5 Tips Merawat Sandal Kulit Agar Tidak Cepat Rusak Dan Bau

by Yen Fatahila

Nov 01 2021

Sandal berbahan kulit memang selalu menjadi pilihan banyak orang. Bisa dibilang sih sandal model ini adalah timeless, yaitu model yang tak kunjung padam. Jenis sandal ini biasanya sangat disukai oleh banyak orang karena bisa bikin tampilan penggunanya makin keren. Selain itu, sandal dengan bahan kulit ini biasanya memiliki ketahanan dan keelastisan yang baik. Sandal kulit yang bagus biasanya bisa bertahan lama.

Karena keunggulannya tersebut, harga yang menyertai sandal berbahan kulit ini biasanya relatif mahal. Jadi kalau kamu memilikinya, kamu harus bisa dan mau untuk melakukan perawatan yang maksimal terhadapnya. Karena kalau tidak disertai dengan perawatan yang maksimal, hal ini akan membuat masalah di sandal kamu, yang berujung menjadi cepat rusak.

Untuk melakukan perawatan sandal kulit yang tepat, kamu harus terlebih dahulu mengetahui jenis sandal kulit kamu tersebut. Membedakan jenis sandal kulit ini merupakan hal yang penting, dikarenakan setiap jenis sandal kulit memiliki cara yang berbeda dalam perawatannya.

Bagaimana sih cara yang tepat untuk merawat sandal kulit dengan tepat agar tidak cepat rusak dan bau?

1. Hindarkan dari kelembapan

Sandal kulit tidak bisa berada di daerah yang memiliki kelembapan yang berlebih. Karena kalau terlalu lembab, hal ini akan membuat kulit di sandal tersebut menjadi rusak. Makanya, kalau sandal kulit kamu basah atau terkena air, segera angin-anginkan dengan maksimal. Tapi harus diingat juga, jangan sampai kamu keringkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, karena kasus seperti ini yang biasanya membuat kulit sandal kamu menjadi kering dan retak.

2. Pakai gel silika ketika disimpan

Saat menyimpan sandal kulit kamu, jangan lupa beri tambahan gel silika ke dalam box sandal kulit kamu. Gel silika merupakan jenis alat yang dapat menyerap kelembapan dari udara yang ada di sekitar tempat penyimpanan. Kondisi udara yang lembap ini bisa menyebabkan bakteri, jamur, dan perubahan warna pada sandal. Makanya harus diberi gel silika agar tidak berjamur. Kalau kamu bisa merawat sandal kulit dengan bagus, yakin deh sandal kulit kamu tidak bakal bau dan terbebas dari jamur yang sering ada pada sandal kulit.

3. Jangan simpan dengan plastik

Buat kamu yang suka menyimpan sandal kulit dengan plastik, mulai sekarang harus dihindari ya. Sandal yang disimpang dengan plastik akan membuat warnanya menjadi semakin pudar. Tidak hanya itu saja, plastik yang membungkus juga bisa membuat ketahanan sandal menjadi lebih rapuh. Akibatnya bisa membuat kualitas sandal kulit menjadi kurang bagus.

Jadi, untuk lebih amannya, kamu bisa menyimpannya dengan menggunakan dust bag untuk menyimpan sandal kulit tersebut. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk mempertahankan kualitas dan warna kulit sandal, jadi sangat pas dan sesuai sekali sebagai tempat penyimpanan sandal kulit.

4. Simpan dengan rapi di rak sepatu

Kunci aman ketika menyimpan sandal kulit adalah menyimpan di tempat yang tertata dan rapi. Dengan menyimpan dan merawat sandal kulit kamu dengan baik, maka akan membuat sandal kamu menjadi lebih awet ketika digunakan. Dan tidak hanya itu saja, ketika kamu menata rapi sandal kulit kamu, maka akan membuat sandal kulit kamu tidak tergesek dengan lainnya. Alhasil tidak akan membuat noda baret yang permanen di sandal kulit kamu.

Oh ya, jangan lupa untuk memberi pengganjal saat menyimpannya. Hal ini untuk bisa mempertahankan bentuk sandal kulit kamu dengan baik. Selain itu, pengganjal tersebut bisa berfungsi untuk menyerap kelembapan dan bau juga.

5. Rajin menyemir sandal

Meskipun ini hanyalah sandal, namun kamu bisa melakukan perawatan layaknya sepatu. Yaps, sandal dengan bahan dasar kulit ini akan tambah awet dan tetap keren jika kamu semir secara teratur. Kamu harus menggunakan semir sepatu yang memiliki warna mirip dengan sandal kulitmu. Jangan lupa kamu harus menyemir sandal kulit kamu secara satu arah. Tujuannya adalah untuk membuat sandal kulit kamu menjadi lebih bagus ketika digunakan.

Memang bukan hal yang mudah melakukan perawatan pada sandal kulit. Karena walaupun hanya sandal, namun tidak ada salahnya ‘kan kalau dilakukan perawatan dengan tepat dan benar? Selain awet, sandal yang dirawat dengan bagus akan mempermudah kamu untuk bisa tampil tetap maksimal. Apalagi dengan OOTD yang pas nih, makin keren deh penampilan kamu!

Untuk mendapatkan sandal kulit keren dan menawan, kamu bisa mendapatkannya di www.buccheri.com. Sandal produk Buccheri sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Semua produk dari Buccheri ini merupakan produk yang benar-benar asli terbuat dari kulit dan dibuat oleh para pengrajin terbaik. Kamu bisa menikmati berbelanja di Buccheri melalui online ataupun offline, karena Buccheri telah tersebar di seluruh Indonesia.

Jadi bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan melakukan perawatan pada sandal kulit? Makanya, buruan dapatkan sandal kulit terbaik hanya di Buccheri. Banyak promo dan diskon yang bisa kamu dapatkan juga di sana lho. Apalagi kalau kamu pakai Atome untuk melakukan pembayarannya. Duh, dijamin makin hemat deh proses transaksi kamu di sana. Karena bukan hanya memberikan beragam promo menarik, produk yang kamu inginkan tersebut ternyata bisa kamu cicil sebanyak 3 atau 6 kali dengan bunga 0% saat menggunakan Atome. Untuk informasi diskon dan ketentuan lainnya, kamu bisa banget kunjungi www.atome.id. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan informasi terkini di Instagram Atome lho. Yuk, guys, buruan belanja!

First Order up to 10% off
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia cooperates PT Atome Finance Indonesia which is licensed and supervised by Otoritas Jasa Keuangan

Consumer Complaints Service
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Directorate General of Consumer Protection and Orderly Commerce
Ministry of Trade of the Republic of Indonesia
Whatsapp Directorate General of PKTN: 0853 1111 1010