Blog

5 Kesalahan Makeup Yang Perlu Kamu Hindari

Jan 19 2022

Apakah kamu termasuk wanita yang baru di dunia makeup dan kesulitan menerapkannya dengan benar? Jika iya, maka kamu harus mengetahui 5 kesalahan makeup yang perlu kamu hindari! Di pembahasan kali ini, kami juga akan membagikan tips cara mengatasinya. Kira – kira, kesalahan apa saja yang sering terjadi?

1. Pemilihan Warna Lipstik Salah

Lipstik merupakan salah satu komponen makeup penting dan wajib. Karena sangat jarang wanita yang menerapkan makeup tapi melewatkan lipstik. Bahkan ada lipstik yang digunakan sebagai blush-on di pipi. Nah, bagi wanita yang baru saja terjun ke dunia makeup, seringkali salah membeli warna lipstik. Hasilnya, makeup kamu jadi terlihat kurang natural. Lalu gimana sih cara memilih warna lipstik yang benar?

Pertama, jawab pertanyaan ini: apa warna kulit kamu?

Kalau sudah ketemu, maka kamu bisa sesuaikan warna lipstik sesuai tone kulit. Untuk kulit putih, pilih lipstik warna nude dan terang seperti cokelat, merah, pink, oranye terang, atau emas. Sedangkan untuk kulit pucat, kamu bisa memilih lipstik berwarna pastel dan beberapa pilihan warna terang seperti oranye, biru, atau merah untuk memberi kesan mewah.

Lanjut untuk kulit kuning langsat, pilihlah warna lipstik oranye bata, merah maroon, atau dark berry. Jangan memilih warna nude, karena membuat penampilanmu terlihat semakin pucat. Sedangkan untuk kulit sawo matang, dapat menggunakan lipstik warna merah, pink, atau ungu muda. Dan terakhir warna kulit gelap, cocok menggunakan lipstik merah dan merah tua.

2. Foundation Tidak Sesuai Warna Kulit

Selain lipstik, pemilihan warna foundation juga harus menyesuaikan warna kulit, karena foundation merupakan makeup dasar untuk menciptakan warna kulit yang merata. Sangat penting untuk menyesuaikan warna kulit agar tidak belang. Lalu gimana cara memilih warna foundation yang tepat?

Setelah mengetahui warna kulit, kamu bisa memilih warna foundation ivory untuk kulit putih, beige untuk kuning langsat, light honey atau natural buff untuk kulit medium, tan atau warm honey untuk kulit sawo matang, dan coconut atau espresso untuk kulit gelap. Setelah mengetahui warna foundation yang cocok, kamu tinggal mencobanya terlebih dahulu, karena untuk satu warna kulit, ada berbagai macam pilihan warna.

Untuk hasil akhir foundation ada matte dan dewy, kamu bisa memilih sesuai selera. Tapi biasanya wanita Asia lebih suka matte agar menyerupai kulit asli dan tidak mudah kusam untuk makeup sehari – hari.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan concealer sebagai pelengkap foundation, yang berfungsi untuk menyamarkan flek dan kantong mata hitam, sehingga warna kulit jauh lebih merata dan makeup lainnya bisa menempel sempurna. Selamat mencoba ya!

3. Alis Tidak Natural

Tantangan selanjutnya yang harus kamu alami saat makeup adalah membentuk alis natural. Kesalahan yang sering terjadi adalah membentuk alis yang tidak simetri, terlalu tebal, dan salah memilih warna. Lalu gimana cara membentuk alis yang benar?

Tips pertama adalah mengetahui bentuk wajah. Untuk bentuk bulat, kamu bisa menggambar alis melengkung di ujung. Untuk bentuk oval, bisa membuat alis natural dengan ujung sedikit lancip. Kemudian alis bentuk bulat untuk wajah persegi dan hati, alis lurus untuk wajah panjang, dan alis lancip untuk wajah segitiga.

Selain membentuk alis sesuai bentuk wajah, kamu juga harus memperhatikan cara gambar dan warna alis. Pilih warna sesuai atau mendekati aslinya. Misalnya kamu punya warna alis cokelat, pilih pensil alis warna senada seperti brown atau ash brown. Selain itu, cara gambarnya juga harus simetri antara sisi kanan dan kiri, dan tidak terlalu tebal. Kamu bisa latihan terlebih dahulu di kertas gambar menggunakan pensil biasa. Selamat latihan ya!

4. Shading Tebal

Shading merupakan teknik makeup untuk mempertegas struktur, dimensi, dan simetri wajah. Namun biasanya penerapan shading terlalu tebal sehingga menimbulkan kesan warna tidak merata pada wajah. Maka sebagai pemain baru, kamu harus mengetahui langkah – langkah penerapan shading yang tepat. Gimana langkah – langkahnya?

Pada langkah awal, kamu bisa pilih foundation atau concealer dengan warna 1 tingkat lebih tinggi dari warna kulitmu, dan diterapkan pada bagian tengah dahi, tengah hidung, pipi bagian dalam, dan dagu bagian dalam.

Langkah selanjutnya, pilih warna foundation 2 tingkat lebih gelap dari warna kulit dan terapkan di dahi bagian tengah atas, pipi sisi luar, hidung bagian luar, hingga dagu samping kiri – kanan. Jangan lupa blend-kan ke arah luar agar tidak belang. Selamat mencoba!

5. Pengaplikasian Blush-on Tidak Sesuai

Setelah memakai lipstik, foundation, alis, dan shading, makeup tidak akan terlihat optimal jika salah memilih warna blush-on. Contohnya seperti menerapkan warna blush-on bold untuk kulit putih atau warna ngejreng untuk kulit sawo matang. Karena kesalahan ini membuat makeup kamu terlihat tidak natural. Lalu gimana cara memilih blush-on yang cocok?

Kembali lagi ke pertanyaan ini: apa warna kulitmu?

Untuk warna kulit putih cerah bisa memilih warna lembut seperti pink, oranye, hingga merah bata. Sedangkan pemilik kulit warna kuning langsat bisa menggunakan warna undertone seperti coral dan peach. Lalu untuk kulit berwarna sawo matang dan gelap, bisa memadukan warna – warna bold seperti bronze.

Nah, itulah 5 kesalahan makeup dan cara mengatasinya supaya terlihat cantik maksimal! Kalau kamu bingung mau belanja makeup di mana, coba kunjungi SECONDATE untuk belanja eyeshadow palette, pensil alis, lip tint, dan lain – lain.

Kerennya lagi, setiap pembelian produk SECONDATE menggunakan Atome akan mendapatkan promo ​​January Special Deals berupa potongan Rp 50.000 dengan minimal transaksi senilai Rp 300.000 lho!

Promo ini berlaku mulai dari 1 hingga 31 Januari 2022, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Langsung belanja sekarang sebelum promo kedaluwarsa! Dan jangan lupa untuk men-download aplikasi Atome melalui link ini.

Main keywords of the article: