Blog

Alasan Kenapa Tidak Boleh Memakai Masker Wajah Terlalu Lama

Oct 22 2021

Menggunakan masker wajah adalah salah satu cara praktis untuk menjaga dan merawat kulit wajah. Masker wajah mengandung nutrisi yang mampu untuk mengatasi masalah kulit, yang standar maupun yang spesifik. Penggunaan masker wajah diyakini mampu membuat kulit terasa lembut, kenyal, segar, dan cerah berseri. Tetapi ternyata penggunaan masker perlu untuk diperhatikan, karena jika digunakan terlalu lama, masker tersebut justru akan berdampak buruk bagi kulit penggunanya. Jangan sampai salah langkah ya, bisa-bisa malah jadi berabe nih! Tapi sebelum ke pembicaraan itu, yuk kita berkenalan dulu dengan beberapa jenis masker yang terdapat di pasaran. Berikut ini jenis-jenis masker paling umum yang dapat kamu pakai:

Masker Dari Tanah Liat

Masker dari tanah liat memiliki banyak sekali jenis di pasaran. Dari yang bentonit hingga kaolin, setiap jenis masker tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Namun secara umum, masker tanah liat memiliki fungsi untuk menghilangkan minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, serta membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Masker Dari Arang

Masker yang diformulasikan dengan arang ini memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi permukaan kulit. Masker ini berfungsi seperti magnet untuk menarik kotoran. Masker arang adalah pilihan yang sempurna untuk semua jenis kulit. Penggunaan masker arang secara teratur membuat kulit bebas kotoran dan lebih bercahaya.

Masker Lembaran

Tidak seperti masker tanah liat atau masker arang, masker lembaran tidak perlu dibilas setelah digunakan. Hal ini merupakan pilihan yang bagus ketika kamu membutuhkan perbaikan kulit secara cepat. Masker lembaran biasanya direndam dalam serum yang penuh nutrisi dan berisi konsentrasi tinggi bahan-bahan ampuh untuk mengatasi masalah kulit.

Overnight Mask

Overnight mask adalah yang kandungan nutrisi dalam kadar tertentu yang dibutuhkan oleh kulit untuk meningkatkan kecantikan selama kamu tidur. Overnight mask dirancang untuk dipakai sepanjang malam saat sedang tidur, agar kulit wajah kamu bisa melakukan proses regenerasi.

Kapan waktu terbaik menggunakan masker?

Setelah Kulit Terkena Sinar Matahari

Meskipun kamu sudah berhati-hati untuk menjaga kulit agar terhindar dari sinar matahari, kulit masih mungkin terpapar sinar UV dan menjadi kering. Jika kamu memerlukan hidrasi, segera gunakan masker lembaran yang akan membuat kulit wajah menjadi lebih lembab dan mempunyai efek menenangkan. Gunakan masker dengan kandungan lidah buaya agar kelembaban bertahan lebih lama.

Saat Sedang Bekerja

Jika kamu bekerja di kantor yang ber-AC, cobalah mencuri waktu sejenak untuk bisa memakai masker. AC di kantor membuat kulit jadi kering dan lebih cepat berminyak. Kamu bisa pilih masker yang mempunyai efek untuk melembabkan sembari kamu mengerjakan pekerjaan kantor.

Selama Sedang Bersantai

Masker wajah adalah salah satu cara yang terbukti ampuh untuk menenangkan kulit. Pakailah masker kapan pun saat kamu sedang bersantai. Bisa saat sedang menonton film, berendam dalam bathtub, melakukan manikur atau pedikur, dan kegiatan rumah lainnya. Gunakan masker dengan kandungan hidrasi yang cukup dan sesuai dengan masalah kulit yang kamu hadapi.

Walaupun menggunakan masker wajah terdengar mudah untuk dilakukan, ternyata banyak kesalahan tanpa sadar yang sering dilakukan pemakainya. Apa saja kesalahan tersebut?

1. Tidak tahu produk yang cocok untuk kulit

Cobalah untuk teliti ketika kamu membeli atau memilih masker. Sesuaikan masker tersebut dengan jenis kulit kamu, karena kulit kering, berminyak, sensitif, atau kulit kombinasi tidak bisa dirawat dengan cara yang sama. Salah memilih masker untuk wajah dapat menyebabkan beragam masalah seperti pori-pori tersumbat, kemerahan, hingga timbul jerawat yang berlebihan.

2. Hanya menggunakan satu masker ke seluruh wajah

Area T di kulit wajah cenderung merupakan area yang berminyak. Ada baiknya ketika menggunakan dua masker, yaitu masker exfoliating di area T, dan hydrating mask di bagian pipi. Masker exfoliating akan mengeluarkan kotoran dari pori-porimu, sedangkan hydrating mask akan mengembalikan kelembapan kulit wajah.

3. Terlalu lama menggunakan masker

Beberapa wanita percaya dengan mitos yang mengatakan semakin lama menggunakan masker, maka akan memberikan dampak positif untuk kulitmu. Ternyata hal tersebut salah, karena hal itu malah jadi bisa merusak kulit wajahmu. Terlalu lama menggunakan masker bisa menyebabkan wajah menjadi kering, atau salah-salah bisa tambah berminyak, dan timbul jerawat. Sangat penting untuk mengetahui batas waktu pemakaian masker yang benar demi hasil yang maksimal.

4. Mencuci wajah usai menggunakan masker

Sebelum menggunakan masker, kamu harus membersihkan wajah secara menyeluruh terlebih dahulu. Karena pemakaian masker wajah membutuhkan kulit yang benar-benar bersih agar masker tersebut dapat bekerja secara maksimal. Dan setelah menggunakan masker tersebut, kamu tidak perlu untuk mencuci wajah dengan sabun lagi. Cukup tepuk wajah perlahan dengan tangan, atau bilas dengan air, dan rasakan manfaatnya.

5. Menunggu waktu tepat untuk menggunakan masker

Tidak perlu menunggu untuk menggunakan masker. Untuk mendapatkan kulit wajah yang maksimal, kamu perlu untuk menggunakan masker satu hingga dua kali dalam seminggu. Kamu juga perlu untuk membaca petunjuk di kemasan masker untuk penggunaan yang sempurna.

Masker adalah pelengkap perawatan wajah yang biasanya bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebagian besar orang terbiasa untuk menggunakan masker sebanyak satu sampai dua kali seminggu. Hal ini dikarenakan masker bukanlah rutinitas skincare yang harus dilakukan sehari-hari. Hal ini merupakan aturan wajib dalam penggunaan masker wajah. Tidak hanya itu juga, aturan dasar penggunaan masker yang perlu untuk diperhatikan adalah intensitas waktu saat sedang memakai masker, karena jika digunakan terlalu lama, masker tersebut justru akan berdampak buruk bagi kulit penggunanya.

Sebaiknya penggunaan masker dilakukan sekitar 10-15 menit saja. Jangan sampai masker digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama, apalagi sampai ketiduran. Karena dengan mendiamkan masker sampai mengering di wajah malah akan membuat kelembapan alami yang ada di kulit wajah jadi terangkat dan menjadikannya kering. Jika kulit wajah menjadi kering, hal ini bisa memicu penuaan dini. Alih-alih ingin kulit cantik dan mulus dengan penggunaan masker secara rutin, kamu malah justru jadi merusak kulit wajah kamu sendiri.

Setelah penggunaan masker, kamu sebaiknya juga mengikuti aturan-aturan dasar lainnya, seperti apakah setelah memakai masker perlu mencuci wajah atau tidak. Biasanya penggunaan sheet mask dan peel off mask tidak memerlukan cuci wajah sesudahnya. Karena hal ini malah justru akan menghilangkan khasiat masker itu sendiri, dan kamu malah jadi tidak dapat manfaat dari masker tersebut.

Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembab setelah penggunaan masker wajah. Jika kamu menginginkan kulit yang putih serta mulus, gunakan krim whitening series setelah memakai masker. Atau kamu juga bisa menggunakan krim lainnya yang kamu butuhkan. Untuk beragam kebutuhan skincare kamu, kamu bisa mendapatkannya di AllYoung. Produk AllYoung ini diproduksi oleh perusahaan Taiwan dengan moto: AllYoung Make You Always Young. Sementara bahan-bahannya didatangkan langsung dari Swiss, jadi tidak usah diragukan lagi untuk kualitasnya.

Tampil menarik memang jadi dambaan banyak orang. Supaya bisa tampil menarik, seringkali kamu perlu mengikuti tren fashion untuk membeli skincare untuk perawatan kulit mandiri di rumah. Nah, Atome hadir untuk memberikan kemudahan itu ke kamu. Kamu bisa menggunakan metode pembayaran Atome saat berbelanja skincare di AllYoung. Dapatkan beragam informasi menarik mengenai Atome di www.atome.id dan manjakan diri kamu dengan kemudahan yang diberikan oleh Atome.

Atome kemarin juga baru mengumumkan grup K-pop ASTRO sebagai Global Brand Ambassador mereka. ASTRO akan menjadi ‘wajah’ dari kampanye Atome mendatang #OwnTheExtraordinary.

Kampanye ini akan diluncurkan dengan serangkaian aktivasi secara online di Indonesia, seperti Extraordinary Experiences di Atome ID TikTok account, Shop and Win, Extraordinary Race, dengan merchandise eksklusif ASTRO untuk dimenangkan. Jangan sampai ketinggalan keseruannya!