20 rekomendasi wet food kucing terbaik dan tips membuatnya

May 18 2022

Saat ingin membeli makanan kucing, kamu pasti sering dihadapkan pada pilihan antara wet food dan dry food? Sesuai namanya, wet food adalah makanan basah dengan kadar air di atas 60%. Sedangkan dry food adalah makanan kering yang kadar airnya di bawah 14%. Lantas, manakah yang lebih baik antara wet food dan dry food? Simak pembahasannya berikut ini.

Lebih Bagus Dry Food Atau Wet Food Untuk Kucing?

Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing – masing makanan kucing tersebut.

1. Makanan Kucing Wet Food

(+) Membantu memenuhi asupan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

(+)  Aromanya yang tajam dapat membangkitkan nafsu makan kucing.

(+) Kaya gizi, mulai dari protein, vitamin, dan mineral.

(+) Teksturnya lembut dan mudah dikunyah, cocok untuk kucing yang masih kecil atau berusia lanjut.

(-) Beresiko menimbulkan penumpukan plak, bau mulut, dan masalah kesehatan gigi

(-) Harganya cenderung lebih mahal.

(-) Daya simpannya pendek, sekitar 30-60 menit saja setelah dibuka.

2. Dry Food

(+) Teksturnya renyah, dapat mengurangi penumpukan plak dan karang gigi

(+)  Dapat melatih kekuatan gigi kucing agar lebih tajam

(+)  Harga lebih murah

(+)  Daya simpan lebih lama hingga 6 bulan lebih

(-)  Nutrisi tidak seimbang, sehingga beresiko menyebabkan obesitas

(-)  Teksturnya semakin mengeras ketika musim panas

(-)  Menyulitkan kucing tua ketika memakannya

(-)  Kadar air yang rendah membuatnya sulit tertelan

Cara Membuat Wet Food Kucing

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, sebenarnya kamu juga bisa membuat wet food kucing buatan sendiri. Misalnya, membuat dari ikan tongkol, ikan tuna, atau daging ayam. Berikut tutorial membuat makanan basah kucing dari ikan tongkol, wortel, dan oatmeal.

  • Rebus ikan tongkol, lalu suwir tipis – tipis
  • Rebus wortel dan parut kecil – kecil
  • Siapkan 1/3 cangkir oatmeal yang sudah dimasak
  • Campur ikan tongkol, wortel dan oatmeal
  • Makanan kucing pun siap dihidangkan
  • Simpan di kulkas agar lebih tahan lama hingga kurang dari 3 hari

Rekomendasi Wet Food Kucing Terbaik

Tak punya waktu untuk membuat makanan basah kucing sendiri? Langsung belikan produk siap santap saja! Saat ini sudah ada banyak produk wet food berkualitas yang kaya nutrisi dan mudah ditemukan di toko terdekat. Seperti rekomendasi wet food terbaik untuk kucing berikut ini.

1. Whiskas Pouch Junior Tuna

Terbuat dari potongan ikan tuna segar dan berair. Teksturnya lembut, juicy, dan aromanya sedap. Kaya akan protein, lemak, fosfor, dan lain lain. Cocok untuk anak kucing yang sedang belajar makan serta bagi kucing hamil dan menyusui.

2. Whiskas® Tasty Mix Pouch Adult 1+ Tuna with Kanikama & Carrot in Gravy

Perpaduan ikan tuna, kanikama, dan wortel dalam saus yang lezat. Mengandung 41 nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan, seperti omega 6. Cocok untuk makanan kucing dewasa.

3. Whiskas® Can Adult 1+ Ocean Fish

Masih dari merek Whiskas, varian yang satu ini juga mengandung nutrisi penting untuk kucing, seperti vitamin, protein, dan zinc untuk kesehatan kulit dan bulu yang indah. Diformulasi untuk kucing berusia 1 tahun ke atas.

4. Happy Cat VET Diet – Intestinal

Makanan basah yang diformulasi khusus untuk kucing yang mengalami gangguan pencernaan. Kandungan nutrisinya lengkap, karbohidrat terkontrol, dan mudah dicerna. Cocok untuk kucing dewasa.

5. Happy Cat Chicken & Duck

Varian lainnya dari makanan kucing Happy Cat yang berbahan dasar ayam. Ada juga ekstrak yucca yang menjadikan kotoran kucing tidak bau. Makanan ini juga bebas gluten, sehingga cocok untuk kucing yang alergi gandum.

6. Purina Fancy Feast Tender Ocean Whitefish Feast

Produk dari Nestle ini terbuat dari ocean whitefish yang baik untuk otot dan dapat meningkatkan penglihatan. Di dalamnya juga mengandung ayam untuk memelihara kesehatan sendi kitten.

7. Purina Friskies Deep Sea Delight

Kalau wet food yang satu ini terbuat dari ikan tuna segar yang beraroma khas dan disukai kucing dewasa yang berusia 1-7 tahun. Di dalamnya mengandung agen pembentuk gel, minyak kacang kedelai, mineral, dan vitamin.

8. Purina Friskies Ocean Platter

Satu lagi varian wet food dari Purina yang diformulasi khusus untuk kucing yang terlihat kurus dan malas makan. Teksturnya lembut, kaya mineral dan protein, serta dapat membakitkan selera makan kucing dewasa.

9. Royal Canin Mother & Babycat Ultra Soft Mousse

Makanan ini diformulasi khusus untuk kitten dan induk kucing yang tengah hamil atau menyusui. Teksturnya lembut dan dapat menggantikan fungsi kolostrum sebagai nutrisi kekebalan alami dari air susu induk kucing.

10. Royal Canin Recovery

Varian Royal Canin yang satu ini dibuat untuk kucing yang  menjalani masa pemulihan, misalnya karena sakit. Mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu kucing lebih cepat sembuh.

11. Hill’s Science Diet Adult Liver & Chicken Entrée Cat Food

Produk dari Hill’s Pet Nutrition ini dirancang khusus untuk menjaga berat badan kucing agar tetap ideal. Kandungan nutrisinya seimbang, salah satunya protein yang dapat membantu pembentukan otot tanpa lemak. Cocok untuk kucing dewasa berusia 1-6 tahun.

12. Hill’s Youthful Vitality Salmon & Vegetable Stew

Kalau varian yang ini diformulasi untuk kucing berusia lebih dari 7 tahun. Terbuat dari rebusan ikan salmon dan sayuran yang dapat mendukung fungsi otak, interaksi, energi, dan vitalitas kucing.

13. Kit Cat Kitten Mousse Canned Cat Food

Terbuat dari ikan tuna segar yang dipadu dengan minyak kedelai tanpa campuran lemak dan tanpa daging babi. Kaya akan omega 3 dan 6 yang baik untuk penglihatan kucing dan mengurangi risiko batu ginjal. Cocok untuk kucing semua umur.

14. Profelin Wet Cat Food Tuna Red Meat in Jelly with Chicken Topping

Makanan basah yang terbuat dari tuna merah dengan tambahan topping daging ayam. Kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan bulu kucing. Makanan ini direkomendasikan untuk kucing berusia 2 bulan ke atas.

15. Pro Plan Wet Kitten

Produk ini juga kaya akan zat antioksidan yang baik untuk reproduksi dan kekebalan tubuh kucing. Diformulasi khusus untuk kitten berusia 4-52 minggu dan telah memenuhi standar AAFCO sebagai makanan sehat untuk memelihara kesehatan anak kucing.

16. Life Cat 100% Chicken and Salmon

Terbuat dari daging ayam yang kaya vitamin dan mineral. Kandungan nutrisinya mampu menyehatkan kulit dan membantu pertumbuhan otot – otot kucing. Makanan ini direkomendasikan untuk kucing dewasa dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

17. Inaba Pet Foods Ciao Chu Ru Tuna for Kitten

Sesuai namanya, makanan ini diformulasi untuk bayi kucing. Terbuat dari ikan tuna segar dengan kadar air hingga 75% untuk memenuhi asupan cairan tubuh.

18. Sheba Tuna Fine Food for Cats

Terbuat dari potongan daging dan ikan segar yang dipadu dengan saus lembut. Mengandung protein, asam amino, mineral, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk memelihara kesehatan kucing. Direkomendasikan untuk kucing dewasa.

19. Me-O Wet Food

Makanan basah yang terbuat dari ikan tuna dan daging ayam untuk kucing dewasa. Kaya akan vitamin C dan D, serta omega 3 dan 6 yang membantu meningkatkan imunitas tubuh kucing dan menekan resiko batu ginjal.

20. Snappy Tom Tuna & Shrimp In Jelly

Produk ini terbuat dari ayam dan ikan asli yang kaya protein, vitamin, dan mineral. Makanan ini juga lebih aman untuk kucing. Karena bebas dari gandum, biji – bijian, serta tidak ada campuran perasa, pewarna, atau pengawet. Cocok untuk kucing dewasa.

FAQ

  • Berapa banyak wet food yang harus diberikan pada kucing? Tidak lebih  dari 6 ons makanan basah per hari.
  • Apakah boleh memberi makan kucing hanya dengan wet food? Sebaiknya jangan. Tetap variasikan dengan dry food untuk melatih kekuatan gigi dan mencegah penumpukan plak atau masalah kesehatan gigi lainnya.
  • Bisakah anak kucing makan wet food biasa? Bisa. Justru anak kucing lebih baik diberi makanan basah. Tapi pastikan memilih jenis wet food khusus kitten.
  • Berapa lama wet food kucing bertahan di luar? Maksimal 30-60 menit saja.
  • Apakah wet food kucing harus didinginkan? Simpan wet food pada suhu 4-7 derajat Celcius. Atau simpan di bagian atas chiller jika masih akan lama diberikan. Jangan menyimpannya lebih dari 7 hari di kulkas.
  • Bisakah wet food kucing dibekukan? Tidak. Jika wet food dimasukkan dalam freezer, maka akan mengubah rasa dan teksturnya.
  • Bolehkan mencampur wet food kucing dengan air? Tidak perlu, karena produk wet food umumnya sudah mengandung cukup air dan siap santap.

Belikan wet food spesial untuk kucing peliharaanmu di rumah dari merek makanan kucing terbaik di atas. Dapatkan semuanya di JD.ID yang menjual berbagai kebutuhan terlengkap dan terjamin orisinal. Kamu juga berhak mendapatkan fasilitas cicilan 0% dari Atome saat berbelanja di JD.ID. Jadi, tak perlu mengkhawatirkan biaya saat ingin belanja beragam kebutuhan dan barang impian. Checkout dengan Atome dan bayar tagihan hingga 3 sampai 12 bulan tanpa tambahan DP atau biaya admin lainnya. Dapatkan juga voucher diskon eksklusif dari Atome dan 5.000 lebih merchant lainnya dari berbagai kategori. Mulai dari fashion, kecantikan, kebugaran, elektronik, dekorasi rumah, dan masih banyak lagi.

Main keywords of the article: