Blog

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A30S | Terbaru September 2021

Sep 01 2021

Apakah kamu tertarik untuk membeli ponsel dari salah satu brand yang sudah begitu terkenal ini? Yaps, apalagi kalau bukan Samsung. Brand ini sudah begitu dikenal oleh semua kalangan karena memang inovasi dan kualitas produknya yang bagus, terutama pada ponsel.

Nah, jika kamu tertarik untuk membeli ponsel dari Samsung, khususnya ponsel Samsung Galaxy A30s, kamu harus melihat terlebih dulu nih seperti apa spesifikasi, harga, kelebihan hingga kekurangan dari ponsel yang satu ini. Agar kamu tidak lagi penasaran, yuk pahami penjelasan berikut ini.

Spesifikasi Samsung A30s:

  • Layar: 6.4 inci
  • Resolusi layar: 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~268 ppi density)
  • Chipset: Exynos 7904 (14 nm)
  • OS: Android 9.0 (Pie), upgradable to Android 10, One UI 2.0
  • Memori Internal: 32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • SIM card: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Berat: 169 gram
  • Kamera Belakang: triple kamera 25 MP, f/1.7, 27mm (wide), PDAF; 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 5 MP, f/2.2, (depth)
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm
  • Baterai: 4000 mAh
  • Varian warna: Prism Crush Black, Prism Crush White, Prism Crush Green, Prism Crush Violet

Keunggulan Samsung A30s:

Kamera yang Mumpuni

Samsung Galaxy A30s hadir dengan tiga kamera belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera depan 25 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera depth sensor 5 MP. Samsung Galaxy A30s memiliki kamera dengan resolusi 25MP dengan tingkat densitas piksel sebesar 268 ppi dan tampilan resolusi sebesar 720 x 1560 pixels.

Sensor utama 25MP pada ponsel ini menggunakan sensor Sony IMX576. Sedangkan sensor ultra-wide dapat mengambil gambar pada sudut pandang selebar 123 derajat. Untuk kamera swafoto, ponsel ini difasilitasi oleh sensor selfie 16MP dengan performa yang sangat mencukupi sehingga kamera depan ponsel  ini mampu menangkap swafoto dengan begitu baik.

Penggunaan kamera dari ponsel ini akan lebih optimal saat cahaya yang ada di lingkungan mencukupi. Hasil jepretannya memiliki detail yang baik dan juga kecerahan yang baik. Fokus kamera juga bekerja lumayan cepat.

Sementara untuk kebutuhan selfie, ponsel ini dapat menghasilkan gambar yang menarik. Kualitas potret yang dihasilkan cukup detail dengan noise yang sedikit. Hasil jepretannya pun tidak mengecewakan meski  pada cahaya yang minim.

Desain Elegan

Samsung A30s memiliki desain yang dapat dibilang menawan dan mewah, sehingga tidak terkesan murahan. Ponsel ini memberikan sentuhan akhir berupa gradasi warna di cover body. Gradasi warna ini menimbulkan bayangan seperti hologram yang menambah kesan mewah pada perangkat ini.

Selain itu, pada bagian belakang ponsel juga terdapat lapisan glossy yang membuatnya tampak lebih elegan. Ponsel ini juga menggunakan desain yang pas dalam genggaman. Dengan bobot hanya 166 gram, bodi ponsel seri ini hanya memiliki tebal 7,8 mm. Bagian belakang juga dibuat melengkung sehingga terasa nyaman saat kamu genggam.

Hal lain yang membuat desain dari ponsel ini menjadi beda dengan yang lain adalah tiga buah kamera yang disusun secara vertikal di bagian belakang bodi. Sementara di bagian depan, Samsung menggunakan desain poni mungil yang disebut dengan Infinity V. Di dalam poni ini tersembunyi sebuah kamera depan 16 MP yang siap dimanfaatkan untuk kamu berswafoto.

Layar Super AMOLED

Samsung A30s menawarkan layar 6,4 inci. Layar ponsel ini memiliki resolusi 720 x 1560 piksel alias HD+. Layarnya memiliki rasio 19,5:9 dengan kerapatan layar 268 ppi. Tidak terlalu spesial dengan layarnya, tetapi menariknya, ponsel ini memiliki panel Super AMOLED yang mampu menampilkan layar dengan tampilan yang begitu jernih.

Sensor Sidik Jari

Ponsel ini sudah mendukung teknologi sensor sidik jari di layar alias In-Display Fingerprint. Kehadiran sensor sidik jari di layar ini patut diapresiasi. Untuk performa sensor sidik jarinya sendiri cukup cepat. Tidak berlebihan jika Samsung menyebut sensor sidik jari di layar yang ada di ponsel ini sebagai Fast Access Security. Selain itu, ponsel ini juga memiliki kemampuan Face Recognition.

Kelemahan Samsung A30s

Performa

Samsung A30s hadir dengan chipset Exynos 7904. Performa dari HP ini tidak terasa beda dengan generasi sebelumnya, bahkan performa Samsung Galaxy A50s terhitung lebih baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa performa perangkat ini bukanlah yang terbaik.

Daya Tahan Baterai

Samsung A30s memiliki baterai yang berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong sangat biasa karena kini banyak ponsel yang bahkan di kelas harga yang paling murah memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh. Akan tetapi keuntungannya adalah baterai dari ponsel Samsung ini telah dibekali dengan teknologi fast charging. Hanya saja teknologi yang didukung adalah 15W saja. Jika dibandingkan dengan ponsel lain yang mendukung teknologi pengisian cepat 20W ke atas, baterai dari ponsel ini tergolong kalah saing.

Resolusi Layar

Untuk layarnya, Samsung Galaxy A30s hanya memiliki resolusi HD+. Penggunaan panel layar HD+ tentu jadi punya kelebihan lain, yakni daya tahan baterai lebih hemat. Hanya saja, ponsel ini jadi terasa kurang menarik lantaran resolusi HD+ memberikan pengalaman visual yang kurang baik.

Harga Samsung A30s

Hingga bulan Juli 2021 ini, harga Samsung A30s berada pada kisaran harga Rp2.935.000. Dengan harga segitu kamu sudah bisa memiliki ponsel dengan fasilitas kamera yang cukup baik loh. Untuk berbelanja yang lebih menguntungkan, kamu bisa membeli barang-barang elektronik menggunakan Atome ya. Dengan Atome, belanja mudah proses pembayaran pun lebih cepat!