Blog

Trik Jitu Masak Bubur Bayi Lezat Anti Gagal

Aug 23 2021

Saat memiliki buah hati yang sudah memasuki usia 6 bulan, pastinya kamu bingung ‘kan makanan apa sih yang cocok untuk dia? Apakah makanan tersebut cukup bergizi untuk tubuh mereka atau tidak? Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan pastinya membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) yang sangat penting untuk tubuh mereka.

Sebagai seorang ibu dan orangtua, kandungan makanan bayi kamu harus benar-benar diperhatikan dengan baik.  Jangan sampai kamu salah memilih metode atau makanan yang cocok untuk bayi kamu. Untuk membuat bubur bayi, sebenarnya tidak rumit sama sekali lho. Kamu bisa menggunakan bahan, alat sederhana, serta makanan dengan gizi yang tinggi agar bisa diterima oleh bayi kamu.

Sebagai orangtua yang cerdas, kamu bisa memilih tips MPASI yang baik buat kamu. Kamu bisa membuat makanan dari bahan makanan yang ada. Misalnya seperti sayur bayam, jagung, hingga berbagai varian daging, ikan, dan ayam.

Pastikan semua bubur bayi tersebut bisa memenuhi gizi dengan seimbang. Maksudnya, di dalam kandungan bubur tersebut sudah ada kandungan karbohidrat (nasi, umbi-umbian, mi, oatmeal), protein hewani (ikan, daging, telur, ayam), protein nabati (tempe, tahu, kacang), serta vitamin dan serat yang berasal dari buah dan sayur.

Agar kamu tidak bingung lagi dalam mengolah makan bayi, berikut adalah tips cerdas memasak bubur bayi yang super tasty. Mau tau kayak gimana aja? Let’s check it out!

1. Jangan Masak Terlalu Lama

Untuk memasak bubur bayi, pastikan jangan terlalu lama. Kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan akan hilang apabila terlalu matang. Apalagi sayuran, kamu harus bisa mengolahnya dengan baik mulai dari mencuci, diolah secara dikukus, dan tidak boleh langsung direbus.

Untuk mendapatkan tekstur yang halus, makanan bayi yang sudah dikukus bisa dihancurkan dengan menggunakan saringan atau blender. Proses seperti ini juga bisa kamu lakukan untuk bahan makanan lain, seperti daging atau ikan. Dengan begitu kamu tidak perlu masak terlalu lama atau overcooked.

2. Jangan Pakai Gula Dan Garam

Lidah bayi masih sangat sensitif. Bayi belum bisa merasakan rasa. Misalnya saja penggunaan gula dan garam dalam makanan. Kedua bahan ini kurang pas jika digunakan di dalam makanan. Akan lebih baik jika kamu menambahkan bumbu rempah sebagai perasa untuk bayi kamu. Atau bisa juga kamu menambahkan dengan bawang putih, bawang merah, serta bahan rempah lain yang memiliki manfaat baik bagi tubuh si kecil.

Beberapa penelitian membuktikan, bayi yang sudah mengalami MPASI akan jauh lebih baik bila tidak menggunakan garam sebagai perasa. Akan lebih baik jika ditambahkan dengan keju atau butter jika ingin memberikan rasa gurih di dalam makanan.

3. Pastikan Makanan Matang Sempurna

Meskipun makanan tidak overcooked, namun makanan yang diberikan haruslah makanan yang sudah matang sempurna. Makanan yang belum matang juga kurang baik untuk kesehatan bayi. Bayi bisa mengalami diare karena makanan tersebut mengandung bakteri salmonella. Wah, bahaya banget tuh kalau sampai tidak diperhatikan dengan sangat baik.

Saat masih bayi, pemberian telur setengah matang juga harus dihindari, karena ini sangat membahayakan kesehatan bayi. Dikhawatirkan hal ini karena bisa jadi makanan tersebut mengandung bakteri salmonella typhosa, sehingga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh bayi.

4. Simpan Bubur Bayi Dalam Freezer

Biar makin praktis saat mengolah makanan, kamu bisa menyimpan bubur yang sudah kamu buat di lemari es. Namun perlu diingat sebelum kamu membuat makanan tersebut, pastikan komposisi makanan yang ada di bubur tersebut sudah sesuai dengan tekstur dan kebutuhan bayi.

Sebelum memberikan bubur tersebut kepada bayi, kamu wajib mengeluarkan bubur tersebut di dalam lemari es atau freezer. Setelah berhasil kamu keluarkan, kamu bisa menghangatkan bubur tersebut dengan steamer atau pemanas elektrik. Jika sedang dalam kondisi bepergian, kamu bisa merendamnya dalam panci yang berisi air panas.

5. Barengi Dengan Mengkonsumsi Buah

Agar serat di dalam tubuh bayi bisa terpenuhi, kamu bisa membarenginya dengan memberikan buah. Buah sebagai salah satu cemilan yang memiliki rasa manis dan lezat. Apalagi buah juga bisa dihaluskan sebelum dikonsumsi si buah hati. Yummy!

6. Masak Sesuai Dengan Menu Keluarga

Biar memasak lebih nyaman dan tanpa ribet, kamu bisa membarengi masak dengan menu keluarga. Pilih bahan yang kamu gunakan untuk memasak menu keluarga bebarengan dengan menu si bayi.

Misalnya saja nih kamu masak sop ayam, kamu bisa memasak sop ayam dalam versi mini untuk baby kamu. Setelah itu haluskan semua bahan yang ada di dalamnya. Jadi super simpel banget ‘kan? Yang dewasa bisa makan sop ayam pakai sambal, sedangkan si baby juga bisa merasakan MPASI full gizi.

7. Gunakan Alat Masak Yang Sesuai

Memasak bubur bayi harus disertai dengan peralatan yang mudah buat digunakan. Kamu bisa menggunakan slow cooker untuk memasak lebih mudah dan nyaman. Dengan menggunakan slow cooker ini, kamu bisa dengan mudah memasak bubur tanpa harus diaduk. Semua varian bubur bayi bisa kamu sajikan hanya dengan menggunakan mesin ini nih. Jadi sangat memudahkan kamu banget deh. Ibu senang bayi pun kenyang.

Alat masak bubur bayi seperti ini bisa kamu dapatkan hanya di iStyle. Berbagai model dan pilihan menarik bisa kamu dapatkan di sini lho. Harga dan kualitasnya dijamin memuaskan. Semua bisa dengan mudah kamu dapatkan di sini. Apalagi kalau kamu bayar dengan Atome. Wah, bakal banyak diskon yang diberikan lho. Apalagi di bulan Agustus ini ada promo PAHLAWAN buat para pengguna baru dan pengguna setia Atome. Yuk, buruan beli!