Blog

Yoga sebagai sarana “Me Time” dan tips melakukannya

Aug 16 2022

Seiring dengan banyaknya kesibukan sehari – hari, banyak orang kesulitan meluangkan waktu untuk diri sendiri alias me time. Padahal, me time bermanfaat untuk refleksi, relaksasi, dan mengembalikan semangat setelah berkutat dengan berbagai pekerjaan. Lagi pula, me time ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan murah loh! Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga, seperti yoga. Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara meluangkan waktu bagi diri sendiri serta banyaknya manfaat yoga yang perlu kamu coba.

Cara Meluangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Di tengah – tengah padatnya jadwal pekerjaan dan rutinitas sehari – hari, kamu tetap bisa meluangkan waktu bagi diri sendiri untuk bersantai dan recharge energi. Caranya:

  • Jadwalkan waktu khusus dalam sehari untuk melakukan hal – hal yang kamu sukai. Misalnya, jogging di pagi hari, baca buku sebelum tidur, dan lain lainnya.
  • Sisihkan waktu setiap minggu untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan, misalnya pergi ke bioskop, hangout bersama teman, mengikuti kelas musik, dan aktivitas lainnya yang kamu sukai.
  • Beristirahatlah saat membutuhkannya. Ingat, jangan memforsir tenaga dan waktu terus – terusan. Luangkan beberapa menit untuk bersantai dengan mengambil napas dalam – dalam, peregangan, atau mendengarkan musik yang menenangkan.
  • Lakukan meditasi untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta melepaskan pikiran agar lebih rileks.
  • Rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Sebagai rekomendasi, lakukan yoga sebagai olahraga yang melibatkan postur fisik dan latihan pernapasan, serta sejalan dengan latihan meditasi untuk relaksasi.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Yoga

Yogaadalah olahraga tubuh dan pikiran yang merupakan praktik kuno dari India. Olahraga ini terdiri dari sistem latihan fisik dan mental yang dirancang untuk menyelaraskan kesehatan jiwa dan raga. Karena itulah, yoga bisa menjadi pilihan me time terbaik untuk menenangkan pikiran sekaligus meningkatkan kesehatan. Saat ini terdapat beberapa jenis yoga, mulai dari yoga hatha hingga kung fu yoga. Masing – masing jenis yoga punya tujuan dan gerakan yang berbeda – beda. Tapi umumnya, semua gerakan yoga berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta teknik pernapasan yang teratur. Tak perlu banyak perlengkapan khusus untuk berlatih yoga. Kamu hanya memerlukan pakaian olahraga, matras yoga, ruangan yang tenang, serta beberapa alat tambahan, seperti yoga strap dan yoga block.

Kelebihan Dan Kekurangan Yoga

Latihan yoga yang tepat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.  Jika dilakukan secara rutin, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat yoga berikut ini.

  • Manfaat yoga untuk kesehatan fisik: Membantu melancarkan sirkulasi darah, mengurangi nyeri sendi, menurunkan kadar gula darah, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Latihan yoga juga dapat membantu meningkatkan kebiasaan makan sehat dan menurunkan berat badan.
  • Manfaat yoga untuk kesehatan mental: Membantu mengurangi stres, memperbaiki mood, meningkatkan kualitas tidur, dan mempertajam ingatan.

Di samping memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, latihan yoga ternyata juga bisa beresiko menimbulkan beberapa efek samping jika tidak dilakukan secara tepat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Komplikasi glaukoma yang terjadi akibattekanan berlebih di belakang bola mata. Biasanya terjadi karena gerakan yoga yang membuat tubuh terbalik, seperti headstand dan shoulderstand.
  • Peningkatan tekanan darah, jika tidak dilakukan dengan teknik pernapasan yang tepat.
  • Cedera punggung akibat kurang pemanasan atau melakukan gerakan – gerakan tertentu yang terlalu dipaksakan.

Jenis – Jenis Senam Yoga

Jenis – jenis yoga sangatlah beragam, baik dari pola gerakan, tujuan latihan, dan peralatan yang dibutuhkan. Berikut beberapa jenis yoga terpopuler di dunia.

1. Yoga Hatha

Yoga Hatha adalah jenis yoga untuk pemula, karena gerakannya tergolong sederhana. Jenis yoga ini lebih mementingkan penyelarasan latihan fisik dan pernapasan, bukan mengedepankan kecepatan. Sehingga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh  dan mengurangi kecemasan.

2. Yoga Ashtanga

Yoga Ashtanga cukup menantang dengan sinkronisasi pernapasan dan beberapa gerakan untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Jenis yoga ini cocok untuk kamu yang atletis dan tidak direkomendasikan bagi pemilik otot dan sendi yang lemah.    

3. Yoga Bikram

Yoga Bikram terdiri dari dua rangkaian pernapasan dan 26 gerakan. Yoga ini harus dilakukan di ruangan panas dengan suhu kurang lebih 40,6 derajat celcius dan kelembaban sekitar 40 persen. Cocok untuk menghasilkan keringat berlebih, membakar kalori, dan detoksifikasi racun dalam tubuh.

4. Yoga Kundalini

Yoga Kundalini mengombinasikan antara latihan gerakan, postur, pernapasan, dan meditasi. Jenis yoga ini menggunakan teknik pernapasan yang cepat dengan gerakan yang cukup menguras tenaga. Bermanfaat untuk peningkatan tenaga, terutama di bagian bawah tulang belakang.

Cara Memilih Jenis Yoga Yang Tepat Untuk Diri Sendiri

Dari berbagai jenis yoga, kira – kira manakah jenis yoga yang terbaik untuk kamu? Jangan memilihnya secara asal – asalan. Pertimbangkan beberapa tips berikut ini:

  • Ketahui tujuanmu memulai yoga. Tiap jenis yoga punya tujuan yang berbeda – beda. Jadi, sebelum menentukan jenisnya, ketahui apa yang menjadi tujuanmu berlatih yoga. Apakah ingin menghilangkan stres, latihan kelenturan, memperbaiki postur tubuh, menurunkan berat badan, atau yang lainnya.
  • Sesuaikan dengan kemampuan. Jika baru mengenal yoga, lebih baik mulai dari kelas yoga untuk pemula, misalnya yoga Hatha. Seiring meningkatnya pemahaman dan kemampuan, kamu bisa coba jenis yoga lainnya yang lebih kompleks.
  • Berkonsultasi dengan trainer profesional. Supaya tidak salah pilih jenis yoga, coba konsultasi dan diskusikan dengan trainer yoga profesional.
  • Ikuti kelas percobaan (trial class) di gym atau studio yoga terdekat dan rasakan pengalaman melakukan latihan tersebut.

Tips Melakukan Yoga Yang Baik

Ikuti beberapa tips berikut agar bisa latihan yoga secara aman dan mendapatkan banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan.

  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Lakukan peregangan pada leher bahu, kaki, lutut, dan tulang belakang untuk menghindari cedera. Pastikan melakukan sewajarnya dan tidak melakukannya secara berlebihan.
  • Jangan memaksakan diri terlalu keras. Mulai dari memilih jenis yoga sesuai kemampuan dan pelajari setiap pose secara perlahan. Jangan berambisi langsung mahir, tapi lakukan semuanya demi kebugaran fisik dan pikiran.
  • Bernafaslah dalam – dalam. Di samping latihan kelenturan, ingat untuk tetap fokus pada teknik pernapasan. Sesulit apapun posenya, pastikan selalu bernapas dengan stabil agar dapat menyuplai oksigen dan memberikan energi lebih.
  • Usahakan tetap terhidrasi. Minum air putih setiap sebelum dan sesudah sesi yoga agar tubuh tetap berenergi. Setidaknya minum 2-3 gelas air minum sebelum latihan.
  • Akhiri sesi yoga dengan relaksasi. Caranya, lakukan latihan pernapasan, relaksasi otot progresif, dan visualisasi. Tujuannya agar tubuh lebih rileks dan mengurangi kecemasan.

Yoga Bersama Osbond Gym!

Kini tidak perlu bingung mencari trainer atau kelas yoga terbaik. Ikuti kelas yoga di Osbond Gym yang menyediakan dua jenis kelas, yaitu Basic Yoga dan Hatha Yoga. Siapa saja boleh ikut, bahkan seorang pemula sekalipun. Osbond Gym mempunyai banyak kelebihan, di antaranya adalah:

  • Trainer profesional yang telah berpengalaman dan bersertifikat.
  • Peralatan lengkap dan modern dari brand – brand internasional terbaik.
  • Personalisasi kesehatan untuk menentukan program terbaik sesuai kebutuhan.
  • Fokus pada kesehatan, mulai dari pelaksanaan program hingga tracking progress.
  • Dukungan 24 jam untuk konsultasi.

Dapatkan semua manfaat yoga untuk kesehatan fisik dan mental dengan latihan sekarang juga. Supaya hasilnya maksimal, lebih baik ikuti kelas yoga bersama instruktur berpengalaman dari Osbond Gym yang akan membantumu berlatih dari nol. Kunjungi klub terdekat dan daftar member-nya sekarang juga. Gunakan aplikasi Atome untuk menikmati layanan buy now pay later saat bertransaksi di Osbond Gym. Dapatkan fasilitas cicilan cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin yang bisa kamu cicil dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Kamu juga berkesempatan menikmati berbagai promo spesial dan voucher diskon eksklusif dari Atome dan 6.500 merchant lainnya yang bekerja sama. Makanya, download Atome sekarang juga dan ikuti semua media sosialnya untuk update info promo terbaru.

Main keywords of the article: