Blog

5 Tips Merawat Sepeda Lipat Agar Berumur Panjang

Jan 25 2022

Di zaman yang serba canggih ini, ternyata sepeda masih digandrungi oleh semua generasi, dari baby boomers hingga gen-Z. Sepeda pun ada berbagai model, dari yang kurang terkenal hingga yang sangat populer. Beberapa model sepeda yang populer yaitu mountain bike, road bike, onthel, fixie, bicycle motocross, hybrid, tandem, listrik, hingga sepeda lipat.

Kali ini kami akan membahas khusus untuk sepeda lipat, tentang gimana tips merawatnya agar bisa berumur panjang. Karena ternyata sepeda lipat perlu perawatan ekstra ketimbang sepeda model biasa. Sudah penasaran? Kalau gitu langsung kita menuju tips pertama!

1. Perhatikan Cara Dan Lokasi Penyimpanan

Kita mulai dari yang paling dasar dulu, yaitu cara dan lokasi penyimpanan yang baik dan benar. Memangnya tidak bisa ya kita lipat lalu taruh di gudang saja? Tidak semudah itu, Ferguso!Kalau gitu kita bahas mulai dari cara menyimpannya dulu ya.

Cara menyimpan sepeda lipat tentu harus dilipat dulu. Maka kamu harus mengetahui cara melipat sepeda dengan benar. Sebenarnya caranya cukup ikuti petunjuk kemasan, tapi pada umumnya ada 5 teknik melipat yaitu breakaway, magnet, triangle hinge, vertical, hingga half folding. Nah, kemungkinan sepeda lipatmu menggunakan salah satu teknik yang kami sebutkan tadi.

Setelah melipat dengan benar, pilih cara penyimpanan sesuka hati, bisa dengan digantung, disandarkan ke tembok, atau diletakkan di dudukan sepeda lipat. Apapun pilihanmu, bungkus sepeda dengan kain, plastik, atau wadah sepeda lipat agar tidak berdebu.

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan lokasi penyimpanan. Jangan simpan di tempat yang kotor, berdebu, atau basah. Jika kamu ingin menyimpannya di gudang atau bagasi, pastikan tidak ada kotoran dan air yang menggenangi area penyimpanan. Hal ini menjadi sangat penting agar sepeda semakin awet dan tidak mudah rusak.

2. Jaga Tekanan Ban

Ban termasuk salah satu elemen penting bagi sepeda lipat. Maka kamu harus menjaga dan merawat ban agar tidak cepat rusak atau robek. Selain menjaga kebersihan dan menjauhi medan berbahaya, menjaga tekanan ban juga salah satu cara penting. Terus, gimana cara mengetahui tekanan ban sepeda yang sesuai?

Umumnya, ban ada tiga jenis, yaitu road, hybrid, dan mountain. Ketiga jenis ban itu memiliki standar tekanan udara yang berbeda-beda. Gimana standarnya? Berikut informasi selengkapnya:

  • Road di angka 80 – 130 psi
  • Hybrid di angka 50 – 70 psi
  • Mountain di angka 25 – 35 psi

Ingat, kamu bisa menyesuaikan standar tekanan, ingin batas atas atau bawah. Jika medan yang ingin ditempuh tidak rata dan terjal, kamu bisa memilih batas bawah. Jika jalannya mulus dan nyaman, bisa pilih batas atas.

Jadi kamu harus tahu model dan tekanan ban. Untuk model, bisa kamu ketahui pada spesifikasi sepeda. Sedangkan untuk tekanan, kamu bisa mengetahui lewat alat pengukur tekanan angin ban yang dijual bebas di marketplace.

Selain itu, kamu harus memperhatikan batas tekanan alat ukurnya. Jangan sampai kamu membeli alat ukur dengan batas tekanan hanya 50 psi untuk mengukur sepeda road yang standar minimalnya 80 psi. Buang-buang uang jadinya deh.

3. Rutin Lumasi Sepeda

Selanjutnya, kamu harus rutin melumasi bagian – bagian penting pada sepeda lipat. Pilih pelumas khusus sepeda dengan kisaran harga 30 ribu hingga 100 ribu rupiah. Kemudian oleskan pelumas pada bagian – bagian penting seperti rantai, frame, gigi, rem, dan kabel shifter. Daripada bingung, yuk kita bahas lebih dalam lagi!

Untuk membersihkan bagian – bagian penting yang kami sebutkan sebelumnya, gunakan pelumas khusus sepeda seperti milik Petroasia, Otobi, atau Ballistol. Kami tidak sarankan kamu untuk menggunakan pelumas WD-40 karena membuat bagian – bagian penting tersebut cepat aus.

Lalu pada bagian frame, tambahkan semir sepeda agar frame menjadi anti karat dan anti air. Selain itu, semir sepeda juga berfungsi membuat frame menjadi lebih berkilau ketimbang sebelumnya. Jangan lupa oleskan pelumas dan semir secara merata.

Jangan lupa gunakan sikat kawat pada saat melumasi bagian – bagian susah seperti rantai dan gigi agar dapat sekalian membersihkan kotoran yang menempel di sela – sela kecil. Pada tahap akhir, lap seluruh bagian sepeda untuk menghilangkan residu pelumas menggunakan kain atau kanebo kering dan bersih.

4. Rawat Lipatan Dan Sambungan Rangka

Sepeda lipat memiliki area lipatan yang tidak dimiliki sepeda model lainnya. Kamu juga harus merawat area tersebut agar tidak cepat rusak. Gimana caranya? Cukup gunakan produk semir sepeda atau grease dan oleskan pada area lipatan. Pilih grease yang mengandung silikon atau white lithium.

Selain itu, kamu juga harus rutin merawat sambungan rangka. Sebelum itu, pelajarilah cara bongkar – pasang rangka sepeda, agar perawatan sepeda menjadi lebih optimal. Setelah itu, bongkar dan bersihkan sambungan rangka menggunakan grease, dan tunggu hingga kering.

Setelah itu, lap seluruh sambungan rangka dan area lipatan menggunakan kain kering dan bersih agar terlihat makin kinclong. Langkah terakhir, jangan lupa pasang kembali rangka sepeda kamu. Perawatan ini bisa kamu lakukan secara rutin sebulan sekali, atau bisa lebih, tergantung intensitas pemakaian.

5. Rajin Cuci Sepeda

Tips terakhir tentu saja rajin mencuci sepeda lipat. Karena selain melumasi dan menyemir seluruh bagian penting, mencuci sepeda dengan benar dapat membersihkan kotoran – kotoran yang tidak terjangkau sikat semir. Lalu gimana cara mencuci sepeda dengan baik dan benar?

Langkah pertama, pilih tekanan air mode sedang. Ingat, jangan menggunakan air bertekanan tinggi, karena justru dapat merusak sepeda. Karena selain membuat bagian-bagian cepat aus dan rusak, air bertekanan tinggi juga bisa menghilangkan lapisan anti karat pada frame.

Maka cukup pilih air bertekanan sedang dan semprot pada seluruh bagian sepeda. Agar hasil lebih maksimal, gunakan sabun khusus sepeda lipat yang bisa kamu beli di marketplace dengan harga sekitar 30 ribu rupiah saja.

Jangan lupa untuk mencuci bagian Bottom Bracket atau BB sepeda lipat agar saluran air pada sepeda dapat bekerja maksimal. Setelah memastikan seluruh bagian bersih dari sabun, segera lap menggunakan kain atau kanebo kering dan bersih.

Gimana, sudah paham ‘kan tips merawat sepeda lipat agar berumur panjang? Kalau kamu tertarik atau bahkan sudah berniat membeli sepeda lipat, coba kunjungi situs bikenbike.co.id ya. Di sana kamu bisa menemukan sepeda lipat berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Kerennya, pembelian Bike N Bike menggunakan metode pembayaran Atome akan mendapatkan promo January Special Deals berupa potongan Rp 150.000 dengan minimal transaksi senilai Rp 1.500.000 saja. Promo ini berlaku mulai dari 1 hingga 31 Januari 2022, tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tertarik belanja di Bike N Bike?

Main keywords of the article: