Blog

10 cara tampil percaya diri (pede) di setiap presentasi

Sep 07 2022

Sering parno saat diminta presentasi di depan banyak orang? Atau kamu sering merasa sering rendah diri saat bertemu dengan orang – orang baru yang menurutmu jauh lebih sukses? Itu hal yang wajar. Namun jika dibiarkan terus – menerus, hal ini bisa berdampak fatal, seperti menghambat karir dan mengganggu kehidupan pribadimu. Karena itu, cobalah untuk meningkatkan kepercayaan diri sendiri, sehingga diri kamu bisa lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Jika kamu melihat banyak orang sukses tampil percaya diri di panggung, percayalah bahwa kemampuannya tersebut tidak datang secara instan. Ia telah melewati serangkaian proses berdamai dan menempa diri sedemikian rupa, hingga akhirnya mampu untuk menguasai panggung tersebut secara baik. Apa sajakah manfaat yang bisa kamu jika kamu mampu untuk tampil dengan rasa percaya diri? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pentingnya Tampil Percaya Diri Selama Presentasi

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan terbiasa menjadi pribadi yang percaya diri, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membentuk Sikap Optimis

Seseorang yang percaya diri akan selalu yakin pada kemampuan dan hal – hal yang sedang ia usahakan. Dia selalu optimis bahwa ia mampu menyelesaikan masalah dan mewujudkan tujuannya hingga berhasil.

2. Membantu Mengendalikan Berbagai Hal

Saat menghadapi kesulitan, orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi mampu untuk mengendalikan situasi secara lebih baik. Karena ia memahami kapasitas dirinya dengan baik, sehingga mampu membaca dan melihat masalah secara lebih jernih. Ia juga lebih tegas dan tidak terlalu merisaukan penilaian orang lain.

3. Motivasi Diri Lebih Baik

Orang yang percaya diri cenderung termotivasi meningkatkan produktivitas dan menerima setiap peluang yang datang. Ketika mendapat sebuah tawaran, ia langsung mengatakan ‘Saya bisa!’ tanpa berpikir panjang. Sebab, ia yakin bahwa ia mampu mengerjakan tawaran tersebut dengan baik.

4. Meningkatkan Kualitas Hubungan Sosial

Tampil percaya diri juga bermanfaat meningkatkan hubungan sosialmu dengan orang lain, khususnya ketika berkomunikasi. Dengan menjadi pribadi yang percaya diri, tak akan ada lagi kecanggungan, bahkan pada orang yang baru dikenal.

5. Menciptakan Peluang

Tampil percaya diri menjadikan penampilanmu di depan orang lain terlihat bagus dan meyakinkan, sehingga menciptakan peluang konversi. Contohnya, presentasi proposal bisnis yang mendatangkan kesepakatan investasi, dan lain lainnya. Bahkan, jika akhirnya belum berhasil mendapatkan tujuan yang diinginkan, orang yang percaya diri tidak akan mudah menyerah dan akan mencoba untuk kembali berusaha.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menjadi pribadi yang percaya diri. Adakah tips yang dapat mendorong seseorang terlihat dan terdengar percaya diri, hingga mampu meyakinkan banyak orang? Tentu saja ada. Berikut tips meningkatkan kepercayaan diri yang bisa kamu coba.

1. Identifikasi Kelebihan Dan Kekurangan Diri

Menjadi pribadi yang percaya diri bukan berarti narsistik, atau selalu menganggap diri paling baik. Namun, percaya diri berarti tahu secara pasti segenap kemampuan dan kapasitas diri. Karena itulah, untuk menjadi orang yang percaya diri, kamu harus mampu mengenali diri sendiri, dimulai dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan diri. Tidak hanya menyangkut penampilan fisik, tapi juga karakter diri, seperti kedisiplinan, kebijaksanaan, kegigihan, dan lain lainnya.

2. Cintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri juga termasuk langkah penting menjadi pribadi yang percaya diri. Jangan terlalu keras pada diri sendiri hingga merencanakan banyak ambisi yang tidak realistis. Selain itu, terima setiap kekurangan diri, sebagaimana rasa bangga kamu saat menyadari kelebihan diri. Namun, tetaplah berusaha untuk meminimalisir kekurangan tersebut agar tidak menghambat pengembangan diri. 

3. Berpikir Positif

Usahakan untuk senantiasa berpikir positif dalam menghadapi berbagai situasi pelik. Sebab, ketika kamu berpikir negatif dan mengkhawatirkan banyak hal, kamu justru lebih takut untuk melangkah hingga akhirnya tidak melakukan apapun. Daripada menganggap sebuah masalah sebagai hambatan, lebih baik lihat hal tersebut sebagai tantangan yang membuatmu semakin maju.

4. Jangan Merisaukan Penilaian Orang Lain

Kehidupan sosial memang tidak terlepas dari berbagai penilaian orang lain. Baik itu berupa kritik dan pendapat yang membangun, hingga sekadar basa – basi julid dan tak penting. Apapun itu, tetap kendalikan diri secara penuh. Terima setiap penilaian yang ada, tapi tak perlu terus – terusan larut hingga terbebani tuntutan untuk mengikuti semua kata orang – orang itu.

5. Perbaiki Penampilan

Tidak hanya faktor kepribadian dari dalam, kepercayaan diri juga bisa tumbuh dari penampilan luar. Jadi, jangan segan memperbaiki penampilan menjadi lebih baik lagi, terutama dari cara berpakaian dan pembawaan diri. Pastikan berpakaian yang bersih, rapi, sopan, wangi, dan sesuai dengan acara bersangkutan.

6. Tingkatkan Pengetahuan Dan Kemampuan

Kepercayaan diri juga bisa meningkat dengan kamu berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang baik di suatu bidang. Baik itu hard skill maupun soft skill. Usahakan untuk mendalami suatu bidang keahlian atau tambah skill baru yang membuat dirimu bisa berkembang jadi lebih baik.

7. Belajar Public Speaking

Ilmu public speaking juga berperan besar dalam mendorong seseorang tampil percaya diri, baik secara kepribadian maupun karir. Pelajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik di depan banyak orang, termasuk cara mengendalikan suara dan sikap tubuh hingga terdengar dan terlihat meyakinkan. Misalnya, dengan membiasakan berdiri tegap, tidak membungkuk, berbicara dengan intonasi yang jelas, tatapan menghadap ke depan, dan hal hal lainnya.

8. Siapkan Materi Atau Perencanaan

Hal ini berlaku dalam setiap hal, terutama sebelum tampil di depan umum, seperti presentasi. Pastikan kamu telah menyiapkan materi presentasi sebaik – baiknya dan mencari tahu bagaimana karakter audiens yang kamu hadapi. Begitu pula saat akan mengerjakan suatu project bersama tim baru. Lakukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bisa lebih yakin terhadap keberhasilan project tersebut.

9. Miliki Hubungan Interpersonal Yang Baik

Memiliki hubungan sosial yang baik juga mendorongmu lebih percaya diri. Selain menjadikanmu terbiasa berbicara di depan orang lain, memiliki hubungan sosial yang baik juga dapat meningkatkan self esteem. Kamu pun bisa belajar banyak hal baru dari orang – orang yang dekat denganmu tersebut.

10. Bersedia Menerima Kritikan

Orang yang percaya diri tidak akan defensif saat menerima kritikan atau pendapat orang lain. Meskipun di tips nomor 4 mengajarkanmu agar tidak terlalu merisaukan penilaian orang lain, tapi yang perlu dipahami adalah biasakan diri untuk menerima kritikan tersebut. Semakin menolak kritik hanya akan menjadikanmu narsistik atau justru rendah diri. Dengarkan saja saat ada yang mengkritik, lalu pertimbangkan dengan penilaian dan rencanamu sendiri.

Tampil percaya diri bukanlah bawaan lahir atau bisa didapat dengan instan. Butuh usaha dan latihan secara konsisten agar menjadi pribadi yang percaya diri dan menyenangkan. Ikuti tips di atas dan praktekkan saat presentasi atau kegiatan lainnya. Khusus tips kelima, yaitu memperbaiki penampilan, kamu bisa memulainya dengan membiasakan mix and match baju terbaik di berbagai acara. Kamu bisa melengkapi semua kebutuhan fashion terlengkap di Matahari terdekat atau belanja secara online di website resminya. Gunakan aplikasi Atome saat checkout atau bayar ke kasir untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin. Jadi, tak perlu bayar total belanja sekaligus saat itu juga. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor fleksibel selama 1 hingga 12 bulan. Dapatkan juga kesempatan menikmati voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat. Makanya, download Atome sekarang dan dapatkan promo spesial dari 6.500 lebih merchant yang bekerja sama.

Main keywords of the article: