Blog

Manfaat Dan Dampak Pemakaian Korset Yang Perlu Kamu Ketahui

Sep 24 2021

Para wanita pasti tahu apa itu korset. Banyak wanita percaya bahwa memakai korset mampu memberikan manfaat yang baik untuk badan. Tapi tahukah kamu kalau selain memberikan manfaat yang bagus untuk badan, korset ternyata juga bisa memberikan dampak tersendiri jika digunakan berlebihan. Nah, agar kamu tidak bingung, yuk kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat dari menggunakan korset.

1. Meratakan Perut Buncit Dan Gelambir

Tekanan dari korset yang dipakai mampu menekan perut yang buncit sehingga lemak di dalamnya akan hancur perlahan dan perut akan terlihat lebih rata. Lemak yang hancur juga akan berdampak pada hilangnya gelambir yang dapat sangat merusak penampilan, utamanya ketika seseorang duduk, terutama bagi wanita.

2. Efektif Untuk Pasca Melahirkan

Penggunaan korset pada wanita pasca melahirkan sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. Korset terbukti efektif secara perlahan mengembalikan perut wanita ke bentuk yang sama seperti sebelum kehamilan. Efektivitas dan fungsi penggunaan korset bagi ibu setelah melahirkan akan bertambah jika dipakai dalam waktu tidur secara teratur.

Adapun hal ini berkaitan erat dengan posisi seorang wanita pasca melahirkan ketika tidur, yang cenderung tidak banyak bergerak sehingga memudahkan pembentukan bagian tubuh sesuai dengan tekanan dari korset. Akan tetapi pastikan dahulu pasca melahirkan, baik melalui persalinan normal maupun operasi di bagian perut, sakitnya sudah mereda sebelum menggunakan korset.

3. Membantu Mengurangi Nafsu Makan

Manfaat memakai korset saat tidur dinilai juga dapat membantu mengurangi nafsu makan. Tekanan yang diberikan oleh korset akan membuat kamu merasa lebih kenyang sehingga nafsu makan menurun. Namun, hal ini bukan berdasarkan bukti yang ilmiah, hal ini hanya didasarkan pada bukti anekdot.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat korset lainnya adalah korset dinilai mampu memperbaiki postur tubuh. Akan tetapi, hal ini justru mengundang kekhawatiran, karena terlalu sering memakai korset bisa melemahkan otot inti tubuh, sehingga postur tubuh malah jadi lebih buruk, dan menyebabkan ketidaknyamanan pada punggung. Jadi sebaiknya, jangan terlalu memaksakan diri ya!

5. Membuat Posisi Duduk Lebih Tegap

Tahukah kamu bahwa posisi duduk sangat menentukan citra dan kesan yang kamu bawakan ketika berhadapan dengan orang lain. Coba perhatikan pembawa acara serta bintang tamu acara talkshow, hampir tidak ada dari mereka yang posisi duduknya membungkuk atau tidak tegap. Selain perihal kebiasaan, posisi yang demikian juga banyak terbantu oleh penggunaan korset ketika acara berlangsung. Hal tersebut karena duduk dengan tegap dapat memberikan citra positif bagi seseorang.

Penggunaan korset ketika tidur dinilai cukup mampu membentuk posisi tubuh yang tegap ini. Sehingga hal tersebut akan terbawa dan menjadi kebiasaan kamu jika ketika bangun tidur dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain untuk memperindah tubuh karena dapat mengencangkan paha, korset juga sangat penting dalam memperbaiki tampilan kamu.

6. Membuat Tubuh Lebih Berbentuk

Memakai korset, baik saat tidur atau tidak, dianggap bisa membuat pinggang menjadi lebih ramping, pinggul lebih berlekuk, dan payudara lebih menonjol. Poin ini lebih lanjut mengatakan bahwa penggunaan korset jangka waktu panjang akan melatih tubuh menjaga bentuk tersebut. 

7. Mengurangi Berat Badan

Poin ini adalah salah satu hal yang paling dicari wanita. Selain untuk fungsi-fungsi di atas, memakai korset juga dinilai dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Ini berkaitan erat dengan tekanan dari korset di bagian perut yang akan membuat perut tertekan. Uniknya, pengguna korset tidak akan merasa lapar dengan cara yang demikian sehingga korset cocok untuk mereka yang tengah menjalankan diet karena mereka tidak akan mudah merasa lapar.

8. Memberi Perubahan Signifikan

Beberapa pendapat menunjukkan bahwa memakai korset pada waktu tidur dapat memberi perubahan signifikan dalam upaya pembentukan psotur tubuh yang lebih ideal. Berkurangnya lingkar pinggang, meratanya perut buncit dan hilangnya gelambir lemak, serta semakin berisinya pinggang dan payudara.

Hal tersebut bisa terjadi setelah penggunaan korset ketika tidur. Hal ini disebutkan karena memang sudah banyak dialami oleh para pemakainya. Karena itulah, meskipun tidak menggunakan korset sepanjang hari, banyak pemakai yang tak pernah absen memakainya ketika tidur karena efek dan fungsinya benar-benar terasa untuk mereka.

Dampak Memakai Korset Berlebihan

Di samping beragam manfaat saat memakai korset, ternyata juga terdapat beberapa risiko saat memakai korset yang harus kamu perhatikan.

1. Mengganggu Pernapasan

Korset dapat menekan dada dan membatasi sejauh mana dada kamu mengembang. Hal ini bisa menurunkan kapasitas paru-paru hingga 30-60 persen. Dengan begitu, tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga memicu terjadinya gangguan pernapasan.

2. Menaikkan Asam Lambung

Meski terdapat sejumlah klaim mengenai manfaat memakai korset, faktanya hal tersebut malah dapat meningkatkan asam lambung. Apalagi jika korset kamu gunakan saat tidur. Hal ini terjadi karena tekanan berlebih dari korset yang menghambat kerja sistem pencernaan kamu.

3. Mengganggu Tidur 

Memakai korset saat tidur bisa mengganggu kenyenyakan tidur kamu. Sebab, tekanan pada korset dapat menimbulkan ketidaknyaman. Kurang tidur dapat menyebabkan kamu merasa lesu di esok harinya. Apakah kamu siap akan hal ini?

4. Mengurangi Kekuatan Otot

Penggunaan korset yang terlalu sering dinilai dapat mengurangi kekuatan otot pada inti tubuh. Dampaknya, punggung kamu akan terasa tidak nyaman. Selain itu, korset yang terlalu kencang juga berisiko menyebabkan patah tulang rusuk.

Manfaat memakai korset dapat membuat tubuh lebih langsing dan berbentuk. Manfaat ini memang diperoleh dari tekanan yang diberikan oleh korset. Akan tetapi, manfaat memakai korset juga menuai banyak kritik. Hal ini karena kebiasaan penggunaan yang berlebihan dinilai berbahaya bagi kesehatan.

Penggunaan korset pelangsing tentunya juga tidak boleh dilakukan sembarangan ya. Kamu harus berhati-hati dan jangan terlalu berlebihan untuk menggunakannya. Jika kamu tertarik untuk membeli korset tapi belum tahu di mana tempat yang tersedia untuk membeli korset, kamu bisa mencarinya di iStyle. iStyle memberikan banyak pilihan untuk kamu jika ingin membeli korset. Yuk, kunjungi website iStyle di www.iStyle.id. Dan gunakan metode pembayaran dari Atome agar transaksi pembayaranmu lebih mudah dan menguntungkan!