Blog

Mau Pakai Behel Biar Gigi Rata? Simak Dulu Jenis & Harganya

Sep 07 2021

Gigi tidak merata biasanya menjadi sebuah permasalahan yang kerap dihadapi oleh banyak orang. Banyak faktor yang menyebabkan gigi tumbuh tidak merata. Mulai dari bentuk rahang yang kecil, gigi susu belum lepas, hingga mungkin karena kecelakaan.

Dengan menggunakan behel, gigi bisa ditata dengan sangat rapi. Gigi akan ditarik dengan kawat-kawat yang dipasang di seluruh gigi tersebut. Namun perlu diperhatikan ya, memasang behel harus sesuai dengan petunjuk dokter. Jadi tidak boleh sembarang.

Dengan menggunakan behel atau kawat gigi yang tepat, maka kamu bisa lebih percaya diri saat senyum, dan akan terlihat lebih menawan. Dan yang pasti, gigi kamu akan jauh lebih sempurna.

Biar kamu tidak salah pilih, kamu harus simak dulu nih penjelasan singkat mengenai jenis-jenis behel yang digunakan.

Jenis-Jenis Behel Gigi

Perawatan gigi tidak merata biasanya termasuk kategori perawatan ortodontis. Semua bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jadi, biar kamu lebih paham dan aman, yuk simak dulu ulasan tentang jenis behel berikut ini.

1. Jenis Kawat Gigi Permanen

Perlu kamu tahu nih, guys, jenis behel yang paling umum dikenali oleh masyarakat adalah behel yang terdiri dari kotak-kotak mirip besi yang dipasang pada gigi. Kota-kotak tersebut kemudian diberi kawat penghubung agar bisa menarik gigi dengan baik.

Bentuk gigi yang permanen ini memberikan dampak yang baik buat gigi lho. Tujuannya tidak lain dan tak bukan untuk memperbaiki beberapa gigi pada saat yang bersamaan. Cara menariknya biasanya menggunakan kawat gigi berbahan logam.

Nah, kini sudah banyak sekali jenis kawat gigi yang digunakan. Mulai dari keramik hingga plastik agar gigi tak terlihat menggunakan behel.

2. Jenis Behel Gigi Lepas Pasang

Selain jenis permanen, ada juga yang menggunakan behel lepas pasang. Jenis behel ini bisa dipasang dan dilepas secara mandiri oleh pasien tanpa harus ke dokter gigi.

Model behel yang satu ini biasanya berupa penampang dari plastik dan kemudian ditautkan pada gigi hingga menutupi langit-langit mulut. Tujuan dari behel ini yaitu untuk memperbaiki masalah gigi yang lebih ringan. Ketika melakukan beberapa aktivitas seperti makan, berolahraga ekstrem, dan lainnya, behel ini bisa dilepas terlebih dahulu.

3. Jenis Kawat Gigi Fungsional

Selain kawat gigi berbahan plastik yang bisa dilepas-pasang, ada pula jenis behel yang biasa digunakan oleh pasien. Nah, behel tersebut adalah behel fungsional.

Harga behel ini tidak terlalu mahal lho. Behel ini berfungsi untuk kamu yang mengalami masalah posisi rahang atas dan bawah yang tidak sejajar. Jenis behel yang satu ini biasanya sangat cocok buat kamu gunakan hingga beberapa waktu tertentu. Behel ini sih memiliki model lepas pasang, jadi ketika kamu makan atau sedang gosok gigi, behel ini bisa kamu lepas terlebih dahulu.

4. Jenis Behel Headgear

Berbeda dengan jenis behel lainya, behel yang satu ini memang sedikit unik dari yang lainnya. Jika kamu pernah menonton serial telenovela Betty La Fea, behel ini mirip banget dengan behel yang digunakan oleh sosok yang menjadi tokoh utamanya tersebut.

Behel ini adalah behel yang kawat giginya menempel pada kepala. Makanya, behel yang satu ini dinamakan sebagai headgear. Biasanya, pengguna behel ini disarankan untuk menggunakannya ketika sedang tidur atau beberapa jam sebelum istirahat. Ya jelas aja dipakai di malam hari, behel yang satu ini sangat tidak cocok ketika kamu pakai untuk beraktivitas di siang hari.

5. Jenis Invisible Braces

Jenis behel ini biasanya sangat digemari banyak orang. Yaps, jenis yang satu ini sangat transparan, atau biasa dibilang invisible braces. Jenis kawat yang satu ini cukup mahal lho karena kawat tak tampak dari luar ketika gigi kamu terlihat.

6. Jenis Behel Retainer

Behel yang satu ini merupakan salah satu jenis behel yang biasa digunakan setelah kamu melakukan perawatan ortodontis. Retainer ini sangat disarankan untuk digunakan ketika posisi gigi sudah pada tempatnya dan sudah terpasang rapi. Retainer ini biasanya bersifat permanen atau bisa lepas pasang sesuai dengan kondisi pasien masing-masing.

Daftar Harga Pasang Behel

Setiap behel yang biasa dipasang di rumah sakit dan klinik biasanya memiliki harga yang berbeda. Di beda kota pun juga memiliki harga yang beda juga lho. Nah, biar kamu tidak bingung berapa sih range pasang behel, yuk simak yang satu ini ya.

Global Estetik Metal Classic Braces : Rp 6.000.000

Metal Mini Comfort USA Braces : Rp 7.000.000

Ceramic Invisible Braces : Rp 7.500.000

Bracket Safir : Rp 8.000.000

Bracket Damon Metal : Rp 12.000.000

Bracket Damon Ceramic : Rp 17.000.000

Empower Metal American Ortho : Rp 7.000.000

Empower Ceramic : Rp 9.000.000

Invisalign : Rp 50.000.000

Estetiklign : Rp 25.000.000

Jadi gimana nih, guys, mahal sekali ‘kan harga behel sekarang ini? Nah, kalau kamu merasa harganya mahal dan tidak suka pakai behel, kamu bisa menggunakan alternatif lain lho. Salah satunya adalah Rata.id.

Rata.id merupakan jenis perawatan gigi yang menggunakan behel lepas pasang transparan yang bisa diaplikasikan di gigi kamu. Jenis perawatan gigi yang satu ini sangat cocok buat kamu yang malu menggunakan behel gigi.

Rata.id menggunakan jenis perawatan gigi yang menggunakan aligner yang bisa dipakai oleh pasien selama beberapa waktu. Nah, untuk perawatannya sendiri menggunakan dokter gigi profesional lho. Jadi sangat cocok untuk kamu gunakan.

Jenis behel ini sangat nyaman lho ketika kamu gunakan. Bahan yang dipakai untuk menggunakan adalah bahan yang aman bagi gigi. Nah, buat kamu yang mau menggunakan behel ini, kamu bisa mendapatkan behel dengan harga mulai Rp 4 jutaan lho. Yang jelas juga bisa dibayar dengan program cicilan dari Atome yang sudah bekerjasama dengan Rata.id. Yuk, buruan!