Blog

Inilah Manfaat Masker Charcoal Untuk Wajah

Sep 10 2021

Beberapa tahun belakangan ini produk yang menggunakan charcoal sedang diburu banyak orang. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam charcoal diyakini bisa meningkatkan kesehatan kulit lho.

Pada dasarnya charcoal merupakan salah satu bahan arang aktif yang memiliki khasiat khusus pada kulit manusia. Sebenarnya, activated carbon sendiri merupakan olahan produk yang dibuat dari proses pemanasan arang yang terbuat dari kayu, batubara, kulit kelapa, atau pun dari petroleum dengan menggunakan gas.

Nah, proses pemanasan inilah yang bisa memberikan manfaat pada kulit. Pori-pori pada arang tersebut akan menyerap racun di seluruh permukaan kulit, sehingga kulit bisa terhindar dari peradangan dan berbagai dampak inflamasi lain.

Berbagai manfaat dari charcoal ini memang sangat bisa dirasakan oleh banyak orang. Charcoal sangat penting untuk menghilangkan jerawat. Selain jerawat, charcoal juga bisa mengangkat komedo yang membandel di wajah. Jadi memang tak diragukan lagi jika bahan yang satu ini memang sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Kandungan arang bisa menyerap kotoran hingga 100 – 200 kali di seluruh permukaan wajah. Sehingga kotoran di permukaan wajah bisa terserap lebih sempurna.

Manfaat Dari Masker Charcoal

Masker dari bahan charcoal sekarang sudah bertransformasi menjadi berbagai jenis masker wajah. Ada masker yang bisa kamu gunakan dengan mengoleskan produk secara merata ke seluruh permukaan wajah. Namun ada pula masker sudah jadi yang digunakan langsung dengan menempelkan ke wajah. Biasanya masker seperti ini digunakan sekitar 10-15 menit.

Kandungan arang aktif yang ada pada masker tersebut biasanya akan bekerja dengan maksimal. Kandungan magnet yang ada pada arang secara otomatis akan menarik bakteri, pulusi, debu, hingga partikel asing yang ada pada kulit. Nah, ketika kotoran dan minyak di pori-pori tersebut tertarik oleh karbon, zat asing yang ada di wajah pun akan menempel sendiri di lapisan masker tersebut. Setelah itu lapisan masker tersebut akan mengangkat kotoran yang ada pada wajah. Wajah kamu dijamin akan terasa segar karena masker tersebut mengangkat kotoran yang ada pada wajah.

Selain bisa mengangkat kotoran yang ada pada wajah, masker dengan bahan charcoal ini bisa mengangkat komedo dan meredakan jerawat pada wajah. Kandungan charcoal tersebut bisa mengurangi kelebihan minyak. Dengan begitu bisa membuka pori-pori dan menyerap polusi yang bisa menyebabkan wajah menjadi kotor dan tak sehat.

Sementara itu, kandungan charcoal tersebut juga bisa mencerahkan kulit lho. Bahan arang aktif tersebut bisa membuat kulit semakin sehat, karena kandungan salicylic acid di kulit bisa membantu kulit berminyak dan berjerawat bisa mereda.

Apakah Kandungan Charcoal Aman Digunakan Di Wajah?

Penggunaan charcoal di wajah memang bisa dibilang aman. Kandungan charcoal ini bisa meredakan beragam masalah kulit, sehingga bisa menyebabkan kulit sehat dan tidak memburuk. Kandungan bahan charcoal ini sangat bermanfaat bagi kulit wajah.

Namun, perlu diingat ya. Ketika charcoal ini dibuat dengan krim kental, maka akan sangat kurang cocok untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat. Produk tersebut memiliki kandungan tekstur yang sangat lengket sehingga bisa membahayakan kulit karena bisa menarik lapisan terluar kulit, serta rambut-rambut halus di wajah. Sehingga secara tidak langsung bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa.

Meskipun aman, namun kandungan charcoal juga bisa menimbulkan alergi lho. Jadi kamu harus berhati-hati sebelum menggunakannya.

Bagaimana Cara Menggunakan Masker Charcoal Yang Benar?

Ketika kamu menggunakan masker charcoal, ada beberapa cara yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan masker tersebut. Dan pastikan juga bahwa kamu menggunakan masker yang aman dan cocok untuk kulit kamu ya.

Sebelum kamu menggunakan pada wajah, pastikan dulu kamu tidak memiliki alergi dengan kandungan charcoal tersebut. Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk menggunakan masker yang satu ini?

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Ketika menggunakan masker ini, kamu harus kondisikan dulu wajah kamu sudah bersih dan siap untuk dipakaikan masker. Kamu wajib mencuci wajah kamu dulu nih, atau biar makin oke, kamu bisa membilas wajah kamu dengan air hangat agar pori-pori wajah kamu bisa terbuka. Lalu keringkan dengan handuk bersih.

2. Pakai charcoal merata ke seluruh wajah

Setelah wajah sudah bersih merata, kamu bisa mengoleskan charcoal secara merata ke seluruh permukaan wajah. Jika kamu menggunakan sheet mask, maka tinggal pakai saja sheet mask tersebut mulai dari area dahi hingga mata.

3. Diamkan charcoal selama beberapa saat

Setelah menggunakan masker tersebut, kamu harus diamkan beberapa saat ya. Masker yang kamu diamkan beberapa saat ini akan membantu kulitmu menyerap kandungan karbon aktif yang ada. Diamkan hingga 15 menit ya, jangan sampai berlebih.

4. Bersihkan masker charcoal

Kalau kamu menggunakan masker charcoal, jangan biarkan sampai waktu yang lama ya. Jika kamu menggunakan masker yang jenis peel off, kamu harus melepasnya secara perlahan biar tidak terasa sakit di wajah.

Kemudian bagaimana cara membuat masker charcoal untuk wajah?

Buat kamu yang ingin membuat masker charcoal sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini ya:

  • 2 sdm tanah liat bentonit
  • 2 sdm bubuk activated charcoal
  • 2 sdm air
  • ½ sdt madu murni
  • 1 tetes minyak esensial sesuai keinginan

Kamu bisa mencampurkan air dan minyak esensial di bahan tersebut. Setelah itu kamu bisa menambahkan tanah liat bentonit dan kemudian aduk hingga merata dan menyerap seluruh campuran air-minyak. Setelah itu, kamu bisa mengaduknya dengan campuran bubuk charcoal aktif dan madu murni. Pastikan bentuk teksturnya membentuk pasta.

Gimana nih, guys, ribet atau mudah? Nah, kalau kamu merasa ribet, kamu bisa memilih masker charcoal yang sudah terjual di pasaran. Tinggal pakai saja tuh, jadi tidak pakai ribet.

Produk masker charcoal dengan kualitas terbaik bisa banget tuh kamu dapatkan di Sephora. Semua produk yang terjual di Sephora adalah produk dengan bahan alami yang sangat cocok untuk kamu gunakan. Selain masker charcoal, kamu juga bisa mendapatkan beragam charcoal product-based dan ragam koleksi makeup lainnya. Dan gunakan metode pembayaran Atome sebagai metode pembayaran terpercaya kamu di Sephora. Dijamin kamu akan merasakan berbagai keuntungan yang sangat menarik dengan Atome. Tunggu apalagi? Dapatkan kulit wajah bebas masalah segera dengan produk perawatan wajah yang tepat di Sephora!