Blog

Meja Terapi Anak Dan Fasilitas Lain Untuk Anak Berkebutuhan

Aug 26 2021

Fasilitas yang digunakan oleh kebanyakan anak berkebutuhan khusus memang berbeda dengan anak lain pada umumnya. Anak berkebutuhan khusus banyak membutuhkan fasilitas yang berbeda seperti anak lain pada umumnya.

Fasilitas pada anak berkebutuhan khusus memiliki fungsi masing-masing. Setiap fasilitas memberikan manfaat tersendiri bagi tumbuh kembang si anak. Anak berkebutuhan khusus memang perlu melakukan berbagai latihan untuk merangsang otot dan panca indera mereka untuk bisa berinteraksi dengan orang lain.

Untuk memilih fasilitas terapi, orangtua harus memperhatikan dengan sebaik mungkin. Fasilitas tersebut harus disertai dengan unsur keamanan dan fleksibel. Aplikasi ini harus disesuaikan dengan detail item yang digunakan untuk menaruh peralatan tersebut.

Jika semua dikemas dengan fleksibel dan rapi, maka akan memberikan area lebih tenang dan aman bagi orangtua. Seperti kita tahu, anak berkebutuhan khusus biasanya lebih aktif saat berinteraksi dengan benda sekitar. Makanya semua harus didesain aman dan nyaman ketika mereka gunakan.

Anak berkebutuhan khusus, terutama yang menyandang autisme memiliki emosi dan perilaku yang tidak stabil. Mereka cenderung tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya, bahkan mereka kerap kali melukai diri sendiri karena berperilaku tidak stabil. Lebih parahnya lagi, jika orangtua tidak menggunakan fasilitas yang memadai, mereka cenderung melukai diri sendiri. Sehingga sangat membahayakan keselamatan jiwa mereka. Untuk itu orangtua harus memilih peralatan yang tepat saat mereka gunakan.

Agar mereka bisa beraktivitas dengan normal, mereka  harus mengikuti berbagai terapi yang harus dilakukan. Nah, untuk bisa beraktivitas dengan sempurna, beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat fasilitas terapi anak berkebutuhan khusus antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memperhatikan Ruang Fasilitas Terapi Yang Tepat

Fasilitas ruang terapi untuk anak berkebutuhan khusus memang sedikit berbeda dengan yang lainnya. Kamu harus menggunakan ruangan  yang ber-AC dan aman untuk digunakan oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Ruangan ber-AC dinilai akan membuat mereka lebih nyaman dan mampu menambah konsentrasi ketika mengerjakan berbagai macam kegiatan.

Ketika anak berkebutuhan khusus merasa tidak nyaman saat menggunakan ruangan, mereka cenderung akan berontak. Mereka tidak akan mau melanjutkan proses terapi dan belajar mereka.

Di dalam ruangan ini, orangtua harus menyediakan meja dan kursi khusus untuk terapi sang anak. Meja dan kursi yang digunakan juga berbeda dengan yang lain. Meja terapi tersebut didesain sedikit melengkung untuk meminimalisir sang anak berontak dan emosi ketika berperilaku. Jadi, ketika meja ini digunakan, mereka akan lebih nyaman saat menggunakannya. 

2. Memanfaatkan Berbagai Media Untuk Sensori

Selain meja dan kursi terapi, ruangan terapi juga harus dilengkapi dengan mainan yang bisa meningkatkan sensori anak. Terapi sensori tersebut bisa menggunakan matras, permainan bola, dan juga bisa menggunakan trampolin.

Sebelum melakukan terapi, harus dipastikan bahwa ruangan tersebut sudah di-cover dengan matras yang bisa membantu mereka terhindar dari benturan secara langsung. Setelah semua lantai terpasang dengan karpet atau matras, bisa ditambahkan mainan di sekeliling area tersebut.

Jenis Terapi Untuk Anak Autis

Setelah menyiapkan fasilitas tersebut, alangkah lebih lengkap jika kita mengetahui bagaimana proses terapi yang bisa dilakukan. Di pembahasan kali ini, kita juga bakal mengulas tuntas mengenai jenis terapi yang bisa aplikasikan untuk anak berkebutuhan khusus, salah satunya anak autis:

1. Terapi Perilaku Kognitif

Jenis terapi ini biasanya sangat cocok untuk melatih kemampuan anak untuk bisa mengelola masalah dan pola pikir mereka. Selain itu, terapi ini juga sangat penting untuk mengubah pola pikir mereka menjadi lebih baik.

Dengan melatih anak autis melalui terapi ini, anak tersebut menjadi lebih bisa diatur, baik dalam pola pikir, hingga perilaku. Sehingga berbagai macam gejala yang ditunjukkan oleh anak autis akan menghilang dengan sendirinya,

2. Discrete Trial Training (DTT)

Kalau yang ini merupakan terapi untuk membantu anak memecahkan keterampilan. Mulai dari keterampilan dasar hingga yang sedikit kompleks. Di sini anak bisa melakukan berbagai hal seperti klasifikasi warna, benda, dan keterampilan menggunakan benda-benda di sekitar. Melalui terapi ini kemampuan anak akan meningkat. Sehingga kemampuan mereka dalam berbicara, berbahasa , menulis, hingga merawat diri akan meningkat.

3. Early Intensive Behavioral Intervention (EIBI)

Terapi untuk anak autis yang satu ini diperuntukkan untuk anak yang berusia di bawah lima tahun. Melalui metode ini, orang tua bisa mengajarkan anak tentang struktur dan komponen dasar anggota keluarga dan orangtua.

4. Pivotal Response Treatment (PRT)

Pada metode ini bisa mengajarkan anak untuk bisa memahami dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan mengajak anak tersebut bermain dengan menggunakan monopoli. Di dalam permainan monopoli tersebut, anak akan mampu belajar dengan efektif seperti menghitung, berinteraksi, serta kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah.

5. Verbal Behavior Intervention (VBI)

Untuk mendapatkan terapi yang maksimal, orangtua juga harus melakukan terapi secara verbal. Kemampuan komunikasi dan bahasa sangat dibutuhkan untuk mengajarkan anak menyelesaikan berbagai macam bahasa dan kosa kata yang bisa dikenali oleh anak.

Memiliki anak dengan berkebutuhan khusus memang membutuhkan treatment yang benar. Jika tidak bisa melakukan perawatan dengan sangat baik, hal ini akan membuat sang anak sulit dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Untuk mendapatkan terapi dengan hasil yang maksimal, kamu harus memilih peralatan dan fasilitas terapi yang benar dan tepat. Salah satu hal yang bisa digunakan dengan baik untuk anak berkebutuhan khusus adalah meja terapi.

Meja terapi ini bisa kamu temukan di Zalora lho. Membeli produk meja terapi anak di Zalora dijamin asli kualitasnya. Selain itu, bakal ada diskon untuk pembelian produk yang satu ini jika kamu menggunakan Atome.

Bulan Agustus ini, Atome memberikan banyak potongan harga buat penggunanya. Pengguna baru akan mendapatkan diskon hingga 50% dengan maksimal  Rp 75 ribu, minimal pembelian Rp 100 ribu. Nah, buat pengguna lama jangan khawatir ya, karena kamu juga akan mendapatkan diskon hingga 17%. Tunggu apalagi, segera beli sekarang!