Blog

Yuk, Kenali Tipe-Tipe Kulit Agar Wajahmu Semakin Glowing

Sep 02 2021

Apakah kamu pernah mendengar istilah normal to dry skin? Yap, istilah tersebut merupakan istilah yang digunakan untuk untuk mengidentifikasi salah satu tipe kulit. Secara umum, tipe kulit sendiri terbagi atas 5 tipe kulit. Adanya perbedaan tipe kulit ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang bagaimana merawat masing-masing tipe kulit tersebut. Apakah kamu sudah tahu apa saja 5 tipe kulit secara umum tersebut? Untuk tahu lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut!

1. Tipe Kulit Normal (Normal Skin)

Tipe kulit ini merupakan kondisi kulit yang memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak. Artinya, wajah kamu terlihat biasa saja, tidak terlalu berminyak tetapi tidak kering juga. Ciri umum dari kulit dengan tipe normal ini yaitu kulit halus dan pori-pori hampir tidak terlihat. Selain itu, kulit dengan tipe normal juga bertekstur elastis dan kenyal, dan tidak terlalu sensitif.

Tetapi ada hal yang perlu kamu ingat nih, memiliki tipe kulit normal bukan berarti terhindar dari masalah kulit ya. Setiap tipe atau jenis kulit memiliki masalahnya masing-masing. Hal ini juga tergantung bagaimana cara kamu merawatnya. Keuntungan dari memiliki tipe kulit normal adalah pada saat kamu memilih skincare.

Memilih skincare untuk tipe kulit normal memang lebih mudah dibandingkan dengan pemilihan skincare pada tipe-tipe lainnya. Jika kamu memiliki tipe kulit normal, secara umum kamu perlu menggunakan cleanser, moisturizer, dan sunscreen sebagai perlindungan untuk kulit. Sedangkan untuk perawatan tambahan, kamu bisa menggunakan serum yang mengandung antioksidan, agar kulit normal kamu tetap terjaga.

2. Tipe Kulit Kering (Dry Skin)

Ciri-ciri dari kulit wajah kering adalah memiliki tampilan permukaan kulit yang terlihat kasar, pucat, bersisik, dan kusam, serta kurang elastis. Ciri paling mudah untuk mengidentifikasi tipe kulit ini adalah jika menggunakan makeup cenderung mudah cracking. Kulit wajah tipe kering dapat tampak mengelupas dan elastisitasnya berkurang sehingga bisa mengakibatkan cracks dan mudah keriput. Semua permasalahan kulit tersebut terjadi karena rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan terluar pada kulit, sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering dan mudah pecah-pecah.

Perawatan yang tepat untuk kulit tipe ini adalah menggunakan gently atau creamy cleanser, dan moisturizer yang mengandung sunscreen. Untuk kulit tipe ini, jangan membeli cleanser yang mengandung alkohol atau fragrance ya. Dan gunakan exfoliator 1 kali dalam seminggu, untuk mengangkat sel kulit mati kamu.

3. Tipe Kulit Berminyak (Oily Skin)

Tipe selanjutnya yaitun tipe kulit berminyak atau oily skin. Tipe kulit yang satu ini bisa dibilang tipe kulit yang paling mudah untuk dideteksi. Orang dengan tipe kulit berminyak biasanya memiliki tampilan wajah yang terlihat mengkilap, cenderung licin, berkomedo dan memiliki pori-pori wajah yang tergolong besar. Selian itu, ciri lain dari kulit tipe berminyak ini adalah sering berjerawat.

Kulit wajah mengkilap pada kulit berminyak dikarenakan produksi minyak atau sebum yang berlebih. Sebum berlebih jika dibiarkan dan tidak dirawat dapat menyebabkan kulit semakin berminyak, pori-pori tersumbat, dan membuat kulit rentan muncul jerawat. Tingkat produksi minyak atau sebum yang berlebih ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetis atau turunan, perubahan hormon, atau stres.

Keuntungan memiliki kulit dengan tipe ini adalah tidak mudah keriput karena rendahnya tingkat kemunculan kerutan di wajah. Penggunaan skincare yang tepat untuk kulit tipe berminyak adalah memilih produk yang tidak mengandung minyak dan non-comedogenic. Tipe kulit berminyak juga tetap harus menggunakan moisturizer ya, agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Perlu kamu ingat, bahwa kulit yang terhidrasi dan kulit yang berminyak adalah dua hal yang berbeda ya. Selain itu, sebaiknya gunakanlah exfoliator 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa gunakan juga serum antioksidan dan sunscreen yaa.

4. Tipe Kulit Kombinasi (Combination Skin)

Sesuai dengan namanya, tipe kulit kombinasi adalah paduan antara kulit kering dan kulit berminyak. Biasanya, orang dengan kulit wajah kombinasi memiliki kulit berminyak di zona T, yaitu area dagu, hidung, dan dahi. Sedangkan pada area pipi memiliki kulit yang kering.

Perawatan yang tepat untuk tipe kulit ini adalah menggunakan mild cleanser dan menggunakan moisturizer. Gunakan yang medium-weight ya, dan carilah produk yang tidak mengandung alkohol. Jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen dan exfoliator 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Selain berfungsi untuk mengangkat kulit mati, exfoliator  juga bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi komedo pada wajahmu. Merawat kulit kombinasi memang perlu usaha lebih, dikarenakan kondisi wajah terdiri dari perpaduan kondisi kulit. Tetap sabar dan semangat ya untuk merawatnya!

5. Tipe Kulit Sensitif (Sensitive Skin)

Ciri paling mudah untuk mengetahui tipe kulit ini adalah rentan mengalami alergi atau iritasi, ruam, dan mudah bereaksi terhadap faktor tertentu, baik itu makanan, cuaca, lingkungan, atau produk perawatan wajah yang tidak cocok. Jika kamu memiliki tipe kulit ini, kamu harus hati-hati saat memakai produk karena akan mengakibatkan kemerahan dan perih pada wajah jika tidak cocok. Kulit wajah sensitif juga mudah kering, terkelupas, terasa perih, atau bahkan memerah.

Untuk orang yang memiliki tipe kulit sensitif ini, pastikan kamu menggunakan produk perawatan wajah yang tepat dan baiknya dikonsultasikan pada dokter spesialis kulit supaya tidak semakin parah. Perawatan yang tepat untuk kulit tipe ini adalah memilih produk skincare khusus untuk kulit sensitif. Mulai dari cleanser, moisturizer hingga sunscreen. Pilih semua produk yang memang diperuntukkan bagi kulit sensitif ya.        

Seorang dokter kulit mengatakan bahwa tipe kulit secara umum memang terbagi atas 5 tipe tersebut. Akan tetapi untuk pengidentifikasian lebih lanjut, tipe kulit terdiri dari 16 tipe. Salah satunya adalah normal to dry skin. Tipe kulit ini adalah tipe kulit normal yang lebih cenderung ke tipe kulit kering. Tipe kulit normal to dry skin memiliki ciri hampir mirip dengan tipe kulit normal, tetapi memiliki masalah yang dialami oleh tipe kulit kering.

Itu tadi adalah penjelasan tentang tipe-tipe kulit secara umum. Kulit kamu termasuk pada tipe yang mana nih? Perlu diingat, bahwa apapun tipe kulitmu akan tetap sehat jika kamu melakukan perwawatan yang tepat. Beda jenis kulit, beda juga produk skincare yang dipakai dan cara merawatnya. Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat adalah dambaan setiap wanita, kenali kulitmu dan rawatlah dengan teratur ya!

Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah produk perawatan kulit dari All Young. Dengan memilih All Young sebagai rangkaian skincare kamu, kamu bisa mendapatkan rangkaian produk skincare terbaik dari para dermatologist yang dibuat mengunakan bahan alami yang bebas alkohol, paraben, dan juga parfum. Kamu bisa menggunjungi kanal resmi All Young untuk mendapatkan produknya ya.

Kamu bisa mendapatkan cicilan 0% jika berbelanja produk di All Young menggunakan metode pembayaran dari Atome. Atome telah bekerjasama dengan banyak produk skincare dan juga banyak brand sehingga transaksi belanjamu jadi lebih mudah. Yuk, belaja di All Young menggunakan Atome. Dijamin deh, pasti menguntungkan!