Blog

Ciri-ciri tas Zara asli dan tips menghindari tas Zara palsu

Jul 05 2022

Zara terkenal sebagai brand high street terpopuler yang digemari banyak orang di Indonesia. Baik koleksi baju, sepatu, tas, dan aksesori fashion lainnya. Para artis ternama pun sering kedapatan memakai produk – produk Zara, sehingga brand asal Spanyol itu pun diidentikkan sebagai produk – produk branded. Desain produk yang dihadirkan selalu up to date dengan tren terbaru, namun tetap bersifat timeless dalam jangka waktu lama. Pemilihan bahannya juga berkualitas tinggi, ramah lingkungan, dan kebanyakan dikerjakan langsung dari tangan perajin. Tak heran, harga yang dibanderol juga lumayan tinggi dan tak semua orang bisa dengan mudah membelinya.

Dari situlah muncul banyak oknum tak bertanggung jawab yang suka memalsukan produk – produk Zara, terutama tas. Sebagai penggemar Zara, tentu kamu tidak ingin terjebak mendapatkan produk Zara palsu. Jangan sampai sudah mengeluarkan uang lumayan banyak, tapi yang didapat ternyata cuma tas Zara palsu. Kualitasnya buruk dan tidak bertahan lama. Saat memakainya juga tidak memunculkan pride yang bikin hati bahagia. Tentu berbeda efeknya ketika berhasil membeli tas Zara asli. Untuk itulah, ketahui ciri – ciri tas Zara orisinal dan tips agar terhindar dari peredaran tas Zara KW. Simak tipsnya berikut ini.

Ciri – Ciri Tas Zara Orisinal

Produk orisinal Zara tentu berbeda jauh dengan versi KW-nya. Mulai dari segi bahan, detail tampilan, hingga pengemasan. Untuk lebih jelasnya, ketahui ciri – ciri tas Zara asli dari beberapa kriteria tersebut berikut ini.

1. Bahan Tas

Zara selalu mengutamakan bahan berkualitas tinggi, seperti leather atau saffiano premium. Material yang digunakan diklaim memiliki daya tahan lama dan menimbulkan kesan mewah, sama seperti dengan tas buatan desainer profesional. Meskipun punya struktur yang kaku, namun bahan tasnya akan tetap lentur saat dipegang. Bentuk tasnya akan tetap kotak dan kaku, tapi ketika dipegang kesan kaku tersebut tidak ada. Sebaliknya, tas KW punya struktur kaku secara keseluruhan, baik saat dilihat maupun dipegang. Alhasil, tas terasa tidak fleksibel dan mudah rusak.

2. Jahitan Tas

Jahitan tas Zara orisinal terlihat rapi dan memiliki detail – detail yang fungsional. Tidak ada benang yang menjuntai atau alur yang melenceng dari pola jahitan. Saat membeli ke sebuah toko, pastikan untuk memperhatikan seluruh tampilannya secara teliti, terutama di bagian ujung – ujung tas. Tas Zara asli juga punya ciri khas berupa jumlah jahitan ganda, sehingga sulit ditiru. Jarak jahitan tas orisinal juga tampak rapat dan menggunakan jenis benang yang tebal. Sebaliknya, tas KW hanya dijahit ala kadarnya dan tidak terlalu detail. Bahkan, di beberapa bagian jahitan tampak berantakan dan terlihat mengganggu.

3. Tekstur Dan Warna

Tas Zara asli memiliki detail tekstur yang dapat meningkatkan fungsionalitas dan estetika. Contohnya, di bagian dalam tas dilapisi dengan bahan tebal seperti kanvas untuk meningkatkan keamanan dan daya tahannya. Sedangkan produk imitasi biasanya menggunakan bahan yang relatif lebih tipis dan ringan, seperti furing atau sejenisnya.

Dari segi warna juga berbeda jauh. Tas Zara asli memiliki detail warna yang khas. Warnanya kalem dan tampak elegan. Kalaupun berwarna cerah, warnanya terlihat mewah dan tidak memudar. Sedangkan tas Zara palsu mempunyai warna yang cenderung norak dan mencolok. Warna cerahnya terlalu menyala, namun beberapa waktu kemudian memudar. Tas yang berwarna kalem juga tampak pucat dan terlihat usang.

4. Hardware

Tas Zara asli juga bisa dilihat dari hardware yang melengkapinya, di antaranya:

  • Tas Zara asli memiliki  buckle dan strap yang berwarna mengkilap. Sedangkan pada tas palsu tampak biasa – biasa saja dan bahkan tampak usang.
  • Tas Zara asli dilengkapi bagian perekat yang terbuat dari bahan aluminium berkualitas. Teksturnya halus, licin, dan tidak ada guratan sama sekali. Sedangkan bagian perekat pada tas Zara palsu cenderung kasar dan memiliki guratan.
  • Tas Zara asli dilengkapi cantolan tali yang terasa lebih berat. Sedangkan pada tas KW terasa lebih ringan.

5. Label Dan Tag Harga

Semua tas baru Zara dilengkapi label dan tag harga yang didesain secara detail untuk menunjukkan informasi harga, dan lain lain. Kriteria keaslian yang pertama ditunjukkan dari adanya barcode dan QR code yang dapat dipindai langsung menggunakan aplikasi Zara. Nantinya, barcode tersebut menampilkan informasi mengenai model tas beserta harganya. Sedangkan pada tas KW belum tentu dilengkapi tag harga seperti ini. Kalaupun labelnya terdapat barcode dan QR code, bisa jadi kodenya abal – abal dan tidak dapat di-scan.

Detail lainnya yang perlu kamu perhatikan di bagian tag harga yaitu pada bagian bolongan tali tag price tersebut. Di sana terdapat gambar kotak atau segitiga yang menunjukkan, tanda kotak berarti tas tersebut hanya terdiri satu ukuran. Sedangkan gambar segitiga menunjukkan tas tersebut tersedia dalam beberapa ukuran, bisa lebih besar atau kecil. Nah, tas palsu biasanya melewatkan detail ini. Label harganya hanya memuat informasi umum dan tidak menampilkan tanda kotak dan segitiga tadi.

6. Pindai Kode Dalam Tas

Seperti dibahas sebelumnya bahwa tas Zara yang asli dilengkapi barcode dan QR code yang dapat di-scan untuk mencari tahu detail produk. Jika kamu melihatnya, jangan hanya dilihat saja kode tersebut. Download aplikasi Zara terlebih dahulu di App Store atau Play Store. Lalu scan kode tas itu dengan menggunakan aplikasi. Kode pada tas Zara orisinal sangat mudah untuk di-scan. Sebaliknya, kode pada tas palsu sulit di-scan, karena ukurannya lebih kecil atau bentuknya pendek. Ketika di-scan, tas Zara original akan menunjukkan tulisan INDITEX ZARA beserta informasi lengkap mengenai produk bersangkutan, seperti model dan harganya. Pastikan model tas yang kamu lihat sama dengan keterangan model tas yang ada di aplikasi. Sedangkan jika kode tas palsu di-scan, biasanya tidak akan menunjukkan informasi apapun atau menampilkan keterangan yang berbeda jauh dari produk aslinya.

7. Harga

Tas Zara termasuk produk branded di Indonesia dan harga yang ditawarkan juga cukup mahal. Harga tas Zara termurah sekitar Rp 400.000 dan itu pun dengan ukuran tas yang kecil. Kebanyakan tas Zara orisinal seharga Rp 700.000 hingga jutaan. Harganya pun semakin melangit jika jumlah produksinya terbatas dan merupakan keluaran spesial. Jika kamu menemukan toko yang menjual tas Zara seharga puluhan ribu, tentu kamu patut curiga bahwa tas tersebut Zara KW. Kalaupun penjualnya mengatakan tas tersebut sedang promo atau merupakan produk reject dari pabrik, harga yang ditawarkan tentu tidak akan semurah itu. Untuk mengetahui kisaran harga tas Zara orisinal, lebih baik cek langsung ke website resminya.

Tips Menghindari Tas Zara Palsu

Selain memperhatikan beberapa kriteria tas Zara asli di atas, lakukan juga beberapa tips berikut agar terhindar dari produk Zara palsu.

  • Beli produk Zara ke toko resminya yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Tinggal cek daftar lokasinya di website resmi Zara Indonesia. Jika ingin berbelanja online juga bisa langsung checkout di website resmi Zara. Cara ini lebih aman dan terjamin kamu akan mendapatkan produk orisinal daripada membelinya diagen, reseller, atau online shop yang tidak jelas asal – usulnya.
  • Jangan tergiur harga murah. Ingat, semua produk Zara ditawarkan dengan harga yang cukup mahal. Jika ingin menikmati harga lebih murah, biasanya Zara mengadakan sale hingga 70% saat pergantian musim, seperti spring atau summer ke fall atau winter dan sebaliknya. Namun, jangan sampai tertipu promo abal – abal. Untuk lebih amannya, sebaiknya beli produk Zara di toko resminya.
  • Beli menggunakan aplikasi paylater seperti Atome. Daripada tertipu membeli tas murah yang ternyata palsu, gunakan layanan buy now pay later untuk membeli tas Zara asli yang harganya mahal. Dengan begitu, kamu tak harus mengeluarkan total belanja sekaligus, tapi tetap bisa mendapatkan tas aslinya. Bayarnya cukup dengan cicilan bulanan yang lebih meringankan.

Ingat, supaya terhindar dari penipuan tas Zara palsu, lebih baik beli produknya di toko resmi Zara. Kunjungi gerai terdekatnya atau belanja secara online di website resmi Zara. Gunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa DP dan biaya admin. Jadi, tak perlu mengeluhkan mahalnya harga tas Zara lagi, karena kamu tak harus mengeluarkan total belanja sekaligus. Cukup membayarnya bulanan dengan tenor cicilan 1 sampai 12 bulan. Kamu pun berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat dan menguntungkan. Makanya, download dan gunakan Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: