Blog

About hiking: Manfaat, perlengkapan, dan rekomendasi tempat

Aug 19 2022

Dalam bahasa Inggris, istilah hiking artinya lintas alam. Ya, hiking memang tidak terpisahkan dari kegiatan bertualang melintasi alam. Hiking adalah kegiatan outdoor dengan cara berjalan kaki menyusuri alam yang biasanya dilakukan di jalur – jalur cukup ekstrem dengan pemandangan indah. Tak heran, beberapa orang juga menyebut hiking sebagai kegiatan rekreasi sambil berolahraga. Hiking juga bisa menjadi pilihan kegiatan yang tepat untuk memulai wellness journey lebih baik lagi. Karena bermanfaat meningkatkan kesehatan fisik dan mental sekaligus.

Manfaat Hiking

Hiking termasuk olahraga rekreatif, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan jiwa dan raga para pelakunya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • , terutama bagian kaki dan paha, karena mengharuskan kamu berjalan jauh.
  • , terutama saat melewati medan – medan yang cukup ekstrem.
  • , efek dari hiking yang menuntut kelincahan dan pengaturan napas.
  • , sehingga dapat mengurangi tingkat kecemasan, stres, dan memperbaiki kualitas tidur.
  • saat hiking menyusuri medan yang kamu pilih. Selain meningkatkan kecintaan terhadap alam, hal ini juga memungkinkan kamu lebih  lebih mindful dan berefleksi.
  • yang dijamin akan menambah banyak pengalaman, terutama soal pengetahuan saat harus beradaptasi dengan alam.

Peralatan Hiking Dasar

Butuh beberapa perlengkapan dasar untuk menunjang kegiatan hiking agar bisa menjadi lebih aman dan lebih nyaman, di antaranya:

1. Sepatu Hiking

Area hiking biasanya terdiri dari jalan yang terjal, berbatu, atau bersemak. Karena itu, dibutuhkan sepatu khusus dengan alas yang kuat untuk melewati medan kasar. Pastikan juga bahannya tahan airdan nyaman dipakai agar tidak mudah lelah.

2. Tas Ransel Hiking

Gunakan tas gunung atau tas ransel khusus yang mampu menampung semua perbekalan. Sebaiknya pertimbangkan juga yang bahannya tahan airdan memiliki beberapa kompartemen di luar agar mampu memudahkan kamu saat mengambil barang.

3. Kompas Dan Peta

Kedua alat ini sangat penting untuk menunjukkan arah dan lokasi yang tepat agar tidak tersesat, terutama jika mendaki di daerah tak dikenal. Sebaiknya bawa kompas dan peta konvensional untuk terhindar dari kejadian susah sinyal atau kehabisan baterai ponsel.

4. Senter

Senter juga tak kalah penting untuk memberikan tambahan cahaya ketika melewati tempat – tempat yang gelap, terutama saat hiking di malam hari.

5. Perlengkapan P3K

Bawa perlengkapan P3K yang meliputi obat – obatan pribadi, perban, krim antiseptik, obat penghilang rasa sakit, dan beberapa barang untuk kebutuhan darurat lainnya.

Pakaian Untuk Hiking (Outfits Hiking)

Selain membutuhkan beberapa perlengkapan di atas, hiking juga memerlukan pakaian khusus untuk menjaga diri tetap aman selama perjalanan. Berikut beberapa outfit yang harus kamu pakai saat hiking.

1. Kaus

Pilih kaus yang breathable, elastis, mampu menyerap keringat, dan cepat kering saat terkena air. Pastikannya juga bahannya nyaman dan terasa ringan, misalnya dari bahan katun premium.

2. Celana Hiking

Gunakan celana khusus hiking, baik itu celana pendek atau celana panjang. Pastikan bahannya nyaman, cepat kering, dan memungkinkan kamu untuk bergerak secara fleksibel.

3. Jaket Gunung

Jika hiking di jalur pendakian gunung, jangan lupa memakai pakai jaket gunung untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Pilih juga yang bahannya waterproof (tahan air), windproof (tahan angin), dan warm up (mampu menghangatkan).

4. Penutup Kepala

Gunakan penutup kepala, seperti topi untuk melindungi kepala saat melewati jalur yang ada ranting tajam atau sejenisnya. Pakai topi rimba model bucket hat di siang hari dan gunakan beanie hat atau kupluk untuk menambah kehangatan di malam hari.

5. Kacamata Dan Sarung Tangan

Kacamata dapat melindungimu dari bahaya sinar UV serta membuatmu tampil lebih bergaya. Sementara sarung tangan bisa melindungimu tanganmu saat tak sengaja memegang atau menyentuh benda – benda kasar atau tajam. Sarung tangan juga bisa bermanfaat untuk menambah kehangatan saat hiking malam hari.

Rekomendasi Tempat Hiking Terbaik

Setelah mengetahui manfaat hiking beserta perlengkapan yang harus disiapkan, sekarang kami akan memberikan rekomendasi beberapa tempat hiking terbaik di Indonesia. Beberapa gunung berikut ini memiliki medan yang cukup menantang untuk dilalui. Tapi juga menyuguhkan pemandangan indah sepanjang trek hingga puncak.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani termasuk gunung berapi aktif dan merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Lokasinya berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ada beberapa jalur yang bisa kamu lewati. Jalurnya cukup menantang dan dikelilingi pemandangan alam nan indah.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo juga termasuk gunung berapi aktif dengan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Salah satu rute paling populer bisa dimulai dari Desa Cemoro Lawang, Probolinggo, Jawa Timur. Dari sana membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk sampai ke puncak.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia. Lokasinya masih satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Salah satu spot paling populer dari pendakian Semeru yaitu adanya Ranu Kumbolo, danau indah yang dikelilingi perbukitan hijau.

4. Gunung Ijen

Masih di wilayah Jawa Timur, ada Gunung Ijen yang termasuk gunung berapi aktif di Banyuwangi. Gunung ini merupakan rumah bagi danau asam terbesar di dunia. Kawahnya juga memiliki fenomena alam unik berupa blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia, dan salah satunya bertempat di sini.

5. Gunung Merapi

Gunung Merapi juga bisa menjadi rekomendasi tempat hiking terbaik yang menawarkan jalur cukup menantang. Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini juga termasuk gunung berapi paling aktif dan memiliki panorama alam yang begitu cantik.

Tips Hiking Yang Aman

Tidak sabar ingin segera berangkat hiking ke gunung – gunung tercantik di atas? Lakukan persiapan secara matang dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Pilih jalur pendakian sesuai dengan tingkat kebugaran. Lebih baik riset lokasi dan medan hiking yang akan dilalui terlebih dahulu, atau konsultasi ke orang yang lebih berpengalaman.
  • Lakukan latihan fisik beberapa harisebelum hiking. Jangan lupa pemanasan dan meningkatkan kebugaran secara bertahap.
  • Siapkan semua perlengkapan, mulai dari pakaian, alas kaki, tas, dan beberapa peralatan lainnya untuk menunjang kegiatan.
  • Beri tahu seseorang ke mana kamu akan pergi dan kapan akan kembali. Biasanya jaringan di lokasi hiking kurang bagus, sehingga lebih baik mengabari orang terdekat lebih awal.
  • Bawa perbekalan secukupnya, baik itu air dan makanan ringan. Kemas secara tepat agar bisa muat ke dalam tas.

Hiking termasuk kegiatan outdoor yang butuh persiapan matang. Sebelum berangkat hiking, pastikan kondisi fisikmu fit dan semua peralatan lengkap. Mulai dari pakaian, alas kaki, tas, dan kebutuhan penting lainnya. Dapatkan peralatan hiking terlengkap dari Eiger, salah satu brand perlengkapan outdoor terbaik di Indonesia. Kunjungi gerai terdekat di kotamu atau belanja online di website resminya. Gunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor 1 hingga 12 bulan yang bisa kamu pilih semaumu. Untungnya lagi, kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari Atome dan 6.500 merchant lainnya yang bekerja sama. Ayo buruan!

Ayo ikutan di Share & Earn Atome! Dapatkan Rp75.000 untuk setiap teman yang berhasil kamu refer untuk mempergunakan Atome melalui link yang kamu berikan ke mereka. Tersedia juga diskon up to 40%. Program ini berlaku untuk semua user atau pengguna Atome, baik yang baru maupun yang setia menjadi pelanggan Atome selama ini. Periodenya berlangsung mulai 22 Juli sampai 31 Agustus 2022 ini. Segera ikuti!

Kemudian ada juga program Independence Week. Kamu berkesempatan mendapatkan potongan up to Rp170.000, untuk pengguna baru dan setia aplikasi Atome. Periode promo ini mulai tanggal 17 hingga 21 Agustus 2022. Segera manfaatkan promo menarik ini ya! Dan tentunya setiap promo memiliki Syarat dan Ketentuan berlaku. Dapatkan informasi lengkapnya di aplikasi Atome.

Main keywords of the article: