Blog

Inspirasi Baju Kebaya Modern Terbaik Pesta

Sep 07 2021

Siapa sih yang tak kenal dengan kebaya? Busana khas asal Indonesia ini merupakan busana yang sudah ada sebelum tahun 1600. Kebaya ini rupanya berasal dari bahasa Arab, yaitu Abaya yang berarti pakaian. Namun, baju kebaya sangat lekat dengan tradisi wanita Jawa, khususnya dari daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kebaya sendiri memiliki makna sebagai sumber nilai-nilai kehidupan wanita. Bisa dibilang kebaya adalah perwujudan dari nilai-nilai kepatuhan, kehalusan, hingga potret sifat wanita yang sangat lemah lembut.

Transformasi Kebaya

Dahulu, berbusana kebaya hanya digunakan oleh kebanyakan kaum bangsawan saja. Tapi berbeda dengan sekarang, kebaya sudah banyak dikenakan oleh seluruh elemen di negeri Indonesia. Kebaya tak hanya digunakan pada acara kerajaaan saja, namun kini juga dikenakan pada acara pernikahan, acara formal, hingga hari-hari besar di Indonesia.

Kini, perkembangan model kebaya berkembang sangat pesat. Banyak sekali desainer yang saling berlomba untuk menciptakan kebaya yang super cantik nan elegan, dengan harga yang tak murah. Banyak sekali kebaya yang dihadirkan dengan harga yang selangit. Mahalnya harga kebaya ini juga disesuaikan dengan bahan dan teknik kesulitan dari menciptakan kebaya ini.

Biasanya sih kebaya akan dipadupadankan dengan kain batik sebagai bawahan dari kebaya. Jadi pemakaian kebaya ini sebenarnya juga disesuaikan dengan kebutuhan kebutuhan kamu.

Serba-Serbi Model Kebaya

Yakin deh, pasti banyak dari kamu yang suka bingung memilih model kebaya yang tepat saat kamu ingin mendatangi sebuah acara formal seperti wisuda atau bahkan di suatu acara kondangan. Biasanya sih karena kamu takut dibilang jadul, atau takut merasa tidak nyaman saat dipakai.

Tenang saja, kini kebaya sudah bisa dibentuk dengan berbagai macam model. Yang tentunya sangat menarik dan unik ketika dipakai. Jadi kamu tak perlu khawatir lagi dikatakan jadul karena memakai kebaya. 

Berikut ini adalah model kebaya modern yang biasa digunakan dalam tertentu. Simak baik-baik ya.

  • Baju Kebaya Modern

Saat ini, banyak sekali model baju kebaya modern yang bisa kamu aplikasikan dan kamu pakai untuk pergi ke pesta pernikahan. Banyaknya model kebaya saat ini membuat kamu tidak akan menjadi bingung atau risau saat memilih baju kebaya untuk pergi ke suatu acara.

Nah, untuk saat ini tersedia beberapa model kebaya yang sudah dimodernisasikan, seperti halnya model Kebaya Kutu Baru, Kebaya Bali,  Kebaya Encim, hingga Kebaya Kartini.

Kebaya Kartini misalnya, busana kebaya ini merupakan adaptasi dari pakaian bangsa keraton Jawa yang memiliki pola dan corak yang sangat khas. Biasanya lipatan kerahnya memiliki bentuk V yang memberikan kesan ramping saat dikenakan. Kebaya yang satu ini dipadupadankan dengan kain batik atau dalam bahasa Jawa dikatakan sebagai sewek atau jarik.

Berbeda dengan Kebaya Kartini, Kebaya Encim sangat erat hubungannya dengan perpaduan budaya Melayu dan Tiongkok. Biasanya kebaya yang satu ini banyak dipilih dengan warna terang, yang melambangkan kemakmuran.

Sementara itu, model Kebaya Bali pasti sudah tak asing lagi buat kamu. Kebaya yang berasal dari pulau Dewata ini dilengkapi dengan penggunaan obi atau kain yang melilit di pinggang. Umumnya, warna obi ini sangat kontras dengan warna baju tersebut.

Nah, kalau Kebaya Kutu Baru merupakan bentuk kebaya hasil modernisasi dari pakaian sehari-hari yang digunakan pada saat zaman kolonial. Bentuknya yang simpel dengan menghubungkan antara sisi kanan dan kiri dada hingga perut, membuat pemakaian kebaya ini sangat digemari oleh para wanita. Biasanya kebaya yang satu ini dilengkapi dengan kain lilit di bagian perut, atau biasa disebut dengan stagen.

  • Baju Kebaya Gaun

Kebaya rupanya juga bisa digunakan sebagai gaun. Banyak sekali desainer handal yang menggunakan kebaya menjadi sebuah gaun yang super cantik.

Gaun ini biasanya dimanfaatkan sebagai gaun baju pernikahan. Sehingga saat dikenakan, para wanita akan tampil cantik dan menarik bak permaisuri.

Nah, buat kamu yang menginginkan baju pernikahan atau pesta dengan Kebaya Gaun, kamu harus menyesuaikan dengan bentuk tubuh kamu ya. Hindari desain menumpuk yang bisa menyebabkan tubuhmu terlebih lebih besar. Hal ini akan menciptakan kesan yang sangat cantik dan modis saat dikenakan. Untuk pemilihan warna kebaya ini, pilih warna yang disesuaikan dengan tema pesta pernikahan tersebut. Sehingga warnanya bisa saling berkombinasi dan terlihat sepadan satu sama lain.

Jenis Bahan Kain Untuk Kebaya

Kalau kamu bingung memilih kain untuk bahan kebaya, sekarang kami akan mengulas tentang bahan kain yang tepat untuk dipilih sebagai model kebaya kamu.

  • Katun

Bahan katun adalah bahan yang paling digemari sebagai bahan dasar kebaya. Serat kain yang yang kurang halus, dan bahan terasa sangat dingin membuat kain ini sangat mudah diaplikasikan untuk dijahit dan dibordir.

  • Brokat

Kain brokat merupakan salah satu jenis kain yang paling mewah bila digunakan sebagai bahan kebaya. Biasa digunakan sebagai gaun kebaya pesta, membuat kebaya pesta brokat akan lebih terlihat elegan saat digunakan.

Ditambah lagi bentuk pola kain brokat yang rumit dan bervariasi membuat kebaya tersebut akan terlihat semakin cantik saat digunakan. Sekarang ini banyak pula yang menambahkan butiran manik-manik di seluruh bagian kebaya ini.

  • Organza

Bahan organza sangat cocok untuk digunakan untuk menimbulkan efek volume atau puffy. Tekstur dari bahan kain ini akan menambah kesan mewah dan sangat cocok untuk digunakan sebagai kebaya pesta, yang akan lebih cantik bila dipadupadankan dengan brokat.

Demikianlah sekilas pandang tentang kebaya yang telah kami kumpulkan untuk menambah informasi buat kamu. Kebaya memanglah pakaian tradisional yang tak lekang oleh waktu. Semakin berkembangnya zaman, kebaya pun juga bertransformasi menjadi pakaian yang sangat modis dan menarik. Siap memilih kebayamu?