Blog

Yuk Cari Tahu Manfaat Tabir Surya Dan Apa Saja Jenisnya

Jul 09 2021

Sudahkah kamu menggunakan tabir surya? Jika belum gunakanlah tabir surya mulai dari sekarang ya! Mengapa harus sekarang juga? Karena tabir surya memiliki begitu banyak fungsi dan manfaat untuk kulitmu. Kamu belum tahu? Yuk, simak penjelasan mengenai apa saja manfaat dari tabir surya berikut ini.

Menjaga Kesehatan Kulit

Protein yang penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit seperti kolagen, keratin, dan elastin rentan rusak karena paparan sinar ultra violet. Jika kulit terus-menerus terpapar sinar ultra violet tanpa perlindungan apa pun, kerusakan bisa sampai ke tingkat DNA. Maka gunakanlah tabir surya untuk melindunginya.

Kulit wajah yang terlindungi dengan tabir surya secara keseluruhan akan terjaga kesehatannya karena semua lapisan kulit terlindungi, baik bagian luar maupun dalamnya. Selain itu, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya biasanya ikut membantu merawat kulit dengan melembapkan atau menangkal paparan polusi.

Sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan tabir surya dengan spektrum yang luas untuk memberi perlindungan ganda. Pada umumnya dengan SPF (Sun Protection Factor) untuk perlindungan terhadap sinar UVB dan PA (Protection Grade) untuk perlindungan terhadap sinar UV A. Untuk di Indonesia, sebaiknya pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan PA minimal +++ untuk perlindungan maksimal terhadap sinar UV.

Mencegah Munculnya Flek Hitam

Flek hitam juga termasuk efek buruk dari paparan sinar matahari berlebihan. Kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan tabir surya. Tabir surya memang tidak sepenuhnya membuat kulit kamu terhindar dari penggelapan warna kulit, namun jika rutin digunakan setiap 2 jam sekali, dapat menghindarkan terjadinya penggelapan kulit dan munculnya flek-flek hitam di wajah kamu.

Mencegah Kulit Terbakar

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menjadikan kulit terbakar, di mana warna kulit jadi kemerahan atau bahkan cokelat terbakar. Kulit yang mengalami kondisi ini dapat terasa perih saat disentuh. Saat kulit terbakar, kulit berada dalam kondisi lemah dan mudah terserang bakteri. Pengaruh cuaca yang panas juga akan membuat kulit terbakar menjadi iritasi, gatal-gatal, dan meradang sampai membuat tubuh demam. Hindari hal ini dengan rutin menggunakan tabir surya.

Oleh karena itu, penting untuk melindungi kulit dengan baik agar terhindar dari efek buruk paparan sinar matahari. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tabir surya.

Mencegah Penuaan Dini

Kulit yang terkena paparan sinar matahari terlalu lama dapat mengalami proses penuaan dini yang lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh serat kolagen dan lapisan dermis kulit yang rusak akibat sinar matahari yang berlebihan.

Tabir surya dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus. Studi menunjukkan bahwa orang-orang di bawah usia 55 yang rutin menggunakan tabir surya memiliki risiko mengalami penuaan dini 24 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak pernah menggunakan tabir surya.

Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Paparan sinar matahari memiliki efek jangka panjang terhadap kulit, yaitu menyebabkan kanker kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak materi genetik sel kulit sehingga pertumbuhan kulit jadi tak terkendali dan berakibat kanker kulit.

Sel kulit yang rusak karena terpapar sinar UV A jika tidak bisa diperbaiki oleh tubuh secara alami akan berkembang menjadi tumor. Sementara sinar UV B dapat memicu kanker kulit, salah satunya adalah melanoma. Penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah melanoma ini.

Setelah mengetahui manfaatnya, yuk perhatikan juga jenis-jenis tabir surya. Berikut adalah macam-macam jenis dari tabir surya:

Cream Sunscreen

Jika tipe kulit kamu sensitif, sebaiknya hindari chemical sunscreen karena physical sunscreen lebih cocok untuk kulitmu. Tabir surya jenis ini tidak akan menembus ke dalam kulit, sehingga sering disebut sebagai sunblock. Itulah mengapa, risiko kulit iritasi akan lebih kecil bila kamu menggunakan tabir surya jenis ini.

Gel Sunscreen

Tabir surya bertekstur gel mudah kering dan menyerap pada kulit, dengan hasil akhir matte cenderung satin. Gel sunscreen memang termasuk yang paling nyaman digunakan sehari-hari, biasa juga digunakan sebagai alas makeup. Tabir surya tipe ini cocok untuk kamu dengan tipe kulit berminyak atau acne-prone.

Colored Sunscreen

Colored sunscreen atau yang sering disebut juga tinted sunscreen memang pilihan tepat buat kamu yang tidak suka berlama-lama di depan kaca. Dilengkapi dengan pigmen warna, tabir surya jenis ini juga bisa berperan sebagai make up. Kamu tidak lagi perlu menggunakan bb cream atau foundation saat akan beraktivitas di luar rumah, tentunya dengan rasa aman.

Spray Sunscreen

Bila ingin yang lebih praktis, kamu dapat memilih spray sunscreen untuk sehari-hari. Namun, bila kamu memiliki kulit kering dan sensitif, sebaiknya hindari tabir surya yang satu ini, karena kandungan alkohol di dalamnya. Kamu pun tidak ingin menggunakannya untuk bermain-main di pantai, karena spray sunscreen tidak bersifat waterproof.

Pemakaian tabir surya, baik yang berbentuk krim, gel, lotion, maupun spray sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Jenis-jenis tabir surya di atas bisa kamu beli di Sephora. Di Sephora terdapat beberapa jenis tabir surya sebagai berikut:

1. Shiseido Men Clear Stick UV Protector. Tabir surya ini merupakan jenis colored sunscreen.

2. Gradual Self-Tanning Face Gel. Merupakan tabir surya yang berjenis gel.

3. SUPERGOOP! 100% Mineral Sunscreen Mist SPF 30 adalah tabir surya berjenis spray sunscreen.

4. SUPERGOOP! CC Screen 100% Mineral CC Cream Broad Spectrum Sunscreen SPF 50 PA+++ merupakan salah satu tabir surya berjenis cream sunscreen.

Tabir surya dapat melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari yang dapat mengganggu kulitmu. Kamu wajib mengunakan tabir surya untuk menghindarkan diri dari bahaya-bahaya yang dapat menyerang kulit. Belilah tabir surya di Sephora berdasarkan jenis kulit kamu. Kamu bisa membeli tabir surya di Sephora menggunakan Atome agar transaksimu lebih cepat dan mudah. Selamat berbelanja!