Blog

Intip Tips Memasang Eyelash Berikut Ini

Sep 10 2021

Bertahun-tahun belakangan ini, penggunaan eyelash extension atau bulu mata pasang sangat digandrungi oleh banyak wanita. Hal ini karena penggunaan eyelash dinilai cukup ampuh untuk mempertajam keindahan penampilan kamu. Khususnya pada bagian mata.

Salon-salon kecantikan pun begitu laris dalam hal pemasangan eyelash ini. Karena memang, salon adalah salah satu tempat di mana kamu bisa memasang eyelash dengan baik. Lantas bagaimana jika kamu ingin memasang eyelash sendiri? Apakah hal ini boleh dilakukan? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Cara Memasang Eyelash

Untuk kamu yang ingin memasang eyelash, kamu perlu untuk mengikuti langkah-langkah berikut agar pemasangan eyelash-mu berhasil.

1. Pilihlah Eyelash Sesuai Dengan Kebutuhanmu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin memasang eyelash adalah memilih model atau bentuk bulu mata palsu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan menggunakan eyelash yang terlalu panjang dan tebal jika hanya ingin kamu gunakan sebagai fashion biasa. Pilihlah eyelash dengan panjang dan ketebalan yang sedang. Kecuali, jika kamu memang akan mengadakan acara besar seperti  pernikahan, dan lain sebagainya.

Pemilihan eyelash dengan ukuran yang sedang bertujuan agar penampilan kamu tetap aman dan tidak terkesan mencolok. Tipsnya pilihlah eyelash extension yang menggunakan rambut asli atau bahan sintetik. Hal ini akan terlihat natural dan juga nyaman saat kamu gunakan.

2. Siapkan Peralatannya

Prosedur kedua yang harus kamu lakukan jika ingin memasang eyelash adalah menyiapkan segara peralatan yang diperlukan untuk pemasangan. Hal ini karena memasang eyelash tidak bisa dilakukan hanya dengan tangan kosong. Peralatan yang perlu kamu persiapkan untuk pemasangan eyelash adalah pinset eyelash, lem khusus eyelash extension, ring atau wadah untuk lem extension, bulu mata extension, eye tape, brush eyelash, dan solatip.

Setelah semua peralatan siap, kamu sudah bisa mulai mengeksekusi nih. Tapi ingat, pastikan dulu ya bahwa peralatan-peralatan tersebut benar-benar siap. Karena jika ada yang tertinggal nantinya, akan merepotkan kamu sendiri nih saat proses pemasangannya.

3. Mulailah Untuk Memasang

Saat akan memulai pemasangan eyelash, mula-mula kamu harus mengatur posisi matamu. Posisi yang paling tepat untuk memasang eyelash adalah dengan mengangkat alis dan melihat ke bawah melewati hidungmu di depan cermin. Posisi ini akan memudahkanmu memasang eyelash, serta mencegah lem mengotori kelopak matamu.

Langkah selanjutnya yaitu gunakan selotip dan tempelkan di bagian kelopak untuk mengangkat kelopak matamu agar lebih mudah saat kamu hendak menempelkan eyelash. Kemudian tempelkan eye tape atau stiker mata untuk memisahkan bulu mata atas dan bagian bulu mata bagian bawah, lalu stiker tersebut ditempelkan pada bagian bulu mata bawah.

Selanjutnya, tuangkan setetes lem pada wadah kecil. Ambillah eyelash perhelai secara hati-hati dan celupkan ujung eyelash ke dalam lem tersebut menggunakan tangan kanan kamu. Lalu belah rambut bulu matamu menggunakan pinset dengan tangan kiri. Tempelkan eyelash pada rambut yang mendekati akar bulu mata. Dalam hal ini kamu harus berhati-hati ya. Jangan tempelkan pada kulit yang ada di sekitar bulu mata karena hal ini dapat menimbulkan iritasi yang disebabkan oleh lem extension.

Lakukan langkah tersebut secara berulang dari bagian tengah hingga ke ujung mata bagian luar. Tipsnys, gunakan kipas mini portable untuk mengeringkan agar lem bulu mata merekat kuat, dan sisir bulu matamu menggunakan brush eyelash secara perlahan agar hasilnya lebih rapi.

Jika semua bagian bulu mata sudah kamu pasang, kamu bisa mengulangi langkah yang sama pada mata selanjutnya. Terdengar cukup mudah bukan? Tapi sebenarnya tidak semudah itu. Kamu sangat perlu untuk berhati-hati pada saat proses pemasangan, sebab pemasangan eyelash yang salah dapat berdampak buruk pada bagian matamu.

Amankah Memasang Eyelash?

Hal yang perlu kamu ketahui adalah memasang eyelash extension membutuhkan keahlian khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. Memasang eyelash membutuhkan latihan yang telaten agar bisa memasang bulu mata palsu dengan tepat dan benar. Terdapat  banyak aturan yang harus diikuti. Misalnya, bulu mata palsu tidak boleh sampai menempel pada kulit dan harus menyisakan 1 mm dari kulit mata.

Selain itu, lem eyelash extension juga tidak boleh terlalu banyak karena berisiko mengiritasi dan membuat bulu mata jadi menempel satu sama lain. Tidak hanya itu, arah bulu mata palsu yang akan ditanam juga harus sesuai dengan arah bulu mata asli. Jadi, ketika bulu mata asli kamu menghadap ke arah kiri atas, maka bulu mata palsu tersebut juga harus menghadap kiri atas. 

Pemasangan eyelash extension  yang salah dapat mengakibatkan beberapa dampak yang berbahaya. Seperti bulu mata rontok, mata iritasi, bulu mata saling menempel, dan lain sebagainya. Menurut para dokter, lem bulu mata yang ditempelkan terlalu banyak atau tebal bisa meningkatkan risiko bulu mata rontok. Selain itu, pemilihan bulu mata palsu yang tidak tepat juga bisa meningkatkan risiko bulu mata rontok. 

Pada umumnya, lem eyelash extension terbuat dari cyanoacrylate. Ketika bahan ini terkena udara, maka cenderung melepaskan suatu zat asap yang bisa mengiritasi mata, hidung, maupun tenggorokan bila terhirup. Karenanya, penting bagi kamu untuk terus menutup mata selama pemasangan eyelash dan menunggu lemnya hingga kering. 

Jika ada uap lem yang masuk ke dalam mata, maka ini bisa mengiritasi selaput mata dan membuat mata kamu jadi sangat merah dan sakit. Jadi, memasang eyelash extension  butuh perhatian yang lebih. Kamu juga harus siap menanggung risiko yang akan kamu dapatkan jika pemasangan eyelashmu salah.

Dampak lain yang juga akan kamu rasakan jika memasang eyelash adalah tertusuk oleh tweezers. Tweezers  merupakan alat untuk memasang eyelash extension. Ujung dari alat ini cenderung runcing dan tajam sehingga berisiko menusuk kulit mata bila tidak digunakan dengan benar. Tidak hanya menimbulkan rasa sakit luar biasa, tertusuk tweezers juga berisiko menimbulkan masalah penglihatan.

Sampai sini cukup dipahami bukan, bagaimana cara memasang eyelash yang tepat dan apa saja risiko yang dapat menyerangmu. Hal yang perlu kamu ketahui adalah memasang eyelash berarti merawat lebih telaten dan juga detail pada bagian matamu. Oleh karena itu, kamu membutuhkah eye care agar kesehatan kelopak matamu tetap terjaga dengan baik.

Untuk menjaga kesehatan kelopak matamu, kamu bisa menggunakan produk eye care dari All Young. All Young dapat memberikan solusi atas permasalahan mata yang kamu alami. Eye care dari All Young juga mampu menghilangkan kantung mata besar, kerutan, dan mata panda. Cukup menarik bukan? Yuk, beli produk eye care dari All Young dan gunakan metode pembayaran dari Atome agar kamu lebih bisa memdapatkan banyak keuntungan!