Pro kontra seputar layanan Buy Now Pay Later

Mar 15 2022

Kehadiran layanan buy now pay later dirasakan memang membawa banyak kemudahan. Sekarang kamu tidak perlu mempermasalahkan dana setiap ingin membeli berbagai kebutuhan atau barang impian. Cukup manfaatkan aplikasi Buy Now Pay Later dan semuanya beres. Namun, beberapa orang menilai cara belanja seperti ini justru mendorong kebiasaan konsumtif. Padahal sebenarnya kamu tetap bisa mengontrolnya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Sebaiknya ketahui pro kontra seputar layanan aplikasi Buy Now Pay Later berikut ini sebelum mulai menggunakannya.

Apa Itu Buy Now Pay Later?

Buy Now Pay Later adalah sebuah layanan pembayaran yang memungkinkan seseorang berbelanja berbagai kebutuhan tanpa mengeluarkan uang saat itu juga. Sistemnya mirip dana talangan, di mana pengguna bisa mendapatkan barang yang diinginkan dan membayarnya nanti dengan cara mengangsur. Berarti sama dengan berutang dong? Iya. Namun, aplikasi Buy Now Pay Later menerapkan beberapa ketentuan agar proses pengajuan cicilan lebih teratur dan terkontrol. Mulai dari sistem cicilan hingga ketentuan tenor atau lamanya masa angsuran.

Cara Kerja Aplikasi Buy Now Pay Later

Cara kerja aplikasi Buy Now Pay Later sebenarnya cukup sederhana. Pengguna cukup mendaftar dan menggunakan aplikasi Buy Now Pay Later melalui smartphone. Lalu kemudian kamu sudah bisa menggunakannya di berbagai merchant yang telah bekerjasama dengan aplikasi Buy Now Pay Later bersangkutan. Jadi, kamu hanya bisa memperoleh fasilitas pay later di merchant – merchant yang bekerjasama dengan aplikasi tersebut. Setelah berhasil mengajukan cicilan, maka kamu tak perlu lagi membayar total belanjaan di merchant tersebut. Cukup mengangsurnya melalui aplikasi Buy Now Pay Later sesuai ketentuan yang berlaku.

Keuntungan Dan Kerugian Buy Now Pay Later

Berbelanja menggunakan layanan buy now pay later membawa banyak keuntungan bagi penggunanya, antara lain:

  • Bisa membeli berbagai kebutuhan penting yang bersifat urgent, bahkan di saat tidak memiliki dana yang memadai.
  • Bisa membeli barang impian tanpa perlu menyiapkan keseluruhan dananya sekarang.
  • Belanja lebih hemat dengan mendapatkan banyak promo menarik dari merchant yang bekerjasama dengan aplikasi Buy Now Pay Later.
  • Memudahkan evaluasi dan pengelolaan uang bulanan dengan menyesuaikan jumlah tagihan per bulan.

Selain punya banyak keuntungan, aplikasi Buy Now Pay Later juga memiliki beberapa kelemahan jika tidak digunakan secara tepat, di antaranya:

  • Bisa jadi kamu akan memiliki utang yang menumpuk.
  • Mendorong kebiasaan konsumtif yang memungkinkan seseorang berbelanja tanpa memperhatikan kebutuhan dan kemampuan.

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Buy Now Pay Later

Cara menggunakan aplikasi Buy Now Pay Later sangatlah mudah. Bahkan kamu bisa mendaftar dan mulai menggunakan aplikasi Buy Now Pay Later hanya dalam waktu 3 menit saja. Seperti cara menggunakan aplikasi Atome yang hanya membutuhkan 3 langkah berikut ini.

1. Daftar Aplikasi

Download aplikasi Atome di App Store atau Google Play Store. Lalu daftar akun menggunakan email dan nomor HP aktif. Kemudian, lakukan verifikasi identitas menggunakan KTP dan swafoto atau selfie.

2. Belanja Di Merchant Yang Bekerjasama

Setelah berhasil melakukan pendaftaran akun, kamu bisa langsung menggunakan aplikasi Atome untuk berbelanja di berbagai merchant yang telah bekerjasama dengan Atome. Jika berbelanja langsung ke toko, pindai kode QR Atome di kasir. Sedangkan jika berbelanja secara online, pilih metode pembayaran Atome saat checkout.

3. Bayar Tagihan

Cek menu Tagihan di aplikasi Atome dan bayar tagihan belanja dengan cara mengangsurnya tiap bulan selama kurun waktu yang ditetapkan oleh Atome, yaitu selama 3 atau 6 bulan. Kamu juga bisa membayar total tagihan secara keseluruhan sekaligus.

Buy Now Pay Later VS Kartu Kredit

Banyak orang mengira aplikasi Buy Now Pay Later mirip dengan kartu kredit, karena sama – sama menyediakan fasilitas cicilan. Namun, kedua layanan ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok, di antaranya:

1. Cara Pendaftaran

Pengajuan kartu kredit cenderung sulit. Karena mengharuskan nasabah datang langsung ke kantor cabang dan melampirkan banyak dokumen, seperti slip gaji, NPWP, dan lain lain.  Sementara cara pendaftaran aplikasi Buy Now Pay Later cukup dilakukan secara online melalui aplikasi di smartphone. Dokumen yang dibutuhkan pun biasanya hanya KTP.

2. Skor Kredit

Penyedia kartu kredit memberlakukan skor kredit tertentu untuk menilai kelayakan nasabah dalam memperoleh layanan kredit. Biasanya berdasarkan jenis pekerjaan, jumlah gaji, dan lain sebagainya. Sementara aplikasi Buy Now Pay Later tidak menerapkan skor kredit tersebut

3. Tenor Cicilan Dan Biaya Tahunan

Tenor cicilan kartu kredit biasanya cukup lama, bisa hingga 1 sampai 2 tahun. Namun, penggunanya harus membayar biaya tahunan yang cukup mahal mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sementara aplikasi Buy Now Pay Later tidak menerapkan biaya tahunan tersebut. Dan juga biasanya tenor cicilan yang disediakan relatif lebih singkat, yaitu sekitar 6 bulan.

Dari tiga perbedaan di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Buy Now Pay Later cenderung lebih menguntungkan. Karena cara pendaftarannya lebih mudah dan praktis. Meskipun tenor cicilan yang disediakan lebih singkat, namun layanan Buy Now Pay Later tidak menerapkan biaya tahunan.

Tips Memilih Aplikasi BNPL Terbaik

Saat ini tersedia banyak aplikasi Buy Now Pay Later yang menawarkan fasilitas cicilan di berbagai merchant. Namun, jangan menggunakan banyak aplikasi Buy Now Pay Later sekaligus. Lebih baik memilih satu aplikasi saja, hal ini juga agar bisa memudahkan kamu saat membayar tagihan bulanan. Pilih satu layanan Buy Now Pay Later terbaik dengan memperhatikan beberapa kriteria berikut.

1. Memiliki Syarat Pendaftaran Yang Mudah

Pilihlah aplikasi Buy Now Pay Later dengan syarat pendaftaran yang mudah. Misalnya, cukup menggunakan aplikasi smartphone dan KTP, tanpa perlu melampirkan slip gaji, atau dokumen lainnya.

2. Mempunyai Sistem Cicilan Yang Fleksibel

Pilih layanan Buy Now Pay Later yang memberikan fasilitas cicilan fleksibel dengan tenor lebih lama, misalnya hingga 6 bulan. Sehingga kamu akan tidak keteteran saat mencicilnya.

3. Tidak Ada Biaya Tambahan

Pilih layanan Buy Now Pay Later dengan suku bunga rendah agar tidak memberatkan. Kalau bisa, sebaiknya pilih aplikasi yang tidak menerapkan biaya tambahan, seperti bunga, DP, atau biaya admin. Sehingga kamu cukup membayar tagihan sesuai nominal transaksi.

4. Telah Bekerjasama Dengan Banyak Merchant

Pastikan juga aplikasi Buy Now Pay Later yang kamu pilih telah bekerjasama dengan banyak merchant, terutama merchant – merchant yang sering kamu tuju.

5. Sering Mengadakan Promo Menarik

Supaya kamu bisa belanja lebih hemat, pilih aplikasi Buy Now Pay Later yang sering memberikan diskon atau promo menarik lainnya.

6. Memiliki Layanan Customer 24/7

Pilih aplikasi Buy Now Pay Later yang menyediakan layanan customer support selama 24/7 agar mampu memudahkan kamu saat ingin meminta bantuan teknis atau keperluan lainnya.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari aplikasi Buy Now Pay Later sesuai kriteria tersebut. Atome adalah layanan buy now pay later terkemuka yang memenuhi enam kriteria di atas. Cara pendaftarannya sangatlah mudah. Cukup download aplikasi di smartphone dan daftar hanya dengan menggunakan KTP. Aplikasi yang telah hadir di 8 negara Asia Tenggara dan Cina ini juga menerapkan sistem cicilan fleksibel hingga 3 atau 6 bulan. Kamu juga tidak perlu membayar biaya tambahan seperti DP, bunga, atau biaya admin. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi.

Menariknya lagi, Atome telah bekerjasama dengan 5.000 lebih merchant di berbagai kategori. Mulai dari elektronik, fashion, kecantikan, kebugaran, peralatan rumah tangga, serta kebutuhan gaya hidup lainnya. Termasuk brand – brand ternama seperti Zara, H&M, Buccheri, Sephora, Zalora, JD.ID, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan berbagai promo menarik lainnya. Jika memiliki pertanyaan atau meminta bantuan teknis lainnya juga sangat mudah. Langsung hubungi tim customer support Atome via email selama 24/7. Mudah sekali bukan? Segera download dan gunakan sekarang juga.

Main keywords of the article: