Blog

Tips Memakai Parfum Agar Aromanya Semakin Tahan Lama

Jan 26 2022

Apakah kamu suka memakai parfum sebelum beraktivitas? Ya, parfum adalah salah satu hal penting supaya penampilan semakin cetar. Namun pernahkah kamu merasa kalau parfum terlalu cepat habis? Atau mungkin wanginya cepat menghilang?

Nah, mungkin ada yang salah dengan pemakaian parfummu deh. Jadi kami akan membagikan tips memakai parfum agar aromanya semakin awet dan tahan lama! Ada tips menarik apa saja ya? Daripada penasaran, cek daftar pertamanya di bawah ini.

1. Pilih Jenis Parfum Yang Sesuai

Sebelum menggunakan parfum, sebaiknya kamu mengetahui jenis – jenis parfum terlebih dahulu. Secara umum, ada lima jenis parfum yang bisa kamu pilih, yaitu Extrait de Perfume, Eau de Parfum, Eau de Toilette, Eau de Cologne, dan Splash Cologne. Nah, kira – kira jenis parfum mana yang paling awet? Jawabannya adalah Extrait de Perfume karena wanginya tahan dari 1 sampai 3 hari, tergantung mereknya.

Biasanya Extrait de Perfume dibanderol paling mahal ketimbang jenis lainnya, karena memiliki kadar konsentrasi sekitar 20-30% dan terbuat dari ekstrak murni. Namun pada beberapa orang, parfum jenis ini menimbulkan iritasi kulit dan terganggu dengan aroma parfum tersebut. Selain itu, aroma parfum ini juga mudah berpindah ketika bersentuhan dengan orang lain.

Selanjutnya ada Eau de Parfum yang memiliki kadar konsentrasi lebih rendah sekitar 15-20%. Aromanya juga lebih ringan ketimbang Extrait de Perfume, tapi tidak mudah pindah ke orang lain. Kerennya, parfum ini juga awet hingga seharian penuh jika digunakan dengan baik dan benar. Selain itu ada juga Eau de Toilette dengan kadar konsentrasi 5-15%, Eau de Cologne dengan kadar konsentrasi 2-4%, dan Eau Fraiche dengan kadar konsentrasi hanya 1-3% saja.

Nah, kamu pilih mana? Kami sarankan pakai yang kedua, Eau de Parfum. Karena selain lebih murah ketimbang Extrait de Perfume, juga wanginya tidak mudah menempel ke tubuh orang lain. Kamu bisa belanja Eau de Parfum di The Fragrance Shop mumpung ada diskon spesial dari Atome lho!

2. Gunakan Setelah Mandi

Meskipun banyak orang yang menggunakan parfum di tengah – tengah aktivitas untuk menyingkirkan bau badan kurang sedap, tapi tahukah kamu kalau waktu terbaik memakai parfum adalah setelah mandi? Pasti muncul pertanyaan, ‘kan habis mandi baru pakai sabun wangi, ngapain ditambahkan parfum?

Memakai parfum setelah mandi adalah salah satu cara ampuh agar parfum wangi sepanjang hari. Soalnya saat itu, kulit masih lembap sehingga dapat menyerap parfum lebih maksimal. Jangan lupa senadakan aroma antara sabun mandi dan parfum, supaya aromanya semakin awet. Selamat mencoba ya!

3. Pakai Pelembap

Sudah bukan rahasia lagi kalau parfum akan lebih tahan lama jika disemprotkan pada area yang lembap. Maka alternatifnya, oleskan pelembap pada area – area badan yang hendak diberi parfum. Kamu bisa menggunakan jenis pelembap petroleum jelly yang dijual bebas di toko – toko kecantikan, apotek, hingga minimarket.

Jangan lupa, kamu harus mengoleskan di area – area penting seperti leher, tangan, hingga lipatan kaki. Namun kamu juga harus mengetahui area – area apa saja yang membuat parfum awet dan tahan lama! Nah, kami akan spill di daftar selanjutnya, let’s go!

4. Semprot Ke Area Tertentu

Seperti yang kami bilang di poin sebelumnya, kalau ada beberapa area di badan yang dapat membuat aroma parfum tidak hilang – hilang. Memangnya area tubuh mana sih? Jawabannya adalah tubuh bagian dalam siku, tengkuk, pergelangan tangan, dan punggung lutut. Kamu juga bisa menyemprotkan pada daerah leher.

Mengapa kok harus area – area tertentu saja? Karena selain menghemat parfum, area – area di atas adalah titik nadi yang cenderung lebih panas ketimbang area lainnya. Sehingga lebih lembap dan berminyak, sehingga membuat parfum lebih wangi sepanjang hari.

5. Jangan Disemprotkan Ke Baju

Apakah kamu tipe orang yang suka menyemprotkan parfum ke baju? Jika iya, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Karena kebiasaan itu dapat membuat kain baju lebih cepat pudar dan kusam. Selain itu, baju menyerap wangi tidak sebaik kulit tubuh, sehingga kamu bakal rugi banyak kalau menyemprotkan parfum ke baju.

Selain itu, saat menyemprotkan parfum ke tubuh, jangan terlalu dekat jaraknya agar aroma semakin merata dan aromanya tidak terlalu kuat. Jadi, sebaiknya segera pakai parfum sebelum mengenakan baju ya. Atau kalau sudah terlanjur pakai, jangan sampai area – area nadi yang kami sebutkan tadi tertutupi kain baju.

6. Jangan Digosok

Tips terakhir tidak terlalu susah kok, cukup biasakan tidak menggosok parfum yang telah melekat pada badanmu. Karena kebiasaan itu dapat membuat aroma parfum semakin cepat pudar. Hal itu terjadi karena gosokan tersebut dapat menciptakan panas berlebih sehingga parfum lebih cepat menguap. Sehingga kalau kamu terbiasa menggosok area yang terkena parfum, jangan dilakukan lagi ya.

7. Simpan Dengan Benar

Seperti yang kita ketahui kalau parfum mudah menguap jika terkena udara yang panas. Maka jangan simpan parfum di ruangan temperatur tinggi. Minimal, simpan di temperatur sedang sekitar 27 derajat celsius. Selain itu, jangan sampai parfum kesayanganmu terkena terik matahari langsung, karena dapat menguap dan mempengaruhi kandungan parfum.

Nah, itulah 7 tips ampuh agar aroma parfum makin awet dan tahan  lama. Dari tips – tips di atas, apakah ada yang sudah kamu lakukan? Kalau parfum kamu mau habis, atau ingin menambah koleksi, segera kunjungi The Fragrance Shop mumpung ada diskon January Special Deals dari Atome! Dapatkan potongan Rp 120.000 dengan minimal transaksi senilai Rp 1.000.000 saja, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja belanja di The Fragrance Shop mumpung ada diskon spesial dari Atome!

Main keywords of the article: