Blog

Apa Beda Antara Atome Pay Later Dan Kartu Kredit?

Feb 11 2022

Di masa sekarang ini, Pay Later dan kartu kredit memiliki peran yang sangat strategis dalam proses pembayaran di Indonesia. Pay Later kini menjadi semakin banyak digandrungi oleh mayoritas kebanyakan anak muda. Sementara kartu kredit yang sudah ada sejak dulu mulai perlahan ditinggalkan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pada dasarnya fungsi Pay Later hampir sama dengan kartu kredit yang sama – sama memiliki limit. Para penggunanya bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk berbelanja dulu lalu bayarnya nanti sesuai jadwal.  Namun ada beberapa perbedaan dari Pay Later dengan kartu kredit, terutama Atome Pay Later. Seperti apa perbedaan tersebut? Mari kita simak bersama di bawah ini.

1. Penyedia Layanan

Kartu kredit dan Pay Later merupakan dua entitas yang berbeda, walaupun fungsinya mirip. Kartu kredit sudah jelas disediakan oleh bank, sedangkan Pay Later merupakan layanan yang merupakan hasil kerja sama antara sebuah platform e-commerce dengan sebuah perusahaan.

Atome Pay Later adalah hasil kerjasama antara PT Mega Shopintar Indonesia dan PT Atome Finance Indonesia. Atome diluncurkan pada Desember 2019, dan merupakan singkatan dari “Available to Me”. Atome telah bekerjasama dengan lebih dari 5.000 ritel online dan offline terkemuka di berbagai kategori, seperti fashion, kecantikan, gaya hidup, kebugaran, dan peralatan rumah tangga. Layanan Atome sendiri saat ini sudah tersedia di 9 negara di Asia Tenggara serta Cina. Atome adalah bagian dari Advance Intelligence Group, perusahaan teknologi berbasis AI Seri-D yang berkantor pusat di Singapura, yang beroperasi di Asia Selatan dan Tenggara, Amerika Latin, dan Cina. Advance Intelligence Group berada di peringkat No. 1 di Daftar Startup Top LinkedIn 2021 di Singapura.

2. Pengajuan

Pengajuan dari sebuah kartu kredit biasanya akan memakan waktu yang sangat lama, dan terkadang membutuhkan banyak dokumen yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Sedangkan pengajuan pada Atome Pay Later bisa langsung melalui aplikasi Atome dengan hanya membutuhkan KTP saja. Dan enaknya lagi, proses ini biasanya hanya memakan waktu 3 – 30 menit saja. Sangat menolong Anda yang sedang perlu untuk membayar barang secepatnya bukan?

Hal ini dikarenakan Pay Later merupakan layanan yang berbasis dengan sistem online, sehingga semua dokumen yang Anda butuhkan hanya perlu dalam bentuk softcopy. Sementara untuk mengajukan kartu kredit, Anda harus menyediakan dokumen dalam bentuk hardcopy yang biasanya harus disetor ke pihak bank penyedia layanan kartu kredit yang Anda pilih tersebut. Beberapa dokumen yang diperlukan oleh pihak bank tersebut antara lain adalah KTP, NPWP, slip gaji, serta beberapa dokumen pendukung lainnya. Dan hal ini pun harus diverifikasi terlebih dulu oleh mereka, sehingga bisa dipastikan akan memakan waktu yang sangat lama dibanding dengan mempergunakan Atome Pay Later yang tidak sampai hitungan jam.

3. Bunga

Tidak dapat dipungkiri, hadirnya kartu kredit memang telah dirasa sangat membantu proses hidup dan kehidupan manusia di zaman yang serba cepat ini. Kartu kredit bisa menjadi sebagai sebuah dana darurat maupun kartu andalan untuk mencukupi hal yang mendesak. Namun seperti produk keuangan pada dasarnya, terdapat biaya pada proses pemakaian kartu kredit tersebut. Beban keuangan tersebut diubah menjadi bunga kartu kredit. Rata – rata bunga kartu kredit berada di kisaran 2% per bulan, yang berbeda – beda nilainya tergantung kebijakan dari bank penerbit kartu kredit tersebut. Sedangkan untuk Atome Pay Later sendiri sampai saat ini bunganya masih 0%. Sangat menarik bukan?

4. Biaya Tahunan

Salah satu biaya yang pasti ditanggung oleh para pengguna kartu kredit adalah biaya tahunan kartu atau sebutan lainnya adalah annual fee. Seperti namanya, annual fee dibayarkan per tahun, dan bank provider kartu kredit Anda otomatis akan memasukkannya ke dalam tagihan. Biaya tahunan tiap kartu kredit ini bisa berbeda – beda, tergantung dari jenis kartu apa yang Anda pergunakan. Nah, kelebihan lainnya dari Atome Pay Later, Anda sama sekali tidak memiliki biaya tahunan, biaya tahunan yang perlu Anda tanggung adalah hanya 0 rupiah, karena tidak ada beban biaya annual fee yang harus Anda tanggung setiap tahunnya.

5. Tenor Cicilan

Berbicara tentang pembayaran dengan metode cicilan, pastinya tidak bisa lepas dari tenor atau jangka waktu cicilan tersebut. Dan hal ini berlaku juga untuk Pay Later maupun kartu kredit. Tujuan diberlakukannya tenor cicilan ini adalah untuk bisa meringankan beban para penggunanya dalam hal melakukan pembayaran.

Tenor cicilan untuk Atome Pay Later yang bisa kamu pilih adalah antara 3 atau 6 bulan. Sementara untuk kartu kredit biasanya memiliki tenor atau jangka waktu cicilan yang lebih panjang, yaitu bisa sampai dengan 24 bulan atau 2 tahun. Sama seperti pada Pay Later, Anda juga bisa mempercepat pelunasan tagihan dengan memilih tenor yang lebih singkat dan tentunya harus sesuai dengan kemampuan bayar yang Anda miliki.

Setelah memahami secara mendalam perbedaan antara Atome Pay Later dan kartu kredit, apakah Anda tertarik untuk mempergunakan Atome? Ataukah Anda tetap tertarik untuk mempergunakan kartu kredit?

Apapun pilihan yang Anda pilih, ingatlah untuk menggunakan keduanya dengan cara yang bijak dan smart. Oh ya, saat Anda mempergunakan Atome Pay Later, setiap bulannya Anda akan menerima notifikasi untuk melakukan pembayaran yang harus Anda lakukan beberapa waktu ke depannya, yang akan secara otomatis dikirimkan ke ponsel Anda sebagai pengingat. Dan Anda pun dapat secara berkala mengecek status pembayaran tagihan Anda dalam kolom “Tagihan” di aplikasi Atome. Sungguh sangat membantu Anda untuk menghindari keterlambatan proses pembayaran bukan? Silakan download aplikasi Atome di link berikut.

Materi ini dibuat atau dikeluarkan oleh PT AFI

Main keywords of the article: