik terakhir yang tidak kalah penting adalah mengetahui dengan detail informasi pembelian yang telah kamu lakukan serta terus melacaknya. Mengapa? Karena saat terjadi masalah tertentu dengan pengiriman, kamu bisa dengan mudah dan cepat menunjukkan bukti-bukti yang telah kamu terima. Saat ingin me-refund pembelian, kamu juga akan memerlukan bukti pembelian tersebut.

Maka dari itu, setelah kamu melakukan pembelian, simpan detailnya di tempat yang aman. Tanda terima, nomor konfirmasi pesanan kamu dan nomor pelacakan yang disediakan penjual, akan sangat berguna, guys. Jangan sembarangan membuang atau menghapusnya ya!

Trik-trik yang sangat membantu bukan? Jadi sekarang kamu tidak usah merasa tidak yakin lagi jika ingin mulai belanja online. Perhatikan saja trik-trik di atas dengan baik ya! Sekarang kamu bisa langsung coba belanja online lewat metode pembayaran cicilan di Atome loh. Caranya sangat mudah dan cepat. Download saja aplikasi Atome dan lakukan registrasi, kamu bisa mulai belanja deh. Dengan bunga 0 persen, banyaknya brand ternama yang bekerja sama dan tanpa biaya administrasi lain, Atome adalah pilihan yang tepat untuk metode pembayaran cicilan kamu!