Blog

Apa itu susu evaporasi dan 10 contoh merek susu evaporasi

Mar 17 2022

Banyak orang salah mengartikan kental manis sebagai susu. Padahal, kandungan di dalamnya tidak mengandung susu sama sekali. Jika kamu membutuhkan susu bertekstur kental tanpa gula, maka susu evaporasi adalah pilihan yang tepat. Apa itu susu evaporasi dan apa saja perbedaannya dengan susu kental manis? Simak ulasan berikut.

Mengenal Susu Evaporasi

Susu evaporasi atau yang dikenal dengan susu evaporated terbuat dari susu sapi tanpa tambahan gula. Cara pembuatannya dilakukan dengan memanaskan susu sampai kadar air di dalamnya berkurang 60%. Sehingga kandungan air dalam susu berkurang dan teksturnya pun berubah lebih kental. Dengan konsentrasi ini, susu evaporated cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah basi. Proses karamelisasi ini juga menjadikan  warna susu evaporasi cenderung kekuningan dan tidak terlalu putih. Sekilas mirip susu kental manis, namun keduanya memiliki perbedaan berikut.

  • Susu evaporasi dibuat tanpa pemanis buatan, sehingga tidak dapat menambah rasa manis pada makanan atau minuman. Lantas, susu evaporasi untuk apa? Jenis susu ini memiliki kandungan lemak lebih rendah dan biasanya ditambahkan pada hidangan gurih atau bertekstur lembut. Misalnya untuk membuat krimer kopi, bahan membuat es krim, hingga tambahan pasta, puding, atau sup.
  • Susu kental manis dibuat dengan proses sama seperti susu evaporated, namun rasanya manis karena ada tambahan gula. Jenis susu ini biasanya digunakan untuk menambah rasa manis pada kue, minuman, atau hidangan dessert lainnya.

Manfaat Susu Evaporasi

Meskipun cara pembuatannya dipanaskan, nutrisi dalam susu evaporasi tidak berkurang. Susu ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, magnesium dan zink yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Kadar kalsium yang cukup tinggi bagus untuk memelihara kesehatan tulang.
  • Kandungan protein dan kalori tinggi dalam susu evaporasi bisa menjadi sumber energi.
  • Kandungan protein yang berperan menjaga fungsi sel dalam tubuh dan otot.
  • Jumlah kalori tinggi di dalamnya dapat membantu meningkatkan berat badan.

Cara Memilih Susu Evaporasi Terbaik

Ingin mendapatkan berbagai manfaat susu evaporasi untuk kesehatan? Sebelum membelinya, perhatikan cara memilih susu evaporated berikut ini:

  • Perhatikan kondisi kemasan susu, pastikan masih tampak bagus dan tidak cacat.
  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa susu, pastikan masih aman untuk dikonsumsi.
  • Lihat tabel kandungan gizi susu tersebut, pastikan susu tersebut mengandung nutrisi baik untuk tubuh dan tidak menimbulkan alergi.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan, baik dari segi ukuran dan harga.

Rekomendasi Susu Evaporasi Paling Bagus

Saat ini banyak produsen susu yang menghadirkan jenis susu evaporated dalam berbagai kemasan. Ada yang berbentuk kaleng, botol, hingga tetra pack. Sebagai rekomendasi, pilih salah satu merek susu evaporasi paling bagus berikut ini.

1. Nestle Carnation Evaporasi  

Susu evaporasi dari Nestle ini dikemas dalam bentuk kaleng dan bisa menjadi alternatif pengganti krimer kental manis yang baik. Kandungan lemak di dalamnya termasuk rendah, sehingga bisa mendukung program dietmu. Susu ini juga mengandung karbohidrat, sodium, dan tinggi protein. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat berbagai hidangan pasta rendah lemak, puding, hingga kue pie yang lezat.

2. Indofood Tiga Sapi Susu Evaporasi  

Indofood juga punya produk susu evaporated yang dikemas dalam wadah tetrapack dengan tutup ulir. Sehingga mudah disimpan dan dibuka kembali saat ingin menggunakannya. Susu evaporasi cair dari Indofood ini mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, di antaranya: lemak, protein, karbohidrat, natrium, kalsium, dan fosfor. Menariknya, susu ini bisa menjadi alternatif pengganti santan tanpa khawatir kadar kolesterol meningkat. Kamu bisa mencampurnya ke dalam berbagai jenis masakan khas Indonesia, seperti lodeh, opor, dan lain lain.

3. F&N Teapot Evaporated Creamer  

Rekomendasi ketiga datang dari brand asal Malaysia, yaitu F&N. Susu ini mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan natrium yang baik untuk tubuh. Khusus Teapot Evaporated Creamer ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah efek mengilap pada roti. Caranya cukup dengan mengoleskan susu pada permukaan roti sebelum masuk oven dan setelah keluar dari oven roti pun akan tampak lebih mengilap dan menarik untuk disajikan dan dinikmati.

4. Luna Full Cream Evaporated Milk

Rekomendasi susu evaporated yang keempat ini berasal dari Arab Saudi. Bentuknya cair dan dikemas dalam kaleng. Terbuat dari susu sapi asli dengan tekstur creamy dan padat. Susu ini mengandung vitamin A dan D3 yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain sebagai campuran makanan atau minuman, susu ini juga bisa kamu minum langsung.

5. Milko Susu Evaporasi

Berbeda dari kebanyakan susu evaporasi lainnya, susu Milko dikemas dalam bentuk botol yang praktis dan mudah disimpan. Konsentrasi susunya lebih tinggi dengan tekstur creamy dan gurih. Cocok sebagai tambahan kopi, thai tea, dan berbagai jenis minuman lainnya.

6. Haldin Foods EzyMix Susu Evaporasi  

Susu evaporasi juga ada yang berbentuk bubuk, seperti produk susu evaporated dari Haldin Foods ini. Teksturnya lembut dan mudah dilarutkan dalam berbagai jenis masakan dan minuman. Penyimpanannya juga mudah. Karena susu ini dikemas dalam wadah aluminium foil dengan zipper lock yang aman untuk menjaganya dari kontaminasi udara luar.

7. Dairygold Evaporated Filled Milk  

Susu evaporasi dari Dairygold ini berbentuk cair dan dikemas dalam kaleng. Kamu bisa langsung menggunakannya tanpa mengencerkannya terlebih dahulu dengan air. Cukup tuangkan pada masakan atau minuman, dan rasanya pun tetap nikmat seperti susu sapi segar.

8. SunBay Evaporated Milk

Susu evaporasi asal Malaysia ini juga diperuntukkan sebagai tambahan aneka hidangan dessert. Rasanya yang gurih dan creamy menjadikan makanan terasa lebih enak. Kamu juga bisa menambahkannya untuk berbagai jenis minuman, seperti kopi, teh, milkshake, dan lain lain.

9. F&B Nutrition Polococoa  

F&B Nutrition Polococoa menghadirkan susu evaporasi berbentuk cair yang dikemas dalam bentuk kaleng. Kamu bisa menggunakannya sebagai tambahan dessert, seperti puding, es krim, atau gelato yang terasa melted di mulut. Susu ini juga bisa ditambahkan pada brownies untuk menjadikannya lebih empuk dan terasa lezat.

10. F&N Evaporated Filled Milk  

Satu lagi susu evaporasi dari F&N yang dikemas dalam bentuk kaleng. Susu ini mengandung lemak, protein, karbohidrat, natrium, dan berbagai vitamin. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai tambahan makanan dan minuman agar lebih terasa nikmat. Teksturnya yang kental juga bisa mempercantik tampilan makanan atau minuman ketika dihidangkan.

Produk susu evaporasi kini semakin variatif. Mulai dari segi kemasan, harga, hingga kandungan di dalamnya. Kamu bisa memilih salah satu dari 10 rekomendasi susu evaporated di atas yang memiliki reputasi bagus di pasaran. Dapatkan merek susu evaporasi terbaik di JD.ID yang terjamin semua produknya orisinal. Atau di iStyle, online mall terpercaya yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga dan gaya hidup terlengkap. Jangan lupa checkout menggunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% dengan tenor hingga 3 atau 6 bulan. Kamu juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik dari 5.000 lebih merchant yang bekerjasama dengan Atome. Dan kini kamu tidak perlu menunda belanja lagi, karena Atome siap menanggung total belanjamu dengan limit rata – rata hingga lebih dari Rp 3-10 juta. Yuk, buruan!

Main keywords of the article: