Blog

4 penyebab Atome tidak bisa digunakan dan cara mengatasinya

Aug 01 2022

Layanan buy now pay later kini menjadi alternatif belanja praktis yang tak terpisahkan dari gaya hidup modern. Seperti penggunaan Atome sebagai metode pembayaran andalan yang memberikan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin. Jumlah merchant-nya kini juga telah mencapai 6.500 lebih store dan sering sekali membagikan voucher diskon eksklusif yang bikin belanja semakin hemat. Kamu yang telah setia menggunakan Atome pasti sudah merasakan semua manfaat tersebut.

Berbicara tentang aplikasi Atome, pernahkah akun Atome milikmu tiba – tiba tidak bisa digunakan? Mulai dari gagal transaksi walau akun sudah terverifikasi, hingga munculnya notifikasi akun diblokir. Atau, kamu justru mengalami kendala saat baru pertama kali mendaftar Atome? Sudah memasukkan nomor HP aktif dan KTP asli, tapi pendaftaran akun Atome gagal terus? Alhasil, gagal mendaftar akun dan tidak bisa menikmati semua layanan Atome.

Tak perlu bingung jika mengalami semua kendala tersebut. Tetap tenang, karena semua kendala tersebut dapat ditelusuri penyebab dan cara pemecahannya. Simak beberapa alasan akun Atome tidak bisa digunakan beserta cara mengatasinya berikut ini.

1. Penyebab Registrasi Akun Atome Ditolak

Beberapa orang gagal mendaftar akun Atome, padahal sudah mengikuti langkah – langkah pendaftaran sesuai petunjuk di aplikasi. Mulai dari memasukkan nomor HP aktif, verifikasi kode OTP, hingga mengunggah foto selfie dan KTP asli. Tapi pendaftaran akun Atome belum berhasil. Aplikasi hanya menampilkan notifikasi pop-up yang menyatakan, “Mohon maaf registrasimu belum bisa kami proses”.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa penyebab mengapa calon pengguna gagal mendaftar akun Atome, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Nomor HP, alamat email, atau KTP yang kamu gunakan sudah terdaftar di akun lain. Mungkin, kamu lupa jika pernah mendaftarkannya beberapa waktu sebelumnya. Atau justru ada orang lain yang menggunakan data diri milikmu tanpa izin untuk mendaftar akun Atome. Jika memang pernah mendaftar akun sebelumnya, maka kamu tinggal login kembali menggunakan nomor HP dan password yang terdaftar.
  • Informasi data diri yang disampaikan tidak konsisten. Misalnya, nama yang dimasukkan berbeda dengan nama yang tertera pada KTP, sehingga sistem mendeteksinya sebagai inkonsistensi data.
  • Foto KTP atau selfie yang diambil tidak cukup jelas. Untuk verifikasi akun, Atome mewajibkan semua pengguna mengunggah foto KTP dan selfie yang terlihat jelas. Jika hasil fotonya buram, gelap, atau resolusinya kurang, maka foto tidak terlihat jelas dan kemungkinan besar akan ditolak sistem.
  • Kartu identitas rusak atau retak, sehingga data pada kartu tidak dapat terbaca dengan jelas. Sehingga sistem akan menolaknya.

Untuk mengatasi penyebab gagal mendaftar akun Atome, coba lakukan pendaftaran akun kembali setelah masa penolakan secara berkala 30-60 hari ke depan. Gunakan nomor HP, alamat email, dan KTP yang belum pernah didaftarkan sebelumnya. Pastikan juga foto KTP dan selfie yang kamu unggah dapat terlihat dengan jelas. Jika masih mengalami kegagalan pendaftaran, silakan hubungi layanan pelanggan Atome melalui email support@atome.id.

2. Penyebab Transaksimu Di Atome Ditolak

Ada juga pengguna Atome yang mengalami kendala saat bertransaksi dengan Atome. Saat hendak membayar dengan Atome, tiba – tiba aplikasi menampilkan pop up yang menuliskan, “Mohon maaf kami belum bisa memproses transaksimu”. Kegagalan melakukan transaksi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Customer bertransaksi melebihi limit. Perlu kamu ketahui, pada tahap awal, limit cicilan pengguna Atome rata – rata senilai Rp 3.000.000. Seiring transaksi, limit bisa naik hingga lebih dari Rp 10.000.000. Pastikan total transaksimu tidak melebihi limit cicilan yang kamu dapatkan dari Atome.
  • Customer memiliki pembayaran yang lewat jatuh tempo. Jika masih memiliki tagihan yang tertunggak sebelumnya, maka pengguna tidak dapat melakukan transaksi baru.
  • Sistem mendeteksi risiko transaksi. Biasanya terjadi karena sistem mencurigai adanya penyalahgunaan akun atau sejenisnya.

Untuk mengatasi penyebab transaksi Atome gagal, silakan transaksi ulang dengan memastikan jumlahnya tidak melebihi limit cicilan yang ditetapkan. Jika masih memiliki tagihan yang tertunggak, silakan melakukan pembayaran tagihan terutang terlebih dahulu agar akun bisa digunakan untuk transaksi baru. Dalam hal ini, mohon tunggu waktu sekitar 30 menit sebelum mencoba transaksi lagi.

3. Penyebab Akun Atome Milikmu Diblokir

Penyebab transaksi gagal lainnya yaitu akun Atome diblokir atau dibekukan. Tentunya hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Jika akun Atome milikmu tiba – tiba terblokir, maka ada dua kemungkinan penyebab, yaitu:

  • Pengguna memiliki tagihan terutang yang lewat tanggal jatuh tempo. Ketika masih ada cicilan yang belum kamu selesaikan, maka akun Atome milikmu tidak dapat digunakan untuk transaksi baru.
  • Sistem mendeteksi risiko transaksi. Biasanya terjadi karena sistem mencurigai adanya penyalahgunaan akun atau sejenisnya.

Cara mengatasinya sama dengan sebelumnya, yaitu selesaikan pembayaran yang melewati tanggal jatuh tempo beserta nominal denda yang dibebankan. Lalu coba lakukan transaksi kembali setelah masa penolakan secara berkala 30-60 hari ke depan. Tanpa melunasi tagihan tersebut, akun Atome milikmu akan tetap diblokir.

4. Pengguna Lama, Tapi Transaksinya Ditolak

Mungkin, kamu termasuk pengguna setia Atome yang telah memakai Atome sejak lama dan sering melakukan transaksi tanpa adanya kendala. Kamu pun telah melakukan verifikasi data dan membayar semua tagihan tepat waktu. Akan tetapi, masih ada kemungkinan Transaksimu tiba – tiba ditolak, padahal tidak ada tagihan yang tertunggak. Perlu diketahui, pihak internal Atome selalu mengawasi dan melakukan evaluasi secara sistematis terhadap semua pengguna Atome. Semua transaksi pengguna akan dianalisa sebagai bahan pertimbangan dalam memproses pengajuan transaksi berikutnya.

Untuk menghindari penolakan transaksi ini, pastikan kamu senantiasa menggunakan aplikasi Atome dengan baik. Lakukan transaksi sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk dalam mengaplikasikan voucher atau promo tertentu. Pastikan juga untuk selalu membayar tagihan tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo berakhir. Hindari penyalahgunaan akun, seperti penggunaan bot, pemakaian satu akun di beberapa perangkat, dan lain sebagainya. Cek juga notifikasi Atome secara berkala untuk update informasi dan ketentuan pelanggan terbaru.

Tak perlu panik jika gagal mendaftar atau melakukan transaksi dengan Atome. Seperti semua penjelasan di atas, ada beberapa kemungkinan mengapa pengguna gagal mendaftar atau melakukan transaksi di Atome. Coba cek kembali aplikasi Atome di HP-mu dan telusuri penyebab pendaftaran atau transaksimu ditolak. Jangan langsung uninstall, karena permasalahan tersebut bisa diatasi dengan mudah. Jika masih mengalami kendala, langsung hubungi customer support Atome via email untuk mendapatkan bantuan.

Tetap gunakan Atome sebagai metode pembayaran praktis untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan barang impian. Nikmati fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin, serta kesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif. Tenor cicilannya pun sangat beragam, mulai 1 hingga 12 bulan. Jumlah merchant yang telah bekerja sama juga melimpah, yaitu mencapai 6.5000 lebih store offline maupun online. Makanya, download dan gunakan Atome sekarang juga! Ikuti semua media sosial Atome untuk update info promo terbaru dari brand – brand favoritmu.

Main keywords of the article: