Blog

10 rekomendasi toner untuk kulit berminyak dan berjerawat

Apr 12 2022

Toner wajah merupakan salah satu rangkaian produk skincare penting yang tak boleh kamu lewatkan. Toner berfungsi membersihkan sisa minyak dan kotoran di wajah yang belum terangkat sempurna. Produk ini juga membantu melembabkan dan menyeimbangkan pH kulit, sehingga memudahkan proses penyerapan produk skincare selanjutnya. Sama halnya dengan pemilihan produk skincare lainnya, pastikan kamu memilih toner wajah sesuai jenis dan kondisi kulitmu. Gunakan toner khusus kulit berjerawat jika kamu mengalami masalah jerawat yang mengganggu.

Cara Memilih Toner Untuk Kulit Berjerawat

Perhatikan beberapa cara berikut dalam memilih toner yang tepat untuk kulit berjerawat, yaitu:

1. Pilih Kandungan Toner Khusus Kulit Berjerawat

Beberapa kandungan toner yang disarankan untuk kulit berjerawat antara lain: glycolic acid, lactic acid, asam salisilat, niacinamide, atau aloe vera.

  • Kandungan asam salisilat mampu mempercepat pelepasan lapisan kulit mati dan membebaskan folikel yang tersumbat. Proses ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat kembali.
  • Aloe Vera bekerja berperan sebagai zat anti-inflamasi pada kulit yang dapat mengurangi jerawat.
  • Niacinamide berguna untuk mengontrol produksi sebum dan bersifat antbakteri.

2. Hindari Kandungan Alkohol 

Alkohol pada kosmetik diklaim mampu mengendalikan minyak dan bahkan mempercepat jerawat kempes. Namun, kandungan alkohol pada toner sangat tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif dan berjerawat. Karena sifatnya cukup keras dan dapat memicu terjadinya iritasi, memperbesar pori – pori, merangsang produksi sebum, dan memunculkan jerawat.

Rekomendasi Toner Khusus Kulit Berjerawat Untuk Wanita

1. Some by Mi Miracle Toner

Produk skincare asal Korea ini sempat viral karena banyak beauty vlogger ternama yang mengulasnya. Toner ini diperkaya AHA, BHA, serta niacinamide dan tea tree oil yang mampu menangkal berbagai jenis bakteri penyebab jerawat. Bekas jerawat juga tersamarkan, sehingga wajah tampak mulus. Menariknya lagi, toner ini tidak mengandung bahan – bahan berbahaya, seperti alkohol, paraben, silikon, dan lain lain.

2. Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Wardah menghadirkan toner khusus kulit berjerawat yang diperkaya witch hazel dan aloe vera. Kandungan tersebut membantu membersihkan pori – pori kulit secara mendalam, mengurangi kadar minyak berlebih, serta mengatasi jerawat bruntusan. Toner ini juga efektif mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit wajah.

3. Avoskin Your Skin Bae Toner Salicylic Acid

Produk Avoskin yang satu ini merupakan exfoliating toner yang mengandung 1% asam salisilat untuk eksfoliasi kulit hingga ke pori – pori. Di dalamnya juga mengandung perpaduan zinc dan air pohon teh untuk mengoptimalkan perawatan komedo dan kulit berjerawat. Kulit pun terasa lembab dan tampak lebih bersih.

4. COSRX AC Collection Calming Liquid Mild

Toner dari COSRX ini  diformulasi dari bahan – bahan yang efektif mengurangi produksi sebum dan mengatasi jerawat. Mulai dari madecassic acid, asiaticoside, dan asiatic acid. Toner ini juga bebas alkohol, zat pewangi, silikon, serta kandungan non-comedogenic lainnya, sehingga diklaim aman untuk kulit sensitif dan berjerawat.

5. Acnes Toner Oil Control

Toner ini diperkaya anti acne yang dapat mencegah dan mengurangi jerawat secara maksimal. Di dalamnya juga terdapat ekstrak 8 tanaman yang efektif mengontrol minyak berlebih dan meringkas pori – pori. Formulanya juga terasa melembabkan, menyegarkan, dan tidak mengandung alkohol.

Rekomendasi Toner Khusus Kulit Berjerawat Untuk Pria

1. Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Toner

Toner tanpa alkohol ini mampu mengendalikan produksi minyak berlebih dan memelihara kebersihan kulit tanpa menjadikannya kering. Terdapat aroma citrus dan herbal yang berasal dari kulit lemon, tea tree, dan belimbing untuk memberikan sensasi menyegarkan. Kombinasi bahan tersebut juga efektif sebagai zat antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit dan antibakteri untuk mengatasi jerawat.

2. Innisfree Forest for Men Fresh Skin

Toner dari Innisfree ini juga aman untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat pada pria. Terbuat dari bahan yang berasal dari kayu cedar, pinus, dan cemara yang kaya phytoncide untuk menjaga kesehatan kulit. Di dalamnya juga mengandung jeju phytoncide complexyang mampu melembabkan dan menyegarkan kulit.

3. N’pure Face Toner Centella Asiatica (Cica Series)

Toner ini mengandung beberapa bahan yang efektif membersihkan kulit dan sisa kotoran dan merawat kulit berjerawat. Mulai dari real centella leaves, green tea, niacinamide, serta ekstrak very berry acne mix fruit. Kulit pun terasa lembab dan lembut, serta tampak lebih bersih, cerah, dan segar. Teksturnya seperti air dan tidak mengental, sehingga terasa nyaman ketika diaplikasikan ke wajah.

4. Lavo Glycolic Acid Toner

Jika mencari toner berbahan aloe vera untuk menjaga kelembaban kulit, produk dari Lavo ini bisa menajdi solusinya.Selain melembabkan, toner ini juga dapat mengatasi kulit berminyak dan membantu proses peremajaan kulit. Ada juga kandungan asam laktat yang bekerja aktif menghancurkan bakteri penyebab jerawat di wajah.

5. Sebamed Clear Face Deep Cleansing Toner

Toner ini mengandung ekstrak hamamelis yang mampu mengecilkan pori – pori wajah dan mengurangi terjadinya iritasi pada kulit berjerawat. Di dalamnya juga diperkaya dengan ekstrak mentimun yang mampu menghidrasi kulit secara maksimal. Kamu juga bisa mengatasi sisa jerawat yang mengganggu berkat adanya kandungan panthenol.

Tips Memakai Toner Untuk Mencegah Jerawat

Setelah mengetahui rekomendasi toner yang tepat, perhatikan juga cara menggunakan toner berikut ini agar jerawat tidak muncul kembali.

1. Bersihkan Wajah Dan Tangan

Bersihkan wajah dari sisa make up dengan make up remover dan lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial wash khusus kulit berjerawat. Bersihkan secara  sempurna dan keringkan dengan handuk bersih. Selain itu, pastikan juga tangan dalam keadaan bersih. Cuci dengan sabun di air mengalir terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan toner.

2. Aplikasikan Toner Dengan Kapas Dan Tepuk-Tepuk Wajah

Tuangkan toner secukupnya pada kapas bersih, lalu usapkan kapas tersebut ke seluruh permukaan wajah secara lembut. Hindari area mata dan bibir. Setelah itu, gosok kedua telapak tangan dan tepuk – tepuk wajah secara ringan untuk membantu toner meresap.

3. Gunakan Secara Rutin Dengan Produk Lainnya

Pakai toner secara rutin setiap pagi dan malam hari. Gunakan juga rangkaian produk skincare lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mulai dari facial wash sebelum memakai toner, serta serum dan krim pelembab setelah menggunakan toner. Jangan lupa juga memakai sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV.

Pemilik kulit berjerawat memang harus ekstra hati – hati dalam memilih produk skincare yang tepat, termasuk toner. Ikuti tips memilih toner untuk kulit berjerawat di atas atau langsung gunakan produk yang telah direkomendasikan di atas. Semuanya bisa kamu beli di toko atau brand – brand kecantikan terbaik yang telah bekerjasama dengan Atome. Mulai dari Sephora, Sociolla, Boots, Beau, Seibu, IStyle, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, kamu bisa belanja toner dan berbagai produk kecantikan lainnya dengan fasilitas cicilan 0% dengan tenor hingga 3 atau 6 bulan dari Atome. Caranya adalah dengan memindai kode QR Atome saat berbelanja langsung di toko atau pilih metode pembayaran Atome saat checkout via website. Nantinya kamu cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi tanpa tambahan DP atau biaya admin lainnya. Untungnya lagi, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan dari 5.000 lebih merchant yang bekerjasama. Makanya, download dan gunakan aplikasi Atome sekarang!

Main keywords of the article: