Tepat Memilih Mainan Anak Perempuan

by Yen Fatahila

May 20 2021

Memiliki buah hati adalah dambaan setiap orang. Untuk itu, kamu harus memilih cara yang tepat bagaimana mendidik dan membesarkan anak. Di usia anak yang masih balita, pasti mereka belum paham bagaimana cara yang tepat untuk melakukan hal yang baik dan buruk. Sebagai orang tua yang cerdas, kamu lah yang harus memilih metode pembelajaran tersebut.

Bermain dikatakan sebagai salah satu metode pembelajaran bagi anak kecil yang sangat cocok. Meskipun terlihat sekedar bermain, kamu tetap harus mempertimbangkan permainan yang pas untuk buah hatimu.

Selama anak bermain, jangan lupa untuk selalu mengawasi dan memberikan bimbingan agar bisa sekalian memantau tumbuh kembang si kecil. Tanpa adanya bimbingan langsung, kamu tidak akan bisa mengarahkan hal yang baik untuk anak.

Ternyata memilih mainan ternyata juga harus dipertimbangkan lho. Membeli mainan edukasi antara anak laki-laki dan perempuan juga harus dibedakan. Jadi kamu harus cermat ya dalam membeli mainan untuk anak kesayanganmu.

Nah, seorang ibu atau ayah harus paham nih tips yang tepat untuk memilih mainan yang cocok untuk anak perempuan. Jangan sampai terlena dengan mainan yang menggemaskan namun ternyata kurang punya benefit bagi perkembangan buah hati kamu.

Berikut Adalah Tips Jitu Memilih Mainan Edukasi Untuk Anak Perempuan

  • Pahami pentingnya mainan edukasi untuk anak

Tumbuh kembang anak memang harus dan wajib diperhatikan sejak dini. Terutama dalam proses mengenali lingkungan sekitar. Dengan menggunakan mainan edukasi, anak akan lebih terbimbing untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka di lingkungan.

Tak perlu membutuhkan mainan yang rumit, kamu cukup menyediakan mainan puzzle atau balok susun unttuk memberikan wawasan baru kepada buah hati.

  • Kelompokkan mainan sesuai dengan kebutuhan anak

Memilih mainan harus disesuaikan dengan aktivitas buah hatimu. Jadi kamu harus cermat dalam memilih mainan tersebut. Maka bisa dikelompokkan menjadi:

Untuk mengembangkan aktivitas fisik dan otot

Jika kamu menginginkan permainan yang mengembangkan aktivitas fisik serta otot pada buah hati, maka kamu perlu membeli mainan seperti puzzle, balok, hingga perangkat peralatan dapur.

Mengembangkan sensorik

Mainan yang cocok untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sensorik bisa menggunakan mainan pasir, instrumen music, hingga playdough.

Mengembangkan interaksi sosial

Interaksi sosial bisa dibentuk dengan kebiasaan dengan lingkungannya. That’s why, kamu perlu membeli mainan seperti boneka, mobil, papan bermain, hingga buku.

Melatih kecerdasan dan kreativitas anak

Mainan yang bisa meningkatkan kecerdasan buah hati bisa menggunakan krayon, tanah liat, alat lukis, buku hingga kertas warna warni.

  • Sesuaikan dengan usia buah hati

Memilih mainan juga harus disesuaikan dengan usia si kecil ya. Pastikan mainan yang kamu pilih bisa menyesuaikan dengan minat serta kebiasaan yang dilakukan buah hatimu.

  • Pastikan aman

Hal paling penting dalam menyiapkan mainan anak adalah keamanan. Kamu harus memastikan mainan yang diberikan kepada buah hati sangat aman dan terbuat dari bahan yang tidak membahayakan. Selain itu, kamu juga harus menyimpan mainan tersebut di tempat yang aman. Sehingga terhindar dari kotoran dan debu yang bisa membahayakan buah hatimu.

  • Pilih mainan yang menantang dan meng-eksplore problem solving

Tak hanya orang dewasa saja, anak kecil juga harus diajarkan cara problem solving yang baik. Sehingga mereka akan terbiasa dengan cara berpikir yang logis dan mampu menyelesaikan masalah dengan sangat baik.

Mainan yang biasa digunakan untuk meningkatkan kemampuan problem solving adalah puzzle, mewarnai, hingga menyusun balok.

  • Pilih mainan yang merangsang imajinasi

Anak kecil juga harus diimbangi dengan kemampuan kreatif dalam berpikir ya. Jadi sebisa mungkin kamu harus memberikan mainan yang bisa meningkatkan imajinasi mereka saat berkembang. Beberapa contoh mainan yang bisa meningkatkan daya imajinasi mereka antara lain mainan peralatan masak, rumah boneka, dan mainan peralatan rumah tangga.

Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Anak Perempuan

Biar kamu tidak bingung lagi memilih mainan yang tepat, kamu bisa membeli beberapa mainan berikut di Toys City, yang mana kamu akan menemukan berbagai macam mainan yang cocok untuk buah hatimu. Apa saja sih mainannya? Yuk simak di bawah ini ya.

  • Fisher Price L7L Learning Market

Anak kecil sangat peka dan cepat dalam menerima hal yang diajarkan. Dengan menggunakan mainan ini, kamu bisa mengajar si buah hati untuk bermain dan mempelajari berbagai macam bentuk buah-buahan dan namanya. Sehingga mainan ini bisa meningkatkan daya pikir buah hatimu.

  • Iron and Dress

Dengan menggunakan mainan ini, si kecil akan belajar bagaimana cara merapikan dan memelihara baju dengan baik. Mainan ini bisa meningkatkan kemampuan imajinasi mereka dengan baik.

  • Fun Shopping Set

Mainan yang meningkatkan kemampuan syaraf motorik sangat dibutuhkan untuk buah hatimu. Nah, biar membangun itu semua kamu juga bisa membeli mainan ini untuk merakit rangkaian toko sesuai dengan imajinasi mereka.

  • Lego

Siapa sih anak kecil yang tidak suka Lego? Mainan yang satu ini sangat membantu anak kecil untuk meningkatkan kemampuan motorik mereka. Ditambah lagi warna-warna yang dihadirkan sangat cerah, maka menambah imajinasi sang buah hati.

  • Oxford Edu Block

Bagi buah hati kamu yang sangat suka dengan hewan, mainan yang satu ini cocok bisa kamu beli untuk sang buah hati. Si kecil pun akan belajar banyak melalui mainan yang satu ini.

Nah, apakah kamu sudah menemukan rekomendasi mainan yang cocok untuk buah hatimu? Jika belum, langsung saja kunjungi di Toys City. Seluruh mainan yang cocok untuk buah hatimu bisa kamu temukan di sana.

Menariknya lagi, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Atome untuk membayar mainan di Toys City lho. Atome menyediakan cicilan 3 atau 6 bulan pembayaran. Jadi kamu pun bisa menentukan sesuai kebutuhan. Yang pasti tanpa harus ribet dengan kartu kredit. Yuk buruan!

First Order up to 10% off
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia cooperates PT Atome Finance Indonesia which is licensed and supervised by Otoritas Jasa Keuangan

Consumer Complaints Service
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Directorate General of Consumer Protection and Orderly Commerce
Ministry of Trade of the Republic of Indonesia
Whatsapp Directorate General of PKTN: 0853 1111 1010