Blog

Wajib Tahu Jenis-Jenis Dompet Wanita Dan Cara Memilihnya

Nov 12 2021

Bagi wanita, dompet adalah hal yang tidak bisa terpisahkan. Selain fungsinya yang untuk menyimpan uang, kartu identitas, atau kadang ponsel, dompet juga merupakan aksesori yang mendukung penampilan mereka saat pergi keluar. Tahukah kamu kalau ternyata dompet untuk wanita memiliki beragam jenis, bentuk, warna, dan ukuran? Selain itu, ternyata fungsi dari masing – masing jenis dompet ini juga berbeda loh! Penasaran? Yuk, simak apa saja jenis dompet wanita dan bagaimana cara memilih dompet wanita yang tepat.

Jenis – Jenis Dompet Wanita

Sebelum mengenal beberapa hal penting tentang cara memilih dompet wanita mana yang cocok dengan kamu, kita cari tahu dulu jenis – jenisnya yuk!

1. Flap Wallet

Jenis dompet yang pertama adalah flap wallet. Tipe dompet ini seringkali tidak memiliki zipper. Ukurannya yang ringkas biasanya hanya muat untuk uang dan kartu – kartu saja. Meski tak muat banyak, flap wallet cocok sekali untuk dibawa di dalam tas yang kecil karena tidak terlalu memakan tempat.

Dompet flap ini ada yang berukuran mini maupun yang berukuran panjang. Dompet flap yang berukuran mini bisa kamu simpan di saku belakang celana seperti dompet pria. Dompet flap biasanya didominasi material dari kulit dan memiliki banyak tempat untuk kartu – kartu. Dompet flap juga akan terlihat chic saat kamu bawa tanpa tas, misalnya ketika makan siang di kantor.

Pada umumnya, flap wallet tidak dilengkapi dengan ritsleting, melainkan kancing magnet sehingga lebih mudah untuk dibuka maupun ditutup. Jadi, bisa dikatakan bahwa kelebihan dari dompet wanita model yang satu ini adalah ringan dan praktis saat dibawa di dalam tas.

2. Wristlet

Jenis dompet wanita berikutnya adalah jenis wristlet. Diambil dari kata “wrist” yang berarti pergelangan tangan, yakni dompet yang didesain untuk bisa dilingkarkan pada pergelangan tangan.

Sebuah ide yang memikirkan estetika dan menunjang penampilan seorang wanita bukan? Dompet wristlet juga bisa menyimpan banyak barang seperti flap wallet, bahkan terkadang wristlet wallet bisa disamafungsikan dengan tas.

Model dompet yang satu ini berukuran lebih besar dan mirip dengan handbag. Dengan begitu, kamu dapat menyimpan banyak benda – benda kecil di dalamnya, sehingga bisa dikatakan dompet yang satu ini cukup multifungsi saat digunakan. Model wristlet biasanya menggunakan strap maupun tali untuk memudahkan kamu saat membawanya.

3. Compact Wallet

Salah satu model yang umum digunakan oleh para wanita adalah compact wallet. Istilah compact wallet ini mencerminkan desain dompet yang simpel, kokoh, dan dilengkapi ritsleting di sekelilingnya. Ukuran dompet model ini pun cukup bervariasi, mulai dari yang berukuran panjang atau mini. Selain itu, compact wallet dapat menjaga uang yang kamu simpan agar tidak terlipat karena bentuknya yang persegi panjang.

4. Dompet Koin

Dompet ini didesain hanya memiliki satu kantong utama, yang memang khusus digunakan untuk menyimpan koin. Namun tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa menyimpan benda selain koin di dalamnya selama muat.

Bentuk dompet koin sangat beragam, ada yang dibuat cute menyerupai bentuk hewan, ada yang berbentuk simpel, hingga ada pula yang didesain dengan style elegan seperti dompet koin dari bahan kulit. Biasanya dompet ini sering dibawa untuk berbelanja ke pasar atau supermarket. Selain itu dompet ini sangat bermanfaat bagi anak – anak untuk menyimpan uang belanja koin mereka.

5. Dompet Kartu

Sesuai dengan namanya, jenis dompet wanita yang satu ini digunakan sebagai tempat penyimpanan kartu – kartu penting. Terdapat beberapa slot yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan kartu. Jika kamu ingin menyimpan uang kertas di dalam dompet ini, sebenarnya tidak disarankan karena akan membuat uang jadi terlipat.

6. Dompet Korea

Salah satu jenis dompet wanita yang saat ini sedang naik daun, yaitu dompet Korea. Dinamakan sebagai dompet Korea karena desainnya yang terinspirasi pada fashion dan style wanita – wanita Korea. Ada pula yang dikarenakan memang langsung diimpor dari negeri Ginseng tersebut. Bila kamu ingin tampil seperti wanita Korea, maka dompet Korea dapat kamu jadikan pilihan.

Setelah kita bahas mengenai jenis – jenis dompet wanita di atas, yuk sekarang kita bahas bagaimana cara yang tepat untuk memilih dompet – dompet tersebut.

  • Pilih Bahan Yang Berkualitas

Sebelum membeli dompet, pastikan kamu tahu bahan apa yang dipakai untuk dompet pilihanmu tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan daya tahan dari dompet tersebut. Ada aneka bahan yang bisa dipakai untuk membuat dompet. Namun yang paling dikenal awet dan tahan lama adalah bahan dari kulit asli, yakni kulit binatang.

Dompet kulit untuk wanita akan makin membuatnya terlihat modis. Bahannya tahan terhadap tekanan, dan juga gesekan. Meski perlu perawatan ekstra namun dompet bahan kulit lebih awet dipakai. Dengan berbagai keunggulan tersebut tak heran jika dompet kulit harganya jauh lebih mahal dari dompet bahan lainnya.

  • Pilih Ukuran Yang Sesuai

Sebelum membeli dompet, kamu wajib mempertimbangkan ukurannya. Dengan menentukan barang apa yang akan kamu bawa, maka kamu bisa menentukan seberapa besar ukuran dompet yang akan kamu pilih.

Sesuaikan ukuran dompet dengan kebutuhan kamu. Bila memang butuh membawa banyak barang maka pilih dompet yang besar. Sebab jika dompetnya terlalu kecil maka bisa – bisa dompet jadi terkesan menyembul dan tak nyaman dibawa. Tapi, hindari membeli dompet yang kebesaran ya. Karena dompet yang terlalu besar bisa jadi sampah aneka kertas struk dan bahkan bisa juga jadi tempat kaca serta sisir yang kadang memberatkanmu.

  • Pilih Yang Memiliki Banyak Ruang

Mengingat banyaknya model dompet wanita yang dijual, kamu bisa memilihnya berdasarkan kompartemen atau ruang yang tersedia. Di mana, kompartemen yang banyak bisa memungkinkan kamu menyimpan benda – benda secara rapi dan aman. Misalnya saja, terdapat bagian khusus untuk menyimpan koin dan juga kartu – kartu penting. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mencarinya  ketika dibutuhkan karena masing – masing telah terletak pada bagiannya.

  • Pilih Warna Netral

Masalah warna dompet juga tak bisa diremehkan. Sebelum membeli dompet, kamu sebaiknya menyesuaikan agar warna dompetnya sesuai dengan kepribadian kamu. Ini supaya dompet bisa juga mewakili karakter kamu. Namun, jika kamu ingin dompet yang dapat kamu gunakan untuk berbagai acara, sebaiknya kamu memilih dompet dengan warna – warna netral. Warna – warna netral tersebut seperti hitam, cream, cokelat, atau warna – warna nude.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai ragam jenis dompet wanita dan bagaimana cara memilih dompet wanita yang tepat untukmu. Untuk pilihan dompet yang bervariasi, kamu bisa membeli dompet di Sophie Martin. Untuk pembelian yang mudah, kamu bisa berbelanja melalui website-nya di www.sophiemartinindonesia.com. Tersedia beragam dompet pilihan yang berkualitas untuk kamu pilih di sana, dan jangan lupa untuk membayarnya dengan menggunakan metode pembayaran dari Atome ya!