Blog

Perhatikan Kualitas Pakaianmu Jika Ingin Tampil Trendi

Jun 23 2021

Seseorang pertama kali dilihat oleh orang lain adalah berdasarkan pada penampilannya. Dan saat kita berbicara soal penampilan pasti tidak akan lepas kaitannya dengan pakaian. Pakaian yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik pula untuk orang yang mengenakannya, begitu pula sebaliknya, pakaian yang buruk akan memberikan kesan awal yang buruk pula bagi orang yang mengenakannya.

Di zaman yang semakin modern ini, berbagai bentuk pakaian hadir dengan desain yang begitu beragam, tergantung dari model pakaian seperti apa yang sedang digunakan oleh banyak orang. Orang – orang pun berlomba agar tidak ketinggalan dalam mengikuti model pakaian kekinian. Akan tetapi tahukah kamu kalau mengikuti tren saja tidak cukup? Kamu juga perlu untuk memperhatikan kualitas dari pakaian yang kamu gunakan.

Nah, agar kamu bisa menentukan pakaian yang berkualitas, yuk ikuti tips-tips memilih pakaian berkualitas berikut agar tampilanmu tak hanya keren dan kekinian, tetapi juga berkelas.

1. Bahan Pakaian

Bahan pada pakaian memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan saat pakaian itu kamu pakai. Hal tersebut karena pori-pori pada serat kain menentukan leluasa tidaknya udara menembus kain dan memberi kesempatan kepada kulitmu untuk bernapas. Pilihlah pakaian yang menggunakan kain dengan karakter yang halus dan kuat serta memiliki kemampuan yang lebih dalam menyerap keringatmu.

Kemampuan kain dalam menyerap keringat ini sangat perlu kamu dijadikan pertimbangan, sebab hal ini akan mempengaruhi kenyamananmu dalam menggunakan pakaian. Penentuan bahan dalam memilih pakaian bukanlah sesuatu yang sulit, karena saat ini produk fashion dibuat dengan berbagai macam jenis kain yang bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhanmu.

Pada umumnya, bahan pakaian yang terbuat dari serat alami selalu lebih unggul dalam kualitas karena memiliki daya tahan lama. Bahan pakaian dari serat alami tersebut berbahan seperti  sutra, wol, katun, dan linen. Beberapa bahan kain lainnya termasuk kasmir, alpaka, vicuna dan rami. Kamu hanya perlu memilih kain mana yang paling nyaman untuk tubuhmu.

Kualitas bahan bisa kamu perhatikan dari kelenturan pakaian tersebut. Kain yang berkualitas biasanya cenderung lembut dan jatuh, tenunannya rapat serta jika diremas tidak meninggalkan kesan kusut. Kamu juga bisa melihat dari kasar atau tidaknya benang pakaian. Perhatikan pada serat kain bajunya, jika tampak mengilap ada kemungkinan bahan kainnya banyak dicampur dengan poliester. Bahan poliester ini nantinya menimbulkan rasa panas ketika baju dikenakan. Bahan baju yang berkualitas akan terlihat pada tenunannya yang cenderung sangat rapat.

Mengetahui jenis bahan dalam membeli pakaian itu sangat penting. Salah pilih bahan bisa berakibat fatal. Selain tidak nyaman saat kamu gunakan, bisa juga dapat membentuk kesan yang tidak kamu inginkan seperti terlihat lebih gemuk, lebih besar, dan lain sebagainya. Ketakutan-ketakutan ini bisa jadi merupakan salah satu alasan mengapa kamu perlu memilih bahan pakaian yang akan kamu gunakan.

2. Jahitan Pada Pakaian

Kriteria pakaian yang berkualitas selanjutnya dapat kamu lihat dari jahitannya. Pakaian yang berkualitas memiliki jahitan yang kuat dan rapi. Jahitan pada bagian atas dan bawahnya pun proporsional, dan pada sisi jahitan di bagian kanan dan kiri juga harus simetris.

Cara untuk memastikan jahitan suatu pakaian bagus atau tidak, kamu dapat mencoba untuk tarik perlahan jahitannya akan tetapi jangan terlalu keras, lalu lihat apakah terlihat celah atau rongga atau tidak. Pakaian yang bagus dengan jahitan yang kuat biasanya tidak akan menunjukkan celah. Jika pakaian itu menunjukkan celah, maka kualitas pakaian itu kurang baik.

Jahitan ini juga meliputi jahitan kancing pada pakaian. Memilih jahitan kancing bermodel X atau silang lebih baik dibanding jahitan kancing yang bermodel sejajar. Hal ini bertujuan untuk kekuatan dari kancing itu. Selain itu, kancing yang bertuliskan nama brand pakaian biasanya merupakan indikasi pakaian yang kualitas lebih tinggi dibandingkan kancing polos.

3. Motif Dan Warna Pada Pakaian

Selain cara yang di atas, kamu bisa memilih bagus tidaknya kualitas pakaian berdasarkan motif dan warnanya. Kain yang berkualitas memiliki motif dan warna yang rata dan terlihat halus serta tidak memiliki bercak putih yang menimbulkan kesan warna pakaian terlihat pudar.

Pemilihan motif dan warna pada pakaian memang sifatnya relatif. Jadi, untuk menentukan pakaian yang bagus untukmu, kamu harus menyesuaikan dengan karakter tubuh dan wajah kamu. Jangan sampai pilihanmu malah membuat tampilan dirimu menjadi jelek.

Motif dan warna pakaian untuk kamu yang bertubuh gemuk akan berbeda dengan kamu yang bertubuh kurus, begitu juga kamu yang bertubuh tinggi akan berbeda dengan yang bertubuh pendek. Pilihlah yang cocok untuk tubuhmu agar kamu lebih percaya diri saat menggunakan pakaian itu.

4. Aksesoris Dan Ritsleting

Pakaian yang bagus juga bisa kamu lihat dari kualitas aksesoris bawaannya. Jika aksesorisnya berupa ikat pinggang, periksalah untuk memastikan bahwa ikat pinggang itu kuat dan tidak terbuat dari bahan imitasi. Jika aksesorisnya terbuat dari bahan imitasi, hal ini merupakan indikasi bahwa pakaian itu tidak berkualitas.

Jika pakaian itu memiliki ritsleting, periksalah ritsleting untuk memastikannya bahwa ritsleting tersebut bekerja dengan baik dengan menggesernya turun naik dalam beberapa kali dengan cepat. Ritsleting yang baik akan tahan lama dan tidak susah jika kamu ingin menggesernya.

Jangan hanya memilih baju karena dari modelnya yang lucu. Jika kamu ingin benar-benar terlihat bagus, perhatikan juga aspek-aspek yang telah disebutkan di atas. Karena model yang bagus saja akan tetep keliatan tidak sempurna jika kualitas bahannya tidak tepat.

Agar kamu tidak merasa kecewa dengan kualitas pakaianmu, belilah pakaian di tempat-tempat yang sudah terjamin akan kualitasnya yang bagus, sebagaimana dengan Mango. Brand ini sudah sejak lama menjadi pilihan banyak orang karena selain model pakaiannya yang trendi, kualitas yang ditawarkan pun tidak pernah buruk. Jadi jangan hanya trendi atau kekinian saja ya, perhatikan juga kualitas pakaianmu agar penampilanmu semakin oke. Dan kini kamu bisa puas berbelanja di Mango dengan mempergunakan Atome yang akan mempermudah kamu dalam melakukan pembayarannya. Pembayaran dengan Atome bisa dicicil dari 3 atau 6 bulan tanpa bunga sepeserpun. Tunggu apalagi?